Metode Musābaqah Biṭāqah Mukhtaliṭul Kalimah (MBMK) Sebagai Strategi Active Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Arab

Azhar Alam, Umi Nur Kasanah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan metode Musābaqah Biṭāqah Mukhtaliṭul Kalimah dan mengetahui tingkat ke-efektifannya dalam pembelajaran bahasa Arab. Tindakan dalam penelitian ini dilaksanakan dalam dua kegiatan. Masing-masing kegiatan terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1 KMA C pondok pesantren Darusy Syahadah Boyolali yang berjumlah 37 siswa putri. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian lapangan/Field Research dengan pendekatan kualitatif dan dilengkapi dengan data kuantitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Dalam pembelajaran bahasa Arab ditemukan beberapa problematika yang menghambat jalannya proses pembelajaran, diantaranya yaitu adanya rasa kebosanan pada siswa dan kurangnya keaktifan siswa dalam kelas. Dari hasil penelitian, menunjukkan bahwa metode MBMK terbukti dapat meningkatkan keaktifan dan semangat belajar siswa yang berimbas pada meningkatnya hasil belajar siswa. Maka dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran MBMK efektif diterapkan/diaplikasikan dalam pembelajaran bahasa Arab.

 


Keywords


Bahasa Arab; Metode Musābaqah Biṭāqah Mukhtaliṭul Kalimah (MBMK); Active Learning

Full Text:

PDF

References


Baharun, H. (2015). Penerapan Pembelajaran Active Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Madrasah. Jurnal Pendidikan Pedagogik, 01(01), 34–46.

Dewi, E. R. (2018). Metode Pembelajaran Modern Dan Konvensional Pada Sekolah Menengah Atas. Pembelajar: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 2(1), 44–52.

Hidayat, N. S. (2012). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Pemikiran Islam, 37(1), 82–89.

Islam, A. M. S. (2015). Faktor Demotivasi Pembelajaran Bahasa Arab Dalam Persepektif Siswa Madrasah. Arabiyat : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2(1), 1–16.

Iswanto, R. (2017). Pembelajaran Bahasa Arab dengan Pemanfaatan Teknologi. Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab, 1(2), 139–152.

Khaerotin, R. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif 3D Aurora Presentation Untuk Keterampilan Menulis Bahasa Arab. Al Mahara: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 5(1), 1–18.

Martiningsih. (2016). peranan Strategi Active Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Makassar. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(3), 357–364.

Masruroh, U. (2017). Implementasi Strategi Belajar Aktif (Active Learning) Dalam Pembelajaran Tematik Di MIN Kauman Utara Jombang. Skripsi : Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 1–209.

Mentari. (2016). Penerapan Model Active Learning Tipe Card Sort Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Jurang Ubung. Skripsi : Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung, 1–100.

Mubayyinah, N., & Ashari, M. Y. (2017). Efektivitas Metode Active Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas X-A di SMA Darul Ulum 3 Peterongan Jombang. Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 75–93.

Nasution, M. I. P. (2016). Strategi Pembelajaran Efektif Berbasis Mobile Learning Pada Sekolah Dasar. Jurnal Iqra’, 10(01), 1–14.

Rahmawati, L. (2018). Penerapan Metode Musabaqah Bithaqah Mukhtalithul Kalimah ‘MBMK’ untuk Meningkatkan Hasil Belajar Maharah Al - Kitabah Siswa Kelas X D MAN 1 Yogyakarta. Al-Mahara : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(2), 285–308.

Samiudin. (2016). Peran Metode Untuk Mencapai Tujuan Pembelajaran. Jurnal Studi Islam, 11(2), 113–131.

Thoha, M. (2012). Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Pendekatan Manajemen Berbasis Sekolah. Jurnal Okara, 1, 79–90.

Wahyuningsih, S. (2018). Pengaruh Strategi Random Text terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas IV MI Masyariqul Anwar 4 Sukabumi Bandar Lampung. Skripsi : Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 1–69.

Yaman, B. (2015). Pelaksanaan Metode Active Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus Siswa Kelas X SMKN 9 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015). Skripsi : Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 1–14.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/arabia.v12i2.7478

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/moraref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/mende.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/ipi.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpg

Creative Commons License
Arabia : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab by Program Studi Pendidikan Bahasa Aarab Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License..