Pengaruh Metode PQ4R terhadap Peningkatan Maharah Qira'ah di Madrasah Ibtidaiyah
Abstract
Penulisan ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar yang rendah siswa dalam pelajaran Bahasa Arab yang menandakan perlunya pembaharuan dalam proses pengajaran. Penilitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui maharah qira’ah siswa kelas V sebelum menerapkan metode PQ4R di MINU Tratee Putera Gresik, (2) Mengetahui pengaruh metode PQ4R terhadap peningkatan maharah qira’ah siswa di MINU Tratee Putera Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis quasi eksperimen. Populasi penelitian mencakup siswa kelas V ICP dan Tahfidz di MINU Tratee Putera Gresik, dengan total 70 siswa. Instrumen penelitian terdiri dari tes pemahaman membaca, lembar observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum perlakuan (pretest), siswa memiliki nilai rata-rata maharah qira’ah pada kelas eksperimen sebesar 68,63 dan pada kelas kontrol sebesar 68,69, sedangkan setelah menerapkan metode PQ4R, nilai rata-rata meningkat menjadi 86,09 pada kelas eksperimen. Analisis inferensial menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest, dengan nilai signifikansi (p-value) sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini mengindikasikan bahwa metode PQ4R secara signifikan mempengaruhi peningkatan maharah qira’ah siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adiningsih, R., Reza, R., & Riyadi, R. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran PQ4R Sistem Daring dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X di SMA Negeri 2 Balikpapan Tahun Ajaran 2020/2021. Journal of Economics Education and Entrepreneurship, 2(2), 49. https://doi.org/10.20527/jee.v2i2.3977
Al Ghozi, H. G., Khalisa, N., & Nadiyyana, S. (2024). Upaya Peningkatan Maharah Kalam dan Qira’ah Melalui Kegiatan HABIBA (Hari Bahasa Inggris Bahasa Arab) di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Medan. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(12).
Ali Mursyid, Chyril Futuhana Ahmad, Anggun Kurnia Dewi, & Agnes Yusra Tianti. (2023). Penerapan Kurikulum Merdeka dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di Purwakarta. Al-Fahim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 173–187. https://doi.org/10.54396/alfahim.v5i1.566
Anas, Ibad, A. Z., Anam, N. K., & Hariwahyuni, F. (2023). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) (Studi Analisis Kebijakan KMA RI No. 347 Tahun 2022). Journal of Creative Student Research (JCSR), 1(1), 99–116.
Annas, A., Mukarom, A. M., & Sutiah. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Prodi Pendidikan Bahasa Arab di IAIN Kudus dan STAI Al- Mujtahadah Pekanbaru. Arabia: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 15(1), 1–14.
Arifa, L. W. (2021). Penerapan Metode Pq4r Untuk Meningkatkan Keterampilan Menemukan Makna Tersirat Suatu Teks Di Kelas Vi Sdn Sukorejo 3 Kota Blitar.pdf. Jurnal Pembelajaran Dan Riset Pendidikan, 1(2), 355–366.
DESTI, K. (2024). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW (PQ4R) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPS PESERTA DIDIK KELAS V SDN 2 GUNUNG SULAH BANDAR LAMPUNG.
Dihan, W., Hidayat, M., & Nugraha, U. (2022). Penerapan Metode PQ4R untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VI SD. Jurnal Pendidikan TematiK DIKDAS, 7(1), 88–100.
Dzambiyah, A., Rakhman, P. A., & Rokmanah, S. (2024). Analisis Kesulitan Siswa SD dalam Mengidentifikasi Ide Pokok Paragraf di SDN Sempu 2. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 10(1), 17–23.
Fakih Khusni, M., Munadi, M., & Matin, A. (2022). Impelementasi Kurikulum Merdeka Belajar di MIN 1 Wonosobo. Jurnal Kependidikan Islam, 12(1), 60–71. https://doi.org/10.15642/jkpi.2022.12.1.60-71
Fiddienika, A. (2023). استخدام وسائط الكتب المنبثقة في تحسين إتقان مفردات لطلاب YPS الابتدائية في منجاروبي—جوا. Arabia: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 15(1), 15–28.
Fitroh, I., Rosidi, M. I., & Juniarti, G. (2024). SOSIALISASI MENINGKATKAN LITERASI MEMBACA SISWA DI SMP NEGERI 2 GORONTALO. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 2468–2473.
