Open Journal Systems

Epistemological Construction of Tafsir At-Tafsir Al-Madrasi by H. Oemar Bakry

M. Riyan Hidayat

Abstract

Abstract

The Book of At-Tafsir Al-Madrasi by H. Oemar Bakry is a pedagogical book of interpretation at a leading Islamic boarding school, Pondok Modern Darussalam Gontor (and its branches). This book was taught at the very beginning of the founding of the Kulliyatul Muallimin Al-Islamiyah Gontor, Ponorogo. With the experience of KH. Imam Zarkasyi (one of Gontor's Trimurti caregivers) during his stay in Padang Thawalib during the colonial era, then sent him to meet H. Oemar Bakry to make them both Sahib al-Hamim (best friends). His closeness as a friend then had implications for the birth of At-Tafsir Al-Madrasi which was taught for years in the Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG). Furthermore, this research is a qualitative type using library research and studies (formal objects) which are used as the epistemological analysis of Abdul Mustaqim's interpretation. The results of this study indicate that the source of the book At-Tafsir Al-Madrasi is dominated by the Tafsir Al-Manar by Abduh and Rasyid Ridho which is considered the driving force for the modernization of the Islamic world. While the method used is ijmali with the al-Adab al-Ijtima'i pattern on the one hand and the other hand the At-Tarbawi pattern. Finally, the validity of H. Oemar Bakri's interpretation can be seen based on coherence theory and pragmatic theory.

Keywords : At-Tafsir Al-Madrasi, epistemology of interpretation, H. Oemar Bakry.

 

Abstract

Kitab At-Tafsir Al-Madrasi karya H. Oemar Bakry merupakan kitab pedagogis tafsir di pesantren terkemuka yakni Pondok Modern Darussalam Gontor (beserta cabangnya). Kitab ini diajarkan persis awal berdirinya Kulliyatul Muallimin Al-Islamiyah Gontor, Ponorogo. Dengan bermodalkan pengalamannya KH. Imam Zarkasyi (salah satu trimurti pengasuh Gontor) selama mengenyam di Padang Thawalib pada era penjajahan, kemudian menghantarkannya bertemu dengan H. Oemar Bakry hingga menjadikan keduanya sebagai Shahib al-Hamim (sahabat karib). Keakrabannya sebagai sahabat kemudian berimplikasi pada lahirnya At-Tafsir Al-Madrasi yang diajarkan secara bertahun-tahun di lingkungan Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor (PMDG). Selanjutnya, Penelitian ini adalah berjenis kualitatif dengan menggunakan sumber kepustakaan (library research) dan kajian (objek formal) yang dijadikan kacamata analisis epistemologi tafsir Abdul Mustaqim. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kitab At-Tafsir Al-Madrasi sumbernya didominasi oleh Tafsir Al-Manar karya Abduh dan Rasyid Ridho yang dianggap sebagai penggerak modernisasi dunia Islam. Sedangkan metode yang digunakan adalah ijmali dengan corak al-Adab al-Ijtima’i di satu sisi, di sisi lainnya bercorak At-Tarbawi. Terakhir, validitas penafsiran H. Oemar Bakri dapat dilihat berdasarkan teori koherensi dan teori pragmatis.

Kata Kunci : At-Tafsir Al-Madrasi, epistemologi tafsir, H. Oemar Bakry.

Keywords


At-Tafsir Al-Madrasi, epistemology of interpretation, H. Oemar Bakry.

References


Abdullah Saeed. 2012. Pengantar Studi Al-Qur’an. ed. Ter. Shulkhah dkk. Yogyakarta: Baitul Hikmah Press.

Ali Nuar, Jannatul Husna Bin. 2016. “Minangkabau Clergies and the Writing of Hadith.” Jurnal Ushuluddin 24(1): 1.

Anas, Mohammad. 2018. Rekonstruksi Epistemologi Ilmu Pengetahuan Keislaman. Malang: UB Press.

Arikounto, Suharsimin. 2017. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rieneka Cipta.

Baihaki, Egi Sukma. 2017. “Penerjemahan Al-Qur’an: Proses Penerjemahan Al-Qur’an Di Indonesia.” Jurnal Ushuluddin 25(1): 45.

Bakry, H. Oemar. 1980. Kebangkitan Umat Islam Abad Ke-15. Jakarta: Mutiara.

———. 1984a. H. Oemar Bakry Dari Thawalib Ke Dunia Modern. Jakarta dan Bandung: Penerbit Mutiara dan Penerbit Angkasa.

———. 1984b. MENYINGKAP TABIR ARTI ULAMA. Bandung: ANGKASA Bandung.

———. 1984c. Tafsir Rahmat. Jakarta: Mutiara.

———. 1993. AKHLAK MUSLIM. Bandung: ANGKASA Bandung.

———. 2000. Tafsir Al-Madrasi. Jilid 1. Ponorogo: Darussalam Press.

———. 2001. Tafsir Al-Madrasi. Jilid 2. Ponorogo: Darussalam Press.

Dozan, Wely. 2019. “Epistemologi Tafsir Klasik: Studi Analisis Pemikiran Ibnu Katsir.” Falasifa 10(2): 147–59.

Faisal, Muhammad. 2020. “Writing Interpretations in Indonesia Classical and Modern Times.” Jurnal Ilmiah Teunuleh 1(1): 25–44.

Faishal Khair. 2019. “Epistemologi Kitab Al-Tafsir Karya K.H Ahmad Basyir AS.” UIN Sunan Ampel Surabaya.

Faradi, Abdul Aziz. 2019. “TEORI-TEORI KEBENARAN DALAM FILSAFAT (Urgensi Dan Signifikansinya Dalam Upaya Pemberantasan Hoaks).” Kontemplasi: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin.

