Open Journal Systems

Tren Sosio-Sufistik Dalam Tafsir Jawa (Pemikiran dan Tren Tafsir Kiai Saleh Darat Semarang Dalam Kitab Faidl al-Rahman)

Abdul Wahab

Abstract

Artikel ini membahas tentang Pemikiran Kiai Saleh Darat Semarang tentang corak tafsir sufistik yang menjadi tren dalam tafsir di Jawa. Penulis menggunakan pendekatan sosio-historis dalam menggali pemikiran Kiai Saleh darat dengan menggunakan metode konten analisis dalam membedah tafsir karya Kiai Saleh Darat Semarang. Hasilnya bahwa Tafsir Kiai Saleh Darat menggunakan metode analitis (tahlili) dengan nuansa sufistik atau isyari, tren sufistik yang diusung oleh Kiai Saleh memang sangat unik, karena Kiai Saleh sangat teguh memegang prinsip, yaitu ketidakcocokannya dengan tren sufistik yang simbolik. Bahkan tren sufistik yang diusung oleh kiai Saleh adalah tren sosio-sufistik, artinya bahwa nuansa sufistik yang ada dalam tafsir Kiai Saleh selalu tidak terlepas dari dinamika kehidupan sosial yang melingkupi. ayat-ayat yang ditafsirkan disuguhkan dengan pemaknaan dzahir yang komprehensif kemudian dijelaskan pula makna isyari yang terkandung dalam ayat-ayat tertentu.

Keywords


Sosio-Sufistik, Tafsir, tahlili

References


Abdul Halim Hasan (dkk.), “KH. Saleh Darat”, dalam Saifullah Ma’shum (ed.), Menapak Jejak Mengenal Watak, Kehidupan Ringkas 29 Tokoh NU, (Jakarta: Yayasan Saifuddin Zuhri, 2012).

Abdul Hayy al-Farmawy, al-Bidayah Fi al-Tafsir al-Mawdhu’iy (Diktat, t.tp. t.th.)

Abdul Wahab, Tafsir Faidl al-Rahman, Eksplorasi atas pemikiran dan Tren Tafsir Kiai Saleh Darat Semarang, (Makalah, tidak diterbitkan).

Abdullah Darra>z, Al-Naba’ al-Az}i>m, Naz}ara>t Jadi>dah fi al-Qur’a>n, (Kwait: Da>r al-Qalam, t.th.).

Ah. Fawa’id, “Paradigma Sufistik Tafsir Al-Qur’an Badiuzzaman Said Nursi dan Fethullah Gulen” dalam Jurnal Suhuf, Volume. 8, No. 1, Juni 2015.

al-Baidhawi, Ha>syiyat al-Syiha>b al-Musammah Ina>yat al-Qa>dli wa Kifa>yat al-Ra>dli ala Tafsi>r al-Baidla>wi, (Beirut: Dar Shadir, t.th.,).

Ali Mas’ud, “al-Taqa>lid al-Isla>miyyah al-Iqli>miyyah bi Indunisia, Afka>ru Salih Darat wa Hasyim Asy’ari wa Ahmad Dahlan” dalam Journal of Indonesian Islam, Vol. 07, Number 01, June 2013.

Bibit Suprapto, Ensiklopedi Ulama Nusantara, Riwayat Hidup, Karya dan Sejarah Perjuangan 157 Ulama Nusantara, (Jakarta: Gelegar Media Indonesia, 2009)

Bisyri Musthofa, al-Ibri>z li Ma’rifati Tafsi>ri al-Qur’a>n al-Azi>z, (Kudus: Menara Kudus, t. Th.).

Emma Bazergan, “Symbolic Language War in Celluler Advertisement (A Critical Discourse Analysis)” International Journal of Science and Research (IJSR) ISSN (Online): 2319-7064. Volume 3 Issue 1, January 2014.

Eriyanto, Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media, (Yogyakarta: LKiS, 2012).

Fakhr al-Din al-Razi, Tafsir al-Fakh al-Ra>zi, al-Syahi>r bi al-tafsi>r al-Kabi>r wa Mafa>tih al-Ghai>b, (Beirut: Dar al-Fikr, 1981).

Gamal al-Banna, Evolusi Tafsir, terj. Novriantoni Kahar (Jakarta: Qisthi Press, 2005).

Ghazali Munir, “Pemikiran Kalam Muhammad Shalih Darat as-samarani (1820-1903)”, Disertasi UIN Sunan Kalijaga 2007.

Ibnu Hamad, “Lebih Dekat dengan Analisis Wacana” dalam Jurnal MEDIATOR, Vol. 8, No. 2, 2007.

Islah Gusmian, “Bahasa Dan Aksara Dalam Penulisan Tafsir al-Qur’an di Indonesia Era Awal Abad 20 M” dalam Jurnal Mutawatir, Jurnal Keilmuan Tafsir Hadis, Volume 5, Nomor 2, Desember 2015.

--------------------, “Tafsir al-Qur’an Bahasa Jawa, Peneguhan Identitas, Ideologi dan Politik” dalam Jurnal Suhuf , Vol. 9., No. 1, Juni 2016.

--------------------, Hazanah Tafsir Indonesia, Dari Hermeneutika Hingga Ideologi, (Yogyakarta: L-Kis, 2013).

Jalal al-Din al-Suyuthi, Mukhtashar al-Itqa>n fi Ulu>m al-Qur’a>n, (Beirut: Dar al-Nafa’is, 1987).

Jalaluddin Rakhmat, Tafsir Sufi al-Fatihah, Mukadimah (Bandung: Remaja Rosda Karya, 1999).

KH. A. Aziz Masyhuri, 99 Kiai Kharismatik Indonesia: Biografi, Perjuangan, Ajaran dan Doa-doa Utama yang Diwariskan, (Yogyakarta: Kutub, 2008).

