Open Journal Systems

Studi Tafsir Sufi: Tafsir Latha’if al-Isyarat Imam al-Qusyairi

luthfi maulana

Abstract

Artikel ini akan memaparkan sebuah review terhadap karya tafsir corak isyari (sufi) melalui karya Imam al-Qusairi. Selama ini pemahaman corak tafsir yang berkembang di kalangan umum hanya berpaku pada dua corak yakni, tafsir bil ma’tsur dan tafsir bil ra’yi, kurangnya perhatian terhadap tafsir corak isyari menumbuhkan keinginan penulis untuk mengungkap sebuah karya tafsir monumental dengan corak sufi melalui karya Imam al-Qusyairi. Tafsir corak sufi isyari memiliki keunikan yang khas dalam penafsirannya, karena melalui tafsir ini perasaan dan pengalaman mufassir tentang kedekatan kepada Allah secara tidak langsung tertuang dalam bahasa yang penuh makna. Di sisi yang lain, tafsir ini sekan menuangkan nilai-nilai ungkapan isyarat-isyarat al-Quran yang ditangkap oleh para ahli ma’rifat. Isyarat tersebut berisi ungkapan yang mendalam, wakaupun tidak dijelaskan dengan panjang lebar. Meskipun al-Qusyairi menjelaskan tentang hakikat, namun beliau menegaskan bahwa tafsirnya tidak meneyelisihi syariat. Justru al-Qusairi seakan menumpahkan semua ilmu dan pengetahuannya tentang Islam dan tasawuf. Ia banyak menggunakan terminologi tasawuf dalam menjelaskan suatu ayat ke ayat selanjutnya.

Keywords


Tafsir, Sufi Isyari dan Imam al-Qusyairi

References


Al-Dzahabi, Muhammad Husein. 2005. al-Tafsir wa al-Mufassirun, Juz III. Kairo: Dar al-Hadits.

__________________________. 2000. al-Tafsir wa al-Mufassirun, Jilid II. Qahirah: Maktabah Wahbiyyah.

Al-‘Azim al-Zarqani, Muhammad Abd. 1998. Manahil al-Irfan fi Ulum al-Qur’an, Juz I. Mesir: Dar al-Ihya al-Kutb al-Arabiyah.

Al-Andalusi, Abu Hayyan. 2001. Tafsir Bahrul Muhid. Juz I. Beirut Lebanon: Darul al-Kitab al-Ilmiah.

Al-Farmawi. 1976. al Bidayah fi al-Tafsir al-Mawdu’i. Qahirah: Dar al-Kutub al-‘Arabiyyah.

Al-Qaththan, Manna. 1990. Mabahist fi Ulum al-Qur`an. Riyadh: Mansyûrat al-Ashru al-Hadist.

Al-Qushairi, Muhammad Abu al-Qasim. 1977. Lathaif al-Isyarat. Jilid I. Mesir: al-Hai’ah al-Misriyyah al-Ammah li al-Kitab.

________________________________. 1977. Lathaif al-Isyarat. Jilid III. Mesir: al-Hai’ah al-Misriyyah al-Ammah li al-Kitab.

________________________________. 2007. Risalah al-Qushairiyyah. Qahirah:Dar al-Kutub.

________________________________. T.t. Tafsir al-Qusyairi al-Musamma Lathaif al-Isyarat. Kairo: Maktabah al-Taufiqiyah.

_________________________________. T.t. Tafsîr al-Qusyairi al-Musamma Lathaif al-Isyarat. Jilid VI (Kairo: Maktabah al-Taufiqiyah.

__________________________________. T.t. Tafsîr al-Qusyairi al-Musamma Lathaif al-Isyarat. Jilid III.Beirut: Daeul Kutub Ilmiyah.

Al-Rumi, Sulaiman Fahd. 1419. Buhuth fi al-Tafsir wa Manahijuh. Riyad: Maktabah al Taubah.

Al-Taftazani, Abu Wafa al-Ghanimi. 2008. Madkhal ila al-Tasawwuf al-Islami. terj. Subkhan Ansori (Jakarta: Gaya Media Pratama.

Al-Zubaidi, Murtada. 1994. Taj al-‘Arus, Juz 3. Qahirah: Dar al Kutub.

Al Amin, Habibi. 2016. “Tafsir Sufi Laṭā’if al-Isyārāt Karya al-Qusyairī Perspektif Tasawuf dan Psikologi”, Suḥuf, vol. 9, no. 1, juni.

Alba, Cecep. 2010. “Corak Tafsir Ibnu Arabi”, Jurnal Sosioteknologi, Edisi 21. No 9, Desember.

Badan Kementrian Wakaf Mesir. 2002. Al-Mausu’ah Al-Qur`aniyah Al- Mutakhashshishah. Kairo: Badan Kementrian Wakaf Mesir.

Bangun Nasution, Ahmad. 2013. Akhlak Tasawuf: Pengenalan, Pemahaman dan Pengaplikasiannya dan diserti dengan Biografi Tokoh-Tokoh Sufi. Jakarta: Rajawali Press.

Baraja, Abbas Arfan. 2009. Ayat-ayat Kaunyah : Analisa Tafsir sufi Isyari Imam al- Basyuni, Ibrahim. 1992. al-Imam al-Qusyairi hayatuhu wa tashawwufuhu wa tsaqafatuhu. Kairo: Maktabatu al-Adab.

Corbin, Henry. 1969. Creative Imagination in the Sufism of Ibn ‘Arabi. Princeton, NJ: Princeton University Press.

Derajat, Amroeni. 2003. Ensiklopedi Tokoh Orientalis. Yogyakarta: LkiS.

Donald. D. B. 1911. Mac Aspect of Islam. New York: 1911.

Goldziher, Ignaz. 2006. Mazhab Tafsir dari aliran klasik hingga modern. Yogyakarta: Elsaq Press.

______________. 1954. Madhahib al-Tafsir al-Islam, terj. Abd al-Halim al-Najjar. Baghdad: Maktabah al-Ghanji.

Halim, Abdul Mani’. 2003. Metodologi Tafsir Kajian Metode Para Ahli Tafsir .Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Iskandar. 2015. “Penafsiran Sufistik Surat Al-fatihah Dalam Tafsir Tāj Al-Muslimîn dan Tafsir Aliklîl karya KH Misbah Musthofa, Fenomena. Vol7, No 2.

Kole, Bekir. 2013. “The Location of the Mind in Apperception of Divine Truths According to Sufism”, gdir University, Journal of Social Sciences.

Lestari, Lenni. 2014. “Epistemologi Corak Tafsir Sufistik,Jurnal Syahadah. Vol. 2, No. 1, April.

Mandzur, Ibnu. 2003. Lisanu al-Araby, Jilid VI. Kairo: Dar al-Hadîst.

Muhdi Muhdhor, Atabik Ahmad. Kamus al-Ashry. Jogja: Yayasan Ali Maksum.

Nasution, Harun. 1999. Filsafat dan Mitissme dalam Islam. Jakarta: Bulan- Bintang.

Nur, Afrizal. 2013. “Menguak Dimensi Sufistik Dalam Interpretasi al-Quran”, Jurnal Ushuluddin. Vol. 10 no, 2.

Qardlawi, Yusuf. T.t. Kaifa Nata’amalu ma’a al-Qur`anu al-Karimu. Kairo: Dar al-Shouruq.

Shalih, Subhi. 1988. Mabahith fî ‘Ulum al-Qur’an. Beirut: Dar al-‘Ilm li Al-Malaya.


Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

DOI: 10.21043/hermeneutik.v12i1.5062

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 HERMENEUTIK

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.