Firmansyah, M. Hendra. 2021. Pengantar Filsafat Ilmu. Lumajang: Klik Media.

Ghozali, Mahbub. 2021. “Dialektika Sains, Tradisi Dan Al-Qur’an: Representasi Modernitas Dalam Tafsir Rahmat Karya Oemar Bakry.” AL QUDS: Jurnal Studi Alquran dan Hadis 5(2): 843.

Goldziher, Ignaz. 2003. Madzhab Tafsir Dari Aliran Klasik Hingga Modern. Yogyakarta: elSaq Press.

Graves, Elizabeth E. 2007. Asal-Usul Elite Minangkabau Modern Respons Terhadap Kolonial Belanda Abad XIX/XX. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Gusmian, Islah. 2015. “Tafsir Al-Qur’an Di Indonesia: Sejarah Dan Dinamika.” Nun : Jurnal Studi Alquran dan Tafsir di Nusantara 1(1): 1–32.

———. 2017. “Belajar Tafsir Di Pesantren.” Islami.co. https://islami.co/belajar-tafsir-di-pesantren/ (November 21, 2021).

Hanna, A’isya. 2021. “Tema Dan Epistemologi Tafsir Al-Qur’an Di Media Sosial (Studi Karya Penafsiran Al-Qur’an Nadirsyah Hosen Di Media Sosial).” Skripsi.

Hidayat, M. Riyan. 2020. “Manhaj At-Tafsīr Al-Madrasī Li Oemar Bakry.” Jurnal Al-Fanar 3(2): 149–66.

———. 2022a. Al-Laun At-Tarbawi Fi At-Tafsir Al-Madrasi. Jakarta: Guepedia.com.

———. 2022b. “Urgensi At-Tafsir Al-Madrasi Karya H. Oemar Bakry Sebagai Modifikasi Atas Tafsir Al-Manar (Studi Pendekatan Postkolonialisme Edward W. Said).” UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Husna, Jannatul. 2015. Oemar Bakry & Uraian 50 Hadis Telaah Biografis Dan Anotasi Teks. Jakarta: Mutiara Sumber Widya.

Ibnu Mandzur. 2009. Lisanul Arab. 2nd ed. Beirut: Dar al-Kutub al ‘Ilmiyyah.

Jannah, Hidayatul. 2018. “التفسير المدرسي للحاج عمر بكري (دراسة عن مناهج التفسير واتجاهاته).” UIN Antasari Banjarmasin.

Kattsoff, Louis O. 2004a. Elements of Philosophy. ed. Terj. Soejono Soemargono. Yogyakarta: Tara Wacana Yogya.

———. 2004b. Pengantar Filsafat Ilmu. ed. Terj Soejono Soemargono. Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya.

Kerwanto, Kerwanto. 2019. “Epistemologi Tafsir Mullā Ṣadrā.” Jurnal THEOLOGIA 30(1): 23–50.

M. Husein Adz-Dzahabi. At-Tafsir Wa Al-Mufassirun. 2nd ed. Kairo: Maktabah Wahbah.

Muhafizah. 2022. “Epistemologi Penafsiran Di Media Sosial (Studi Analisis Akun Instagram @quranreview).” UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Mustaqim, Abdul. 2010. Epistemologi Tafsir Kontemporer. Yogyakarta: LKiS.

———. 2011. Pergeseran Epistemologi Tafsir. Yogyakarta: PT. LKiS Cemerlang Printing.

———. 2014. Dinamika Sejarah Tafsir Al-Qur’an. Yogyakarta: Adab Press.

———. 2020. Epistemologi Tafsir Kontemporer. Edisi Revisi. Yogyakarta: Idea Press.

Putra, Aldomi. 2020. “Tafsir Al-Qur’an Minangkabau Epistemologi, Lokalitas Dan Dialektika.” Institut PTIQ Jakarta.

Qattan, Manna’ Khalil. 2000. Mabahis Fi Ulum Al-Qur’an. Maktabah al-Ma’arif.

Rahman, Masykur Arif. 2013. Buku Pintar Sejarah Filsafat Barat. Yogyakarta: IRCiSoD.

Rusmana, Dadan, Nida Amalia Kamal, and Maulana Yusuf Alamsyah. 2021. “Karakteristik Tafsir Madrasi Karya H. Oemar Bakri Dan Penggunaannya Pada Kurikulum KMI Darussalam Gontor Putri.” Al-Bayan: Jurnal Ilmu al-Qur’an dan Hadist 6(1): 52–65.

Saefur Rochmat. 2002. “Dinamika Pondok Pesantren Gontor Dalam Modernisasi.” Jurnal Penelitian Humaniora 7(2): 29.

Shihab, M. Quraish. 1994. Studi Kritis Tafsir Al-Manar Karya Muhammad Abduh Dan M. Rasyid Ridha. Bandung: Pustaka Hidayah.

Sholihan. 2011. Epistemologi Pengembangan Ilmu-Ilmu Keislaman. ed. M. Mukhsin Jamil. Semarang: Walisongo Press.

———. 2015. Pengantar Filsafat Mengenal Filsafat Melalui Sejarah Dan Bidang Kajiannya. Semarang: UIN Walisongo Semarang.

Syamsuddin, Sahiron. 2017. Hermeneutika Dan Pengembangan Al-Qur’an (Edisi Revisi Dan Perluasan). Yogyakarta: Pesantren Nawsea Press.


Full Text: PDF

DOI: 10.21043/hermeneutik.v17i3.17820

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 HERMENEUTIK

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.