Open Journal Systems
Tafsir At-Tauhîdi Karya Hasan At-Turâbi: Selingkung Baru Dalam Tafsir
Abstract
Penulisan ini bertujuan untuk menggambarkan tafsir at-tauhidi yang dikenalkan oleh Hasan at-Turabi. Metode yang digunakan adalah deskriptif-analisis, kajian kepustakaan dan bersumber primer kitab tafsir at-tauhidi karya Hasan at-Turabi.
Tafsir at-Tauhîdi yang dikenalkan oleh Hasan at-Turabi dimaksudkan sebagai kajian tafsir al-Qur'an yang didahului dengan konsep hidayah surat al-Qur'an.Lalu membaca pelan makna ayat dan mencari makna umum (prinsip) dari ayat-ayat yang sudah dikaji sebelumnya. Tafsir at-Tauhîdi di antara model penafsiran yang sesungguhnya juga ingin menjawab problem kehidupan modern.Keywords
References
Abdul Fattah Mahjub Muhammad Ibrahim, ad-Duktûr Hasan at-Turâbi wa Fasâdu Nadzoriyyati Tathawwuri ad-Dîn, (India: Baitul Hikmah, 1995).
Ahmad Fuad Fanani, Islam mazhab kritis: menggagas keberagaman liberatif, (Jakarta: Penerbit Buku Kompas, 2004).
Ali as-Sahbuny,Kamus al-Qur’an: Qur’anic Explorer, (Jakarta: Shahih, 2016).
Alifuddin Turabi, Al-Ustadz Abu ‘Ali al-Maudûdi wa Manhajuhû fi at-Tafsîr, (Makah: Jâmi’ah Ummu al-Qurâ, tt.).
Fahd ar-Rûmi, Ittijâhadu at-Tafsîr Fi al-Qarni ar-Râbi’ ‘Asyar, vol. 1, (Saudi Arabia: Idâratu al-Buhts, 1986).
Hasan at-Turôbi, at-Tafsîr at-Tauhîdi, vol. 1 (Sudan: Dar as-Sâq, 2017).
Husain adz-Dzahabi, at-Tafsîr wa al-Mufassirûn, vol. 2, (Beirut: Darul Fikri, 2004).
Mardani, Pendidikan Islam Untuk Perguruan Tinggi, (Depok: Kencana, 2017).
Muchotob Hamzah, Tafsir Maudhû’i al-Muntahâ, (Yogyakarta: Pustaka Pesantren, 2004).
Mufarrih al-Qousi, al-Mauqif al-Mu’âshir Min al-Manhaj as-Salafi Fi al-Bilâdi al-‘Arobiyyah, (Saudi Arabia: Dâr al-Fadhîlah, 2002).
Muhamad Hasan at-Turâbi, Tafsir at-Tauhîdi, vol. 1, (Sudan: Dâr as-Sâqi, 2012).
Muhammad Ahmad al-Hajj, Munâqosyad Hâdiah Li Ba’di Afkâri ad-Duktûr Husain at-Turâbi, (India: Kitab INC, 1995).
Muhammad al-Ghazali, Studi Kritis Hadis Nabi saw.: Antara Tekstualis dan Kontekstualis, (Bandung: Mizan, 1993).
Muhammad Ali Ridhai Asfihani, Manâhiju at-Tafsîr wa Ittijâhâtuhû, (Iran: Jâmi’ah Musthafâ, 2017).
Muhammad Hasyimi Hamidi,Hasan at-Turâbi: Ârâ’uhû wa ijtihâdatuhû Fi al-Fikri wa as-Siyâsah,(London: Dâr al-Mustaqillah Li an-Nasyr, 1996).
Muhammad Munir Dahab, Mujaddidûna wa Lâ Fakhro, (Sudan: Markaz al-Mahrusah, 2013).
Muhammad Rasyad Khalil, Dirâsah Naqdiyyah Li al-Ittijâhât ath-Thatawwuriyyah Fi at-Tajdîd al-Islâmi, vol. 587, 588, 589 (Saudi Arabia: Jurnal al-Mujtama’, 1970).
Sa’ad Bitata, al-Amnu Dirôsah fâ al-hadîts al-maudhû’i, (Oman: Markaz al-Kitâb al-Akâdemi, 2015).
Sulaiman bin Salih al-Kharrasyi, Nadzarât Syar’iyyah Fî Fikri ad-Duktur Hasan at-Turâbi, (India: Kitab INC, 2017).
Syukaib bin Budairah ath-Thablabi, Nahwa Manhaj Kalâmiyyin Qur’ânin, (Nablus: Al-Manâhil, 2012).
Thomas Kunh, The Structure of Scientific Revolution, (Chicago: University of Chicago Press, 1962).
DOI: 10.21043/hermeneutik.v13i1.5553
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 HERMENEUTIK
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.