Open Journal Systems
PERAN KH. MUHAMMAD ARWANI DALAM PENGEMBANGAN ILMU QIRAAT DI INDONESIA
Abstract
Ilmu Qira’at adalah termasuk salah satu bagian dari ilmu-ilmu al-Qur’an (Ulum al-Qur’an), tapi sayangnya ilmu ini terutama di Indonesia kurang mendapatkan perhatian oleh para Ulama. Khazanah kajian al-Qur’an di Indonesia mayoritas berada pada bidang Tafsir, ini dapat difahami karena tafsir atau penjelasan isi al-Qur’an adalah bagian yang sangat penting bagi masyarakat muslim. Akan tetapi, qira’at juga sangat diperlukan dalam tafsir al-Qur’an, oleh karena itu kajian terhadap ilmu qira’at menjadi sangat urgen. Salah seorang ulama Indonesia yang mempunyai konsentarasi penuh terhadap ilmu qira’at adalah KH.Arwani. Maka dalam tulisan ini akan dibahas mengenai bagaimana peranan beliau dalam mengembangkan ilmu qira’at di Indonesia
Keywords
References
Anwar, Rosehan,Biografi K.H. Muhammad Arwani Amin, Jakarta:Departemen Agama, , 1987.
Anam, M. Khoirul, Telaah Kitab Faidh,al-Barakat, Thesis Progam Pascasarjana STAIN Kudus.
As’ad, Aly, KHM. Munawwir: Pondok Pesantren Krapyak, Yogyakarta; Pesantren Krapyak, tt.
Ibnu al-Jazarī,Munjīd al-Muqri'īn wa Mursyid al-Ţālibīn (al-Quds: Ma¯ba‘ah al-Wa¯aniyyah al-Isl±miyyah, 1350 H)
Darokah, Ali, Pondok Pesantren Jamsaren Solo dalam Historis dan Esensinya, Salatiga; CV. Ramadani, 1983.
Hasanuddin, Anatomi al-Quran : Perbedaan Qiraat dan Pengaruhnya Terhadap Istinbath Hukum, Raja Grafindo, Jakarta , 1995.
Hariyanto, Ahmad. Jam’ al-Qirā’āt al-Sab’Studi KomparatifKitabFaidh al-Barakāt fi Sab’i al-Qirā’ātdan kitab Manba’ul Barakāt fī Sab’al-Qirā’āt, Skripsi Prodi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Mastuki HS dan Ishom El-Saha (ed.), Intelektualisme Pesantren Potret Tokoh dan Cakrawala Pemikiran di Era Keemasan Pesantren, Jakarta:Diva Pustaka, Cet. I, 2003.
Munawir, Ahmad Warson, Kamus al-Munawir, Pustaka Progresif, Surabaya, 1997.
Rosidi, KH. Arwani Amin Penjaga Wahyudari Kudus (Jepara: al-Makmun, 2008)
Salimudin, Qira’at dalam Tafsir (Kajian atas Ayat-Ayat Teologis dalam al-Kasysyaf dan Mafatih al-Ghaib), Thesis Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016.
Al-Suyûthî, Jalâluddîn Abdurrahmân, Al-Itqān fī Ulūm Al-Qur’ān,Mesir;al-Haiah al-Mishriyah, 1974
Ṣubhi al-Ṣālih, Mabāḥiṡ fī Ulūm al-Qur’ān,Beirut: Da>r al-‘Ilmi li al-Mala>yin. 1997.
Urwah, Metodologi Pengajaran Qira'at Sab‘ah, Studi Observasi di Pondok Pesantren Yanbu‘ul Qur'an dan Dar Al-Qur'an, Ṣuīḥuf, Vol. 5, No. 2, 2012:http://jurnalsuhuf.kemenag.go.id/index.php/suhuf/article/view/37/37
Az-Zarkasyī,Badruddīn Muḥammad bin ‘Abdullāh,al-Burhān fī‘Ulūm al-Qur'ān: tahkīk Abū al-Faḍl ad-Dimyāṭī, Kairo: Maktabah Dār al-Ḥadīṡ, 2006
Az-Zarqānī,Muhammad ‘Abd al-‘Aẓīm,Manāhil al-‘Irfân fī ‘Ulūm al-Qur'ān, jilidI , Mesir: Isa al-Baby al-Halaby.
Misbah, Muhammad, Pemikiran Imam Al-Syafi’i (w. 204 h) Tentang Tafsir, Hermeneutik, 2015
DOI: 10.21043/hermeneutik.v11i1.4520
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 HERMENEUTIK
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.