Lilik Ummi Kaltsum, “Hak-hak Perempuan dalam Pernikahan Perspektif Tafsir Sufistik: Analisis terhadap Penafsiran al-Alusi dan Abd al-Qadir al-Jilani” dalam Journal of Qur’an and Hadith Studies, vol. 2, no. 2, Juli-Desember 2013.

M. Masrur, “Kyai Soleh Darat, Tafsir Faid al-Rahman dan RA. Kartini” dalam Jurnal At-Taqaddum, Volume 4, Nomor 1, Juli 2012.

M. Nurdin Zuhdi, “Hermeneutika al-Qur’an: Tipologi Tafsir Sebagai Solusi dalam Memecahkan Isu-isu Budaya Lokal Keindonesiaan” dalam Jurnal Esensia, vol. XIII, No. 2, Juli 2012.

M. Quraish Shihab, Kaidah Tafsir, Syarat, Ketentuan dan Aturan yang Patut Anda Ketahui dalam Memahami Ayat-ayat al-Qur’an, (Tangerang: Lentera Hati, 2013).

Manna’ Khalil al-Qaththan, Maba>hits fi> Ulu>m al-Qur’a>n, (Kaero: Maktabah Wahbah, t.th.).

Marianne W. Jorgensen dan Louise J. Phillips, Analisis Wacana: Teori dan Metode, terj. Imam Suyitno, dkk., (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007).

Martin Nguyen, “Exegecis of The Huruf al-Muqatta’a: Polyvalency in Sunny Traditions of Qur’anic Interpretation” dalam Jurnal of Qur’anic Studies, 14. 2, 2012.

Muh}ammad H{usayn al-Z|ahaby>, Buh}us fi> ‘Ulu>m al-Tafsi>r wa al-Fiqhi wa al-Da’wah (Kairo: Daar al-Hadits, 2005).

---------------------, al-Tafsi>r wa al-Mufassiru>n, (Kaero: Dar al-Kutub al-Haditsah, 1961).

Muhammad Saleh al-Samarani, Faidl al-Rahman fi Turjamani Tafsiri Kalami al-Maliki al-Dayyan, (t.tp. t. Th.,).

----------------------, Majmu>’ah al-Syari>’ah al-Kifa>yatu li al-Awa>m, (Singapura: t.tp., t.th.).

-----------------------, Al-Mursyid al-Waji>z fi> Ilmi al-Qur’a>n al-Azi>z, (Singapura: al-Karimi, 1323).

-----------------------, Tarjamah Sabi>l al-Abi>d Ala Jauharah al-Tauhi>d, (Semarang: Toha Putra, t.t.).

Mukhamad Sokheh, “Tradisi Intelektual Ulama Jawa: Sejarah Sosial Intelektual Pemikiran Keislaman Kiai Shaleh Darat” dalam Jurnal Paramita, Vol. 21., No. 2., Juni, 2011.

Mulyadhi Kartanegara, “Tafsir Sufistik tentang Cahaya, Studi atas Kitab Misyka>t al-Anwa>r karya al-Ghazali” dalam Jurnal Studi al-Qur’an, vol. 1, No. 1, Januari, 2006.

Nashr hamid Abu Zaid, Mafhu>m al-Nash, Dira>sat fi Ulu>m al-Qur’a>n, (Beirut: al-Markaz al-Tsaqafi al-Arabi, 1994).

Nashruddin Baidan, Metodologi Penafsiran al-Qur’an (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005).

Nor Huda, Islam Nusantara: Sejarah Sosial Intelaktual Islam di Indonesia, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013).

Norman Fairclough, Language and Power: Relasi Bahasa, Kekuasaan, dan Ideologi, terj. Indah Rohmani, (Malang: Boyan Publishing, 2003).

Peter Reddel, “Controvercy in Qur’anic Exegecis and its Relevance to the Malaya-Indonesian World” dalam Anthony Reid (ed.), The Making of an Islamic Political Discourse in Southest Asia, (Australia: Monash University, 1993).

-------------------, “Literal Translation, Sacred Scripture and Kitab Malay” dalam Jurnal Studia Islamika Journal for Islamic Studies, Vol. 9, No. 1, 2002.

--------------------“The Sources of Abd al-Ra’uf’s Turjaman al-Mustafid” dalam Jurnal of The Malaysian Branch of The Royal Asiatic Society, Volume LVII., Part II, 1984.

Sidi Muhy al-din Abd al-Qadir al-Ji>la>ni, Tafsi>r al-Ji>la>ni, Tahqiq wa Takhri>j wa Ta’li>q Ahmad Farid al-Mazi>di>, (Pakistan: al-Maktabah al-Ma’ru>fiyyah, 2010).

Supiana-M.Karman, Ulumul Qur’an dan Pengenalan Metodologi Tafsir (Bandung: Pustaka Islamika, 2002).

Toto Tasmara, Yahudi Mengapa Mereka Berprestasi (Jakarta: Sinergi, 2010).

Yuliyanto Budi Setiawan, “Analisis Wacana Kritis Pemberitaan Kekerasan Berbasis gender di Surat Kabar Harian Suara Merdeka” MAKNA Vol. 2. No. 1, Pebruari 2011.

Yunasril Ali, “Kewalian Dalam Tasawuf Nusantara” dalam Jurnal Kanz Philosophia, A Journal of Islamic Philosophy and Mysticism, volume 3, Number 2, Desember 2013.

Zamakhsyarie Dhofier, Tradisi Pesantren, Studi Tentang Pandangan Hidup Kiai, (Jakarta: LP3ES, 1980).


Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

DOI: 10.21043/hermeneutik.v13i1.5531

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 HERMENEUTIK

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.