Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Melalui Magang bagi Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab di Perguruan Tinggi

Abdul Mutholib, Fuad Munajat

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan model pembelajaran di luar kampus, dan pelaksanaan Program Magang bagi mahasiswa Program Studi PBA di Perguruan Tinggi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berjenis studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Implementasi kurikulum MBKM di Prodi PBA dilakukan dengan mendesain kurikulum, mengorganisasikan matakuliah dengan struktur kurikulum yang disesuaikan dengan kebijakan MBKM Kemendikbud, dan menetapkan alur pelaksanaan Kurikulum MBKM; (2) Terdapat 2 model pembelajaran di luar Kampus bagi mahasiswa Prodi PBA, yaitu model pembelajaran yang diselenggarakan oleh Kemendikbud, dan model kegiatan merdeka belajar yang diselenggarakan oleh PT secara mandiri. Adapun implementasi program magang di Prodi S1 PBA dilakukan dengan menawarkan dua pilihan, yaitu Program Magang Bersertifikat dari Kemendikbud, dan Program Magang dari PT bekerjasama dengan mitra IDUKA yang relevan dengan prodi PBA guna mendukung minat/keahlian dan profesi sebagai pendidik bahasa Arab.

Keywords


Kurikulum Merdeka, Magang Bersertifikat, Mitra IDUKA

Full Text:

PDF

References


Ainin, M. (2016). Metodologi Penelitian Bahasa Arab. CV. Bintang Sejahtera.

Al-Fauzan, A. R. I. (2011). Idha’at Li Mu’allim al-Lughah al-‘Arabiyah Li Ghairi al-Nathiqina Biha. Maktabah Al-Malik Fahd Al-Wathoniyah.

Al-Hariry, M. R. (2014). Waqai’ Mu’tamar al-Tajdid al-Tarbawi abara Tadrib al-Mu’allimin (Silsilah al-Tajdid al-Tarbawiy al-Ishdar al-Tsani). Markaz al-Thiba’ah al-Haditsah.

Annas, Azwar. , A. M. Mukarom. , S. S. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Prodi Pendidikan Bahasa Arab di IAIN Kudus dan STAI Al-Mujtahadah Pekanbaru. Arabia: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 15(1), 1–14.

Mutholib, A. and S. C. E. (2021). Pendidikan Bahasa Arab: “Arabic Teacher, Who, How and Why in Digital Era?” Nusa Litera Inspirasi.

Azkiah, H., & Hamami, T. (2021). Desain Pengembangan Kurikulum 2013 dalam Meningkatkan Kemampuan Critical Thinking. Bintang: Jurnal Pendidikan Dan Sains, 3(April), 77–93.

Cardoso, A. P. (2002). Towards A New Direction in Teacher Training Practices in View of New Challenges. The European Conference on Educational Research.

Creswell, J. W. (2013). Penelitian Kualitatif & Desain Riset (Memilih di antara Lima Pendekatan), Terj. dari Qualitatif Inquiry & Research Design Choosing among Five Approaches. Pustaka Pelajar.

Damaianti, S. A. dan V. S. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. PT. Remaja Rosdakarya.

Dirjen Dikti, K. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka. https://doi.org/10.31219/osf.io/ujmte

Er, H. S. and R. K. (2016). A New Challenge for Special Education Teacher Training in Turkey: The Newest and Applied Master’s Degree Program’s Effects. Journal of Education and Practice., 7(35), 1–8.

Fadlullah, M. R. (2011). Mu’allim al-Lughah al-‘Arabiyah: Ma’ayir I’dadihi-wa Mutathalabatu Tadribih (Dirasat wa Buhuts). ‘Alam al-Kutub.

Farswan, D. S. (2017). Innovative Practices in Teacher Education in India. International Journal of Current Research, 9(4), 49593-49596.

https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang/article/view/1147

Huma, H. (2021). Desain Pengembangan Kurikulum. Jurnal Pendidikan Islam Al- Ilmi, 4(1), 47–59. https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v4i1.849

Juklová, K. (2015a). Innovations in the Practical Training for Future Czech Teachers from the Perspective of their Educators. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 526–534.

Juklová, K. (2015b). Reflection in Prospective Teacher Training. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 891–896.

Moleong, L. J. (1990). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Parveen, S., & Mirza, N. (2012). Internship Program in Education: Effectiveness, Problems and Prospects. International Journal of Learning and Development, 2(1), 487–498. https://doi.org/10.5296/ijld.v2i1.1471

Petkevičienė, R. M. (2016). the Development of Pedagogical Internship : Mentor and Student. 10(2), 250–273.

Priyatma, J. E. (2021). Menyikapi Kebijakan MBKM. 1–16.

Puslitjakdikbud. (2021). Kesiapan Perguruan Tinggi dalam Penerapan Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Risalah Kebijakan Puslitjakdikbud, 2021. https://fitk.uinjkt.ac.id/kesiapan-perguruan-tinggi-dalam-penerapan- kebijakan-merdeka-belajar-kampus-merdeka/

Shalih, K. A. M. U. (2014). Barnamij Muqtarah li Tathwiri al-Tarbiyah al- Amaliyah bi Kulliyati Tarbiyah bi Jami’ati Gharb Kardafan fi Dhou’i al- Ittijahat al-‘Arabiyah al-Mu’ashirah.

Teachers from the Perspective of their Educators. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 526–534.

Yunus, M. (Ed.). (2022). Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (I). CV. Literasi Nusantara Abadi.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/arabia.v15i2.25097

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/moraref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/mende.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/ipi.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpg

Creative Commons License
Arabia : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab by Program Studi Pendidikan Bahasa Aarab Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License..