Implementasi Pendidikan Karakter Terhadap Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan dan Keteladanan

Endah Purwanti, Dodi Ahmad Haerudin

Abstract


Degradasi moral dalam menanamkan nilai karakter pada anak merupakan sarana paling penting dalam pilar pendidikan terhadap upaya pembinaan dedikasi yang positif bagi anak dalam menghormati suatu aturan tatanan hidup seperti etika dan pola tingkah laku. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter terhadap anak usia dini melalui pembiasaan dan keteladanan dengan karakter yang difokuskan hanya pada karakter disiplin. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan studi fenomenologis. Penelitian ini dilaksanakan di RA Al-Istiqomah. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa proses penerapan karakter disiplin melalui pembiasaan dan keteladanan di RA Al-Istiqomah dapat dilihat dari penekanan nilai-nilai keagamaan yang menjadi salah satu pemantik atau nilai yang ditekankan terhadap relativitas moral sebagai suatu kefungsian dalam membangun kepemimpinan moral (disiplin diri) dengan berimplikasi pada 4 karakter meliputi religius, tanggung jawab, rasa hormat, serta disiplin sebagai penguatan serta dasar pemikiran dan perilaku siswa. Kebiasaan (habituasi) yang realisasinya yaitu dengan kegiatan rutin, kegiatan spontan/insidental, kegiatan terprogram dan keteladanan yang diterapkan dengan cara yang dapat dilihat anak, cara guru atau pendidik memberikan contoh pada anak dengan cara merespon orang-orang yang membutuhkan disekitar. Hal ini merupakan suatu wujud modifikasi perilaku yang dirancang untuk meningkatkan perilaku yang sesuai dan sebagai pendorong terhadap konsistensi suka rela dengan mematuhi akan pengenalan peraturan-peraturan terhadap kebiasaan moral.


References


Ananda, Lisa Rahmi & Kristiana, Ika Febrian. 2017. Studi Kasus Kematangan Sosial Pada Siswa Homeschooling. Vol. 6 (1)

Cahyaningrum, Eka Sapti, dkk. 2017. Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Dan Keteladanan. Vol. 6 (2)

Hidayati, Nurul, dkk. 2019. Upaya pembiasaan karakter Islami pada Anak Kelompok B Usia 5-6 Tahun di Raudhatul Athfal Tarbiyatush Shibyan Kabupaten Malang. Vol. 1 (2)

Lickona, Thomas. 2012. Character Matters: Persoalan Karakter. Alih Bahasa. Juma Abdu Wamaungo & Jean Antunes Rudolf Zien. Editor. Uyu Wahyuddin & Suryani. Jakarta: Bumi Aksara

Lickona, Thomas. 2013. Pendidikan Karakter: Mendidik untuk membentuk bagaimana sekolah Dasar mengajarkan sikap hormat dan tanggung jawab. Alih Bahasa. Juma Abdu Wamaungo. Jakarta: Bumi Aksara

Mayasarokh, Mira & Rohman, Arif. 2019. Implementasi Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini di Kelompok Bermain Rabbani. Vol. 6 (1)

Puspitasari, Euis. 2014. Pendekatan Pendidikan Karakter. Vol. 3 (2)

Sabartiningsih, Mila, dkk. 2018. Implementasi Pemberian Reward Dan Punishment Dalam Membentuk Karakter Disiplin Anak Usia Dini. Vol. 4 (1)

Shoimah, Lailatus, dkk. 2018. Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan Di Sekolah Dasar. Vol. 1 (2)

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: ALFABETA

Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: KENCANA PRENADA MEDIA GROUP




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/thufula.v8i2.8429

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/19.jpg

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional