Ragam Permainan Edukatif Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Digital

Tri Pujiati, Febriana Mutiara Bintang, Viona Fira Dilla Dilla

Abstract


 

ملخص

يهدف هذا البحث إلى معرفة كيفية استخدام الألعاب التعليمية الرقمية في تعلم اللغة العربية بحيث تصبح لعبة تعليمية ممتعة للطلاب. وينبع هذا النقاش من عدم اهتمام الطلاب ومللهم بتعلم اللغة العربية. طريقة البحث المستخدمة في هذا البحث هي الطريقة الوصفية النوعية، لأن خصائص بيانات البحث تهتم أكثر بتفسير البيانات الموجدة.  أما الاستنتاج من هذا البحث هو أن استخدام  الألعاب التعليمية الرقمية في تعلم اللغة العربية  كمثل   quizizzو quizwhizzer يمكن أن يكون ألعابا تعليمية ممتعة للطلاب في تعلم اللغة العربية.

الكلمات الرئيسية: لعبة تعليمية، الرقمي، تعليم اللغة العربية

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi permainan edukatif berbasis digital dalam pembelajaran bahasa Arab sebagai game edukatif yang menyenangkan bagi peserta didik. Pembahasan ini berangkat dari ketidaktarikan dan sikap bosan siswa dalam pembelajaran bahasa Arab. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, karena karakteristik data hasil penelitian lebih berkenaan dengan interpretasi terhadap data yang ditemukan. Adapun kesimpulan dari penelitian ini bahwa permainan edukatif berbasis digital dalam pembelajaran bahasa Arab seperti quizizz dan quizwhizer dapat menjadi game edukatif yang menyenangkan bagi siswa dalam pembelajaran bahasa Arab.

Kata kunci: Permainan Edukatif, Digital, Pembelajaran bahasa Arab

 


Full Text:

PDF

References


Andri Setiawan, Henry Praaherdhiono, Sulthoni. 2019. “Penggunaan Game Edukasi Digital Sebagai Sarana Pembelajaran Anak Usia Dini.” JINOTEP (Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaraan) 6(1):39–44.

Azmi, Fadilah Al. 2023. “Al-Muyassar : Journal of Arabic Education Peranan Game Based Learning Dengan Aplikasi Quizizz Dalam Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Arab.” 2(1):50–66.

Febriani, Erma. 2020. “Permainan Scrabble Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab.” 1057–64.

Koroh, Tince Dormalin. 2023. “Peningkatan Kemandirian Belajar Dan Motivasi Belajar Mahasiswa Menggunakan Model Pembelajaran Daring Dipadukan Dengan Gamifikasi Quizizz.” Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Vokasional 5(1).

Muhammad Akil Musi, Sadarruddin, Mulyadi. 2017. “Implementasi Permainan Edukatif Berbasis Budaya Lokal Untuk Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak.” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1(2).

Oktavian, Anisa Widhi, Dita Wahyuni, and Farida Istiani. 2023. “Penerapan Aplikasi Quizwhizzer Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Materi Keragaman Budaya Di Indonesia Kelas V Di SD Negeri Lajuk Sidoarjo.” ENTINAS: Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Pembelajaran 1(1):106–14.

Rofiqy, Febi Hasta. 2022. “Permainan Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab.” (October).

Uliyah, Asnul and Zakiyah Isnawati. 2019. “Metode Permainan Edukatif Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” Shaut Al-’Arabiyah 7(1):31–43.

Ulya, Maziyatul. 2021. “Penggunaan Educandy Dalam Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia.” Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 10(1):55.

Veronica, Nina. 2018. “Permainan Edukatif Dan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini.” PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini 4(2):49–55.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/arabia.v15i2.23950

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/moraref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/mende.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/ipi.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpg

Creative Commons License
Arabia : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab by Program Studi Pendidikan Bahasa Aarab Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License..