Open Journal Systems
Citra Tuhan Dalam Al-Qur’an (Studi Pemaknaan Ayat-Ayat Antropomorfisme dengan Pendekatan Semiotika Roland Barthes)
Abstract
Ayat-ayat antropomorfisme merupakan ayat-ayat yang apabila dipahami secara literal akan memberikan kesan bahwa Allah memiliki citra yang sama dengan makhluknya. Dalam al-Qur’an disebutkan bahwa Allah sebagai Tuhan memiliki tangan, wajah, mata, dan duduk di atas singgasana yang tercantum dalam in Q.S. al-Maidah ayat 64, al-Fath ayat 10, al-Qasas ayat 88, al-Baqarah ayat115, Taha ayat 39, Taha ayat 5, al-Zumar ayat 67, al-Rahma’n ayat 27, Yunus ayat 3, dan al-Qalam ayat 42. Penggambaran ini menimbulkan kontroversi penafsiran, karena di satu sisi al-Quran menyebutkan citra Tuhan dengan citra manusia, sementara di sisi lain al-Qur’an menegaskan ketidaksamaan Tuhan dengan makhluk-Nya yang tercantum dalam Q.S al-Syura ayat 11 dan al-Ikhlas ayat 4. Perdebatan yang terjadi di masa klasik pun berlanjut hingga masa kontemporer. Atikel ini bertujuan untuk membahas penafsiran ayat-ayat antropomorfisme perspektif “semiotika Roland Bartes” beserta mengungkap tingkatan-tingkatan makna dalam tanda-tanda bahasa al-Quran. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian “kualitatif” dengan “pendekatan semiotika”. Sedangkan objek materialnya adalah ayat-ayat antropomorfisme Q.S al-Maidah ayat 64, al-Baqarah ayat 115, Yunus ayat 3 dan objek formalnya adalah semiotika Roland Barthes yang digunakan untuk mengkaji makna ayat-ayat antropomorfisme yang telah disebutkan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ayat-ayat antroporfisme sama dengan ayat-ayat mutasyabihat dan citra Tuhan yang dimaksudkan dalam ayat-ayat tersebut memiliki makna denotasi, konotasi dan mitos seperti dalam Q.S al-Maidah ayat 64 memiliki makna “denotasi” Allah memiliki “tangan seperti makhluk”. Sedangkan makna konotasinya mereka “orang-orang yahudi” mengatakan tangan Allah “terbelenggu”. “Mitos” dari ayat tersebut yaitu Allah diisyaratkan memiliki anggota tubuh dalam ukuran besar dan memiliki kekuatan yang tidak tertandingi. Q.S al-Baqarah ayat 115 mengandung makna denotasi Allah memiliki rupa atau wajah, sedangkan makna konotasinya mengisyaratkan bahwa wajah Allah yaitu arah kiblat dan mitosnya dulu Nabi saw shalat Sunnah diatas unta beliau kemanapun arah unta itu. Q.S Yunus ayat 3 dengan makna “konotasi” Allah memiliki tubuh dan singgasana. Sedangkan konotasinya adalah Allah Mahakuasa, Mitosnya ialah Allah memiliki singgasana yang mana bentuknya seperti pada zaman kerajaan yaitu bentuknya besar dan megah.
Keywords
References
Adib, M., Noupal, M., & Hakim, L. N. (2021). Metodologi Penafsiran Ayat-Ayat Antropomorfisme.
Astuti, S. I., Arso, S. P., & Wigati, P. A. (2015). Analisis Standar Pelayanan Minimal Pada Instalasi Rawat Jalan Di Rsud Kota Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat (Undip), 3(1), 103–111. https://doi.org/10.14710/jkm.v3i1.11129
Asy’ari dan Pemikiran Teologisnya.” STAI-BREBES online. 17 Desember, 2019. Https://staibrebes.ac.id/index.php/2019/12/17/asyari-dan-pemikiran-teologisnya/#comments. - Google Search. (t.t.). Diambil 17 Juni 2022, dari https://www.google.co.id/search?tbm=bks&hl=en&q=Asy%E2%80%99ari+dan+Pemikiran+Teologisnya.%E2%80%9D+STAI-
Departemen Agama Republik Indonesia. (2009). Al-Qur’an dan terjemahan special for woman. PT.Sygma examedia arkanleema.
