PENERAPAN METODE BERNYANYI DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSA KATA BAHASA ARAB DI MTS MA’ARIF NU 07 PURBOLINGGO
Abstract
This research aims to determine the application of singing method in improving Arabic vocabulary mastery at MTs Ma'arif NU 07 Purbolinggo. This research is a qualitative research. The subjects in this research were the principal, teachers and students. To obtain the data in this research with the interview as the main method, observation and documentation as a supporting method. Then to analyze the data used descriptive analysis. Analysis of the data used in this research is data reduction, data presentation and conclusion drawing. The results showed that the application of the singing method at MTs Ma'arif NU 07 Purbolinggo could improve students' ability to master vocabulary in Arabic. This can be seen from the memorization of songs where the song lyrics have been replaced with Arabic vocabulary.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Ahmad Fuad Efendi. 2005. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang: Miskat.
Ahmad Muhtadi Anshor. 2009. Pengajaran Bahasa Arab dan Metode Pengajaran. Yogyakarta: Teras.
Ajeng Yusriana. 2012. Kiat-kiat Menjadi Guru PAUD yang disukai anak-anak, Yogyakarta: DIVA Press.
Al-Ta’rib, Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban Vol. 6 No 1, 2010
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada Persada.
Depdiknas. 2011. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta:PT Gramedia Pustaka Utama.
Hamid, H.M.Abdul, M.A, 2001. Mengukur Kemampuan Bahasa Arab. Malang : UIN-MALIKI Press.
Hartono, Statistik untuk Penelitian. 2004.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kusnadi, Edi 2005. Metodologi Penelitian Aplikasi Praktis. Jakarta: Ramayana Press.
Laeli Qodariyah. Skripsi Pembelajaran Mufroda Melalui MetodeBernyanyi di MTs MA’ARIF NU 02 Cilongkok Kab. Banyumas,Institut Agama Islam Negri (IAIN) Purwokerto.
M. Abdul Hamid, dkk., 2008. Pembelajaran Bahasa Arab (Pendekatan, Metode, Strategi, Materi, dan Media). Malang: UIN Malang Press.
.
Mashuri & Maya Dewi, Penerapan Metode Bernyanyi dan Media Flah Card untuk Meningkatkan Daya Ingat Anak Dalam Pengenalan Huruf Ijaiyah di Tpa Darul Falag Gampong Pineueng, Jurnal Mudarrisuna ,volume 7, Nomor 2, Desember 2017
Maya Dewi &Mashuri, Penerapan Metode Bernyanyi dan Media Flah Card untuk Meningkatkan Daya Ingat Anak Dalam Pengenalan Huruf Ijaiyah di Tpa Darul Falag Gampong Pineueng, Jurnal Mudarrisuna ,volume 7, Nomor 2, Desember 2017
Moch. Anwar dan Anwar Abu Bakar, Ilmu Nahwu Terjemahan Matan Al-Jurumiyyah dan Imrithy berikut penjelaasannya, h. 55-56.
Muhammad Ali Al-Khuli. 2010. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Basan Publishing.
Mulyani, Novi. 2017. Pengembangan Seni Anak Usia Dini. Bandung : PT REMAJA ROSDAKARYA.
Nikmah, Khoirotun, Penggunaan Teknik Bernyanyi untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Pada Anak Usia Dini, Universitas Islam Darul Ulum Lamongan.
Novi Mulyani. 2017. Pengembangan Seni Anak Usia Dini. Bandung : PT REMAJA ROSDAKARYA,
Prastiya, Sulih, Skripsi Menyanyi Sebagai Metode Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Santriwan-Santriwati Kelas Umar Bin Khatab Tpa Masjid Pengeran Diponegoro Yogyakarta, (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta : 2010)
Pupuh Fathurrohman dan Sobry Sutikno. 2011. Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum & Konsep Islami. Bandung: PT Refika Aditama,
Ridwan, A.Fajar Awaludin, Penereapan Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Penguasaan Mufrodat Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Raodhatul Atfhal, Jurnal Kependidikan,Fakultas IAIN Bone, volume 13, No.1, Juni 2019.
Riwidikodo, Handoko. 2013. Statistik Kesehatan. Yogyakarta: CV. Rohima Press.
Riyadi, Sugeng, Strategi Pembelajaran Bunyi dan Mufrodat, Jurnal Ilmu Tarbiyah”At-Tajdid”, volume 3, nomor 2, Juli 2014.
Rochayah Machali. 2009. Pedoman bagi Penerjemah: Panduan Lengkap bagi Anda yang Ingin Menjadi Penerjemah Profesional. Bandung: Kaifa.
Rosyid, AbdulWahab. 2009. Media Pembelajaran Bahasa Ara, UIN-Malang Press, Malang.
Sugeng Riyadi, Strategi Pembelajaran Bunyi dan Mufrodat, Jurnal Ilmu Tarbiyah”At-Tajdid”, volume 3, nomor 2, Juli 2014.
Sugiyono, 2009,MetodePenelitianKuantitaif dan Kualitatif, dan R&D, (Bandung: Alfabeta).
Sulih Prastiya, Skripsi Menyanyi Sebagai Metode Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Santriwan-Santriwati Kelas Umar Bin Khatab Tpa Masjid Pengeran Diponegoro Yogyakarta, (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta : 2010)h.13
Syaiful Mustofa. 2011. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Inovatif. Malang : Maliki Press.
Syeikh Musthafa al-Ghalayini, Jami’Al-Durus Al-„Arabiyyah, (Bairut: al-„Ashriyyah, 2005), h. 10-12.
Tayar Yusuf Syaiful Anwar. 1997. Metodologi Pengajaran Agama dan Bahasa Arab. Jakarta: Raja Grafindo.
Tim Penyusun. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2005.
Wasik, Carol Seefeldt. Barbara A, Early Education : Three, Four-, and Five-Year-Olds Go to Scholl, (Pearson Education, Inc, Upper Saddle River, New Jersey 07458).
Zahratun Fajriah,Peningkatan Penguasaan kosa kata bahasa arab (mufrodat) melalui penggunaan media Kartu Bergambar, Jurnal Pendidikan Usia Dini, Volume 9/Edisi 1April 2015.
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/arabia.v12i2.7878
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed By:
Arabia : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab by Program Studi Pendidikan Bahasa Aarab Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License..