Open Journal Systems

Dinamika Penggunaan Sunnah Sebagai Sumber Penafsiran Dalam Pergeseran Epistemologi Tafsir

Nur Mahmudah

Abstract

Perkembangan tafsir yang bersifat dinamis dalam sejarah tafsir,
membentuk dinamika penggunaan sunnah sebagai sumber penafsiran.
Artikel ini melakukan penelusuran terhadap penggunaan sunnah dalam
periodesasi waktu sebagai implikasi pergeseran epistemologi tafsir.
Artikel ini menyimpulkan dinamika penggunaan sunnah dalam tafsir
terlihat berjalan seiring dengan epistemologi tafsir yang melingkupi
masing-masing zaman. Tafsir pada masa formatif yang bernalar mitis
memberikan wilayah yang sangat luas bagi sunnah. Sementara pada
masa pertengahan yang berwatak ideologis memunculkan penggunaan
sunnah dalam karakteristik yang berbeda melalui peringkasan sanad
dan tarikan ideologis. Pada era modern dan kontemporer yang berwatak reformatif, penggunaan sunnah dalam tafsir dijiwai semangat penekanan fleksibilitas tafsir sehingga membuka ruang lebih luas terhadap kontekstualisasi. Dengan demikian dialektika al-Qur’an dan Sunah berjalan secara dinamis. Artikel ini mengukuhkan bertahannya fungsi Sunah sebagai sumber tafsir yang bersifat lentur dalam karakteristik tafsir sesuai di era masing-masing.

Keywords


Sunah, Sumber Tafsir, Fleksibilitas, Kontekstualitas

References


Mustaqim, Abdul. (2008), Pergeseran Epistemologi Tafsir . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Abu Zahwu. (1378 H). al-Hadis wa al-Muhaddithun aw ‘inayat al-A’immah al-Islamiyyat bi al-Sunnat al-Nabawiyyah. t.k: Maktabat al-Tawfiqiyyah.

Abu Zayd, Nasr Hamid. (1992). al-Imam al-Shafi‘i wa Ta’sis al-Aydiulujiyyat al-Wasatiyyah. Kairo: Sina li al-Nashr.

Amin Nuruddin. (1991). Ijtihad Umar ibn al-Khaththab. Jakarta: Rajawali Press.

Badr, Abdullah Abu al-Su‘ud. (2000). Tafsir Umm al-Mu’minin alih bahasa Gazi Saloom dan Ahmad Syaikhu. Jakarta: Serambi.

Al-Bukhari, Muhammad ibn Ibrahim ibn al-Mughirah. (t.th.). Sahih al-Bukhari Vol. III. Istambul: t.p.

al-Zahabi, Muhammad H{usayn. (1976). al-Tafsir wa al-Mufassirun Vol. I. Beirut: Dar al-Fikr.

______, (2016). Tafsir al-Qur’an: Sebuah Pengantar penerjemah M. Nur Prabowo.Yogyakarta: Baitul Hikmah Press.

Gilliot, Claude. (2002). ”Exegesis: Classical and Medieval” dalam Encyclopaedia of The Qur’an ed. Jane Dammen Mc Auliffe Vol. II. Leiden: E.J. Brill.

Ibn ‘Ashur, Muh}ammad al-Fadil. (1970). al-Tafsir wa Rijaluhu. Tunisia: Majma‘ al-Buhuth al-Islamiyyah.

Ibn Taymiyyah, Taqiyuddin Abu al-‘Abbas Ahmad ibn Shihab al-Din ‘Abd al-Halim ibn Majd al-Din ‘Abd al-Salam ibn ‘Abd Allah. (1971). Muqaddimah fi Usul al-Tafsir . t.t: Dar al-Qur’a>n al-Karim.

al-Jassas, Abu Bakr al-Razi. (1986). Ahkam al-Qur’an Vol. III. Beirut: Dar al-Fikr.

al-Juwayni, Mustafa. (t.th). Manahij al-Tafsir. Mesir: Mansha’at al-Ma‘arif.

al-Khatib, Muh}ammad ‘Ajjaj. (1999). al-Sunnah Qabl al-Tadwi

Lawson, B Todd. (1993). “Akhbari Shi‘i approaches to Tafsir” dalam Approaches to the Qur’an ed. G.R. Hawting dan Abdul-Kader A Shareef. London dan New York: Routledge.

Muhammad, Muhammad Abdur Rahman. (1999). Penafsiran al-Qur’an dalam Perspektif Nabi Muhammad SAW alih bahasa Rosihan Anwar. Bandung: Pustaka Setia.

al-Mutawali, Sabri. (1981). Manhaj Ibn Taymiyyah fi Tafsir al-Qur’an al-Karim Kairo: ‘Alam al-Kutub.

al-Nawawi. Muhyidin ibn Sharaf. (2010). Sharh Nawawi ‘ala Muslim Vol. XVII . CD Maktabah Shamilah Versi 3.

al-Qardhawi, Yusuf. (1999). Kayfa Nata‘amal ma‘a al-Qur’an al-Azim. Kairo: Dar al-Shuruq.

al-Qurtubi, Abu ‘Abdullah Muhammad ibn Ahmad al-Ansari. (1999). al-Jami‘ li Ahkam al-Qur’an Vol.X Beirut: Da al-Kutub al-‘ilmiyyah.

Rahman, Fazlur. (1979). Islam. Chicago dan London: University of Chicago Press, cet. 2

_____ (1962). “Concepts Sunnah, Ijtihad and Ijma’ in The Early Period “ dalam Islamic Studies Vol. I No.1

_____, (1970). “Revival and Reform in Islam: The Tradition” dalam The Cambridge History of Islam ed. P.M. Holt et al Vol. II. Cambridge: Cambridge University.

Al-Sabt, Khalid ‘Uthman. (1421 H) Qawa‘id al-Tafsir: Jam‘an wa Dirasatan cet. 1. Kairo: Dar Ibn ‘Affan.

Al-Shaibi, Abu Ish}aq. (1987). al-Muwafaqat fi Usul al-Shari‘ah Vol. II. Beirut: Dar al-Fikr.

al-Suyuti, Abdur Rahman ibn Abi Bakr Jalaluddin “al-Durr al-Mantsur fi al-Tafsir bi al-Ma’thur” Vol. 3 tersedia dalam CD Program Maktabbah Syamilah Edisi 2, 2011.

______, al-Itqan fi ‘Ulum al-Qur’an Vol. II. Beirut: Dar al-Fikr, t.th.

Al-Turmudhi, Abu ‘Isa Muhammad ibn ‘Isa ibn Sawrah . al-Jami‘ al-Sahih Vol. IV. Semarang:Toha Putra, t.th.

U. Syafrudin. Paradigma Tafsir Tekstual dan Kontekstual: Usaha Memaknai Kembali Pesan al-Qur’an. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009

Zainul Arifin, “ Hadis-Hadis dalam Daqaiq al-Tafsir karya Ibn Taymiyyah (Studi Terhadap Kualitas Sanad Hadis)”. Disertasi: IAIN Syarif Hidayatullah, Jakarta, 1999.

Zalt,al-Qusba Mahmud. al-Qurtubi wa Manhajuhu fi al-Tafsir t.t : Dar al-Ansar, 1979.

Yayasan Penyelenggara Penerjemah al-Qur’an. Mushaf al-Qur’an Terjemah.

al-Zawiti, Muhammad Shukri. Ahmad Tafsir al-Dahhak Vol. I Kairo: Dar al-Salam, 1999.

al-Tabari, Abu Ja‘far Muhammad ibn Jarir. Jami‘ al-Bayan fi Ta’wil al-Qur’an. Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 1980.

al-Shawkani, Muh}ammad ibn ‘Ali ibn Muh}ammad. Fath al-Qadir al-Jami‘ bayna al-Riwayat wa al-Dirayat min ‘Ilm al-Tafsir Vol. II. Beirut: Dar al-Fikr, 1983.

al-Tabataba’i, Muhammad Husayn ibn Sayyid Muhammad ibn Sayyid Muhammad ibn Mirza ‘Ali Asghar. al-Mīzān fī Tafsīr al-Qur'ān. Beirut: Muassasah al-A’lami, 1991.

Saeed, Abdullah. “ Fazlur Rahman: a Framework for Interpreting the Ethico-Legal Content of the Qur’an” dalam Modern Muslim Intelectuals and the Qur’an ed. Suha Taji-Farauki. New York: Oxford University Press and Institute of Ismaili Studies.

Palmer, Richard E Hermeneutika: Teori Baru Mengenai Interpretasi alih bahasa Musnur Henry dan Damanhuri Muhammed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003.


Full Text: PDF

DOI: 10.21043/hermeneutik.v10i1.3908

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 HERMENEUTIK

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.