Djasudarma, T. F., & Nadeak, W. (1993). Semantik 2, 2,. Eresco.
Geertz, C. (1973). The interpretation of culture, selected essays. Basic Books.
Haidar, F. A. (1999). Ilm al-Dilalah Dirasah Nazariyyah wa tatbiqiyyah. Kairo: Maktabah al-Nahdah al-Misriyyah. Maktabah al-Nahadh al-Misriyyah.
Jamaluddin, & Anwar, S. S. (2020). Ilmu Kalam (Khazanah Intelektual Pemikiran dalam Islam). PT. Indragiri Dot Com.
Minang Bertauhid - Jika tak ditakwil, Allah seperti Angry Bird? | Facebook | By Minang Bertauhid | Jika tak ditakwil, Allah seperti Angry Bird? Membantah kesesatan dan syubhat UAS dalam mentakwil sifat Allah diataranya: 1. “Wajah Allah” dalam Alquran... (t.t.). Diambil 19 Juni 2022, dari https://web.facebook.com/Minang-Bertauhid-441116909260008/videos/jika-tak-ditakwil-allah-seperti-angry-bird/2281686728738299/
Mudjiono, Y. (2020). Kajian semiotika dalam film. Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1), 125–138. http://jurnalfdk.uinsby.ac.id/index.php/JIK/article/view/101
Muhammaddin, M. (2015). Aliran Kalam Salafiyah. Jurnal Ilmu Agama: Mengkaji Doktrin, Pemikiran, dan Fenomena Agama, 16(1), 1–14.
PARAH!!!! Idrus Ramli Masak ALLAH Sejelek itu. (t.t.). Diambil 18 Juni 2022, dari https://www.youtube.com/watch?v=92XjMz4h_dc
Praja ASWAJA. (2020, Juli 20). Membongkar Alibi Wahabi Terkait Allah Ada Dimana |KH.MuhammadIdrusRamli. https://www.youtube.com/watch?v=dPjCwmnaaoI
Rahayu, N. U., & Afrianto, D. T. (2017). Representasi Citra Laki-Laki Dalam Iklan Gatsby Styling Pomade Kajian Semiotika Roland Barthes. Capture : Jurnal Seni Media Rekam, 9(1), 93–107. https://doi.org/10.33153/capture.v9i1.2060
Rambe, U. K. (2019). Hadis Tematik Antropomorfisme. SHAHIH (Jurnal Kewahyuan Islam), 2(1), 1–19. https://doi.org/10.51900/shahih.v2i1.4027
Ritonga, A. H., & Utara, F. I. T. dan K. I. S. (2016). HADIS-HADIS ANTROPOMORFISME: Analisis terhadap Takwil Ibn Hajar al-‘Asqalânî dalam Fath al-Bârî. MIQOT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman; Vol 37, No 2 (2013). https://repository.globethics.net/handle/20.500.12424/24867
Rozak, A. (2003). Ilmu kalam / Abdul Razak, Rosihan Anwar (Bandung). Pustaka Setia. //senayan.iain-palangkaraya.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1054
Sudrajat, Y. (2004). Struktur Makna; Prinsip-Prinsip Studi Semantik. Raksa Cipta.
Tamara, J. (2020). Kajian Semiotika Roland Barthes pada Poster Unicef. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 3(2), 726–733. https://doi.org/10.34007/jehss.v3i2.403
DOI: 10.21043/hermeneutik.v16i1.12777
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Hermeneutik : Jurnal Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.