ANALISIS PENGARUH IMPLEMENTASI CSR TERHADAP KESEJAHTERAAN SOSIAL DI BMT HARAPAN UMAT KUDUS
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menguji secara empiris mengenai pengaruh corporate social responsibility goal, corporate social issue, corporate relation program terhadap kesejahteraan masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah sejumlah 162 orang masyarakat Kudus. Metode analisis data dengan menggunakan metode analisis regresi berganda. Dari hasil penelitian dan analisis yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa pertama, terdapat pengaruh yang signifikan antara Corporate Social Responsibility Goal (X1) terhadap kesejahteraan masyarakat. Kedua, tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara Corporate Social Issue (X2) terhadap kesejahteraan masyarakat (Y). Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan antara Corporate Relation Program (X3) terhadap kesejahteraan masyarakat (Y).
Kata Kunci: Kesejahteraan, Corporate, Social Responsibility.
ANALYSIS OF THE INFLUENCE OF CSR IMPLEMENTATION TOWARD SOCIAL WELFARE IN BMT HARAPAN UMAT KUDUS . The goals of this article is analyzing and examining the influence of corporate social responsibility goal, corporate social issue, and corporate relation program toward social welfare. This study uses quantitative approach with simple random sampling. Sample consists of 162 residents of Kudus. Data are analyzed using multiple regression method. Result shows that corporate social responsibility goal and corporate relation program have significant influence toward social welfare while corporate relation program has no significant influence toward social welfare.
Keywords: Welfare, Corporate, Social Responsibility.
Full Text:
PDFReferences
Alma, Buchari. (2009). Manajemen Bisnis Syariah. Bandung: CV Alfabeta.
Priyatno, Duwi. (2010). Paham Analisa Statistik Data dengan SPS, Yogyakarta: Media Kom.
Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi analisis Multivariate dengan
Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan penerbit UNDIP. Hasan, Iqbal. (2004). Analisis Data Penelitian Dengan Statistik.
Jakarta: Bumi Aksara.
Fahmi, Irham. (2003). Etika Bisnis: Teori, Kasus dan Solusi.
Bandung: Alfabeta.
Djakfar. (2007). Muhammad Etika Bisnis dalam Persepktif Islam.
Malang: UIN Malang Press.
Ridwan, Muhammad. (2004). Manajemen Baitul Maal Wa Tamwil.
Yogyakarta: UII Press.
Abdurrahman, Nana Herdiana. (2013). Manajemen Bisnis Syariah dan Kewirausahaan. Bandung: CV Pustaka Setia,.
Hadi, Nor. (2011). Corporate Social Responsibility. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Rahman, Reza. (2009). Corporate Social Responsibility: Antar Teori dan Kenyataan. Yogyakarta: Media Pressindo.
Ruslan, Rosady. 2004. Metode Penelitian, Jakarta: PT Raja Grafindo
Persada.
Sugiyono. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sumar’in. 2012. Konsep Kelembagaan Bank Syariah. Yogyakarta: Graha Ilmu.
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/iqtishadia.v7i2.1094
Copyright (c) 2016 IQTISHADIA
Iqtishadia Journal Indexed by :
Iqtishadia : Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.