Pengenalan Keanekaragaman Suku Agama Ras dan Antar Golongan (SARA) untuk Menumbuhkan Sikap Toleransi Pada Anak Usia Dini

A. Tabi'in

Abstract


Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana sekolah RA mengenalkan keanekaragaman SARA dalam menumbuhkan sikap toleransi pada AUD di RA se Kota Pekalongan. Metode penelitian ini kualitatif deskriptif sehingga Peneliti mengkaji satu persatu data yang didapat dari RA Kota Pekalongan dan kemudian mendeskripsikan data tersebut secara sinergis sesuai yang ada di lapangan. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan model Miles dan Huberman selama berada di lapangan. Aktivitas dalam analisis data meliputi data reduction, data display, conclusion dan verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam mengenalkan keanekaragaman SARA dalam menumbuhkan sikap toleransi pada anak usia dini yaitu: a. Sekolah mengajarkan dan mengajak anak-anak untuk berkunjung ke tempat-tempat yang beragam mulai tempat ibadah, suku atau etnis yang ada disekitar sekolah, mengajak anak untuk berfikir kritis dan menanamkan nasionalisme dan karakter kebangsaan sejak dini melalui kegiatan belajar mengejar yang ada. b. peran pendidik sangat penting dalam mengenalkan sikap toleransi dengan bertindak sebagai fasilitator, motivator, demonstrator dan evaluator dalam kegiatan pembelajaran.


References


Abdila, M. 2003. Toleransi Beragama dalam Masyarakat Demokrasi dan Multikultural. (Dalam Konflik Komunal di Indonesia Saat Ini). Leiden: INIS.

Agger, B. 2014. Teori Sosial Kritis, Kritik, Penerapan dan Implikasinya. Yogyakarta: Kreasi Wacana.

Agung, Dewa Agung Gede. n.d. “Keragaman Keberagamaan (Sebuah Kodrati Kehidupan Berbangsa Dan Bernegara Berdasarkan Pancasila),” 9.

Alaluddin. 1996. Psikologi Agama, Jakarta : Rajawali Perss.

Anonim. 2009. Prinsip-Peinsip Toleransi Antar Umat Agama. Dipetik Maret Senin, 2009, dari (http://www.pesantrenvirtual.com.

Azwar, Saifuddin. 1997. Metode Penelitian. Jokjakarta: Pustaka Pelajar.

Echikwomye, B. 2013. Security Challenges in Africa: The Role of International Community in Conflict