Open Journal Systems

PERSPEKTIF AL-SYAWKANI TENTANG PENTARJIHAN PERBEDAAN PENAFSIRAN

Ahmad Atabik

Abstract

Tarjîh  dalam penafsiran dihasilkan dari adanya berbagai perbedaan pendapat para mufassir dalam menafsirkan ayat-ayat al-Qur’an. Tujuannya adalah mengetahui pendapat yang paling sahih dan paling layak diterima dalam penafsiran al-Qur’an untuk dapat diamalkan sesuai bidangnya. Tujuan lain, peniadakan kitab-kitab tafsir dari pendapat-pendapat yang janggal dan lemah atau pendapat yang rancu yang disusupkan oleh keyakian mazhab tertentu. Di antara mufassir yang memberi perhatian pada aspek tarjîh  dalam penafsirannya adalah Imam al-Shawkânî. Dalam menafsirkan ayat-ayat al-Qur’an, ia tidak cukup hanya menyuguhkan pendapat-pendapat mufassir sebelumnya, melainkan juga melakukan tarjîh terhadap penafsiran-penafsiran itu. Dalam hal ini ia menetapkan seperangkat kriteria dan metode tertentu dalam proses pentarjîh}an terhadap berbagai pendapat yang dikemukakan para ulama. Hasil penelitian ini menemukan bahwa al-Shawkânî dalam mentarjîh perbedaan penafsiran menggunakan metode yang meliputi 1) sîghat (redaksi yang tertentu yang digunakan dalam mentarjîh), 2) teknik tarjîh yang dilakukan al-Shawkânî sendiri dan tarjîh yang diambil dari pendapat ulama’ lain), dan 3) bentuk (tarjîh) dengan naz}âiral-Qur’ân, dengan sunnah, dengan qirâ’ât dan lainnya). Di akhir, makalah ini juga mengeksplorasikan aplikasi dan contoh tarjîh dari metode al-Shawkânî tersebut, dengan tujuan dapat memudahkan bagi pembaca agar lebih jelas memahami metode tarjîhnya.

Keywords


Al-Shawkânî, tarjîh, metode, Penafsiran, Fath al-Qadîr

References


‘Umarî (al), H. ibn ‘Abd A. (1990). Al-Imâm al-Shawkânî Râid ‘As}rihi: Dirâsah fî Fiqhihi wa Fikrih. Damaskus: Dâr al-Fikr.

‘Urawî, M. I. (2007). Daur as-Siyaq fi al-Tarjîh baina al-Aqâwîl at-Tafsîriyyah. Kuwait: Wuzârât al-Auqâf wa ash-Shû’un al-Islâmiyah.

Abû Zahrah, M. (n.d.). Târîkh al-Madhâhib al-Islâmiyyah fî al-Siyâsah wa al-“Aqâ”id, wa Târîkh al-Madhâhib al-Fiqhiyyah. Kairo: Dâr al-Fikr al-‘Arabî.

Amîn, A. (2000). Fajr al-Islâm. Kairo: Maktabah al-Usrah.

Dhahabî (al) Muhammad Husain. (1995). At-Tafsîr wa al-Mufassirûn. Maktabah Wahbah, Vol. 2.

H afnâwî (al), M. (2013). At-Ta‘ârud wa at-Tarjîh ‘Inda al-Usûliyyîn wa As âruhumâ fî al-Fiqh al-Islâmî. al-Manshûrah: Dâr al-Wafâ’.

H arbî (al), H. I. ‘Ali I. H. (2008). Qawâid at-Tarjîh ‘Inda al-Mufassirîn: Dirasah Nazariyyah Tatbiqiyyah. Riyadh: Dâr al-Qâsim.

Ibnu Fâris, A. H. A. (1979). Mu’jam Maqâyis al-Lughah. Beirut: Dar al-Fikr.

Ibnu Manzûr, A. F. J. M. (n.d.). Lisân al-‘Arab. Beirut: Dâr Sâdir.

Khâlidî al, S. ‘Abdul F. (2008). Ta‘rîf ad-Dârisîn bi Manâhij al-Mufassirîn. Damaskus: Dâr al-Qalam.

Muqhafî (al), I. A. (2002). Mu’jam al-Buldân wa al-Qabâil. Shana’a: Dâr Al-Kalimah, Vol. 1.

Qurtubî (al), A. A. M. ibn A. (2014). Tafsîr al-Qurtubî. Beirut: Dâr Al-Kutub Al-‘Ilmiyah, Vol. 1.

Râzî (al), F. M. (n.d.). Al-Mahsul fi ‘Ilm al-Usul. Beirut: Muassasah ar-Risalah.

Shawkânî (al), M. bin A. bin M. (n.d.). Al-Fath ar-Rabbânî: min Fatâwâ al-Imâm Al-Shawkânî. Sana’a: Maktabah Jayl al-Jadîd.

Shawkânî (al), M. bin A. bin M. (1999). Irshâd al-Fuhûl Ilâ Tahqîqî al-Haqq min ‘Ilm al-Usûl. Beirut: Dâr Al-Kutub Al-Ilmiyyah, Vol.2.

Shawkânî (al), M. bin A. bin M. (2007). Al-Badr al-Tâli’ Bimahâsin Man Ba“d al-Qarn al-Sâbi.” Beirut: Dâr Al-Kutub Al-‘Ilmiyyah, Vol.2.

Shawkânî (al), M. bin A. bin M. (2012). Al-Sayl al-Jarrâr al-Mutadaffiqu ‘ala Hadâiq al-Azhâr. Beirut: Dâr Ibnu Kathîr.

Shawkânî (al), M. bin A. bin M. (2014). Fath al-Qadîr al-Jâmi’ baina Fannai al-Riwâyah wa al-Dirâyah min ‘ilm at-Tafsîr. Beirût: Dâr Ibn Hazm, Vol.1.

Shawkânî (al), M. bin A. bin M. (2014). Fath al-Qadîr al-Jâmi’ baina Fannay al-Riwâyah wa al-Dirâyah min ‘ilm at-Tafsîr. Beirut: Dâr Ibn Hazm, Vol.4.

Shawkânî (al), M. bin A. bin M. (2014). Fath al-Qadîr al-Jâmi’ baina Fannay al-Riwâyah wa al-Dirâyah min ‘ilm at-Tafsîr. Beirut: Dâr Ibn Hazm, Vol.5.

Shawkânî (al), M. bin A. bin M. (2014). Fath al-Qadîr al-Jâmi’ baina Fannay al-Riwâyah wa al-Dirâyah min ‘ilm at-Tafsîr. Beirut: Dâr Ibn Hazm, Vol. 3.

Shihab, Q. (1997). Membumikan al-Qur’an. Bandung: Penerbit Mizan.

Suyûtî (al), J. (1431). Tadrîb al-Râwi fî Sharh Taqrîb al-Nawâwi. Kairo: Dar Ibnu al-Jauzi.

Zarkashî. (1992). Al-Bahr al-Muhît fî Usûl al-Fiqh. Kuwait: Wuzârât al-Auqâf wa al-Shu’ûn al-Islâmiyah.

Zuhailî (al), W. (2013). Usûl al-Fiqh al-Islâmî. Damaskus: Dâr Al-Fikr, Vol.2.


Full Text: PDF

DOI: 10.21043/hermeneutik.v11i2.5525

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 HERMENEUTIK

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.