Hasibuan, M. N., & Sa’diyah, H. (2023). Metode Contextual Teaching And Learning Dalam Pembelajaran Maharah Qira’ah.pdf. Jurnal Revorma, 3(1), 26–41.
Hendrayani, A. (2018). Peningkatan minat baca dan kemampuan membaca peserta didik kelas rendah melalui penggunaan reading corner. Jurnal Penelitian Pendidikan, 17(3), 235–248.
Hermawan, A. (2014). Metodologi pembelajaran bahasa arab. Remaja Rosdakarya.
Kartika, A. D. A., & Rosidah, C. T. (2024). PQ4R METHOD ON SHORT STORY READING SKILLS. JOURNAL OF HUMANITIES AND SOCIAL STUDIES, 2(02), 326–331.
Menteri Agama Republik Indonesia. (2022). Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia No 347 Tahun 2022 Tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Madrasah. In Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 347 Tahun 2022 (Issue Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Madrasah, pp. 1–60).
Mushoffa, M. H., & Irhas, M. (2023). تطوير الوسائل التعليمية على أساس تطبيق ويب لينك فلاي (Linkfly) لمهارة القراءة لطلاب الفصل الثامن بالمدرسة مفتاح العلوم المتوسطة الإسلامية بقدس. Arabia, 15(1), 127–140.
Mustajab, A., Selestin, Y. D., Rahmawati, P., & Widya, A. F. (2021). Perbedaan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa pada Model Pembelajaran PQ4R Mata Pelajaran Bahasa Indonesia.pdf. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 194–202.
Nisrinafatin, N. (2020). Pengaruh game online terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 135–142.
Nofia, C., Widodo, S., & Suneki, S. (2024). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 KENDAL. CIVIS: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Pendidikan Kewarganegaraan, 13(1), 12–23.
Rahmah, A., & Salsabila, H. (2024). Meningkatkan Kemampuan Membaca Cepat. Jurnal Bima: Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(1), 169–175.
Rahman, R. A. (2019). KEMAHIRAN QIRA’AH DAN KONSIDERASI STRATEGI PEMBELAJARAN (Telaah kritis atas tahapan-tahapan pembelajar bahasa Arab). Lisanan Arabiya: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2(1), 97–120. https://doi.org/10.32699/liar.v2i01.555
Rahmawati, S., Yani, A., Hindun, S., & Hakim, L. (2022). Media Permainan Bahasa Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Al-Naqdu Kajian Keislaman, 3(2), 1–8.
Ridwan, R., & Awaluddin, A. F. (2019). Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Penguasaan Mufradat Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Raodhatul Athfal. In DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan (Vol. 13, Issue 1, pp. 56–67). https://doi.org/10.30863/didaktika.v13i1.252
Safitri, W., Nurhayati, & Afrizawati. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Flashcard Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas II Di SDI Integral Luqman Al Hakim 02 Batam. In Jurnal AS-SAID (Vol. 1, Issue 2, pp. 52–59).
Saparina, S., & Saputra, Y. (2024). Implementasi Program Bimbingan Belajar Membaca Pada Peserta Didik Disleksia Di MIS Hidayatul Mubtadi’in. Journal of International Multidisciplinary Research, 2(3), 60–65.
Sari, L. M., & Zunidar, Z. (2024). PENGARUH STRATEGI READ ALOUD PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI PENGGUNAAN TANDA BACA DI KELAS II MIN 4 KOTA MEDAN. Research and Development Journal of Education, 10(1), 400–408.
Supratiwi, S. (2024). Implementasi Strategi Pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas X. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1166–1174.
Uliyah, A., & Isnawati, Z. (2019). Metode Permainan Edukatif Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Shaut al Arabiyyah, 7(1), 31. https://doi.org/10.24252/saa.v1i1.9375
Utami, S. (2023). Innovation of Mahārah Qirō’ah Assessment Based on Language Tests in The Book Al-Qirō’ah Al-Rosyīdah. Arabia: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 15(1), 93–108.
Wahdah, Y. A. (2018). Faktor-faktor kesulitan siswa dalam membaca teks bahasa arab. Alsuniyat: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, Dan Budaya Arab, 1(1), 30–46.
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/arabia.v15i2.27076
Refbacks
Indexed By:
Arabia : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab by Program Studi Pendidikan Bahasa Aarab Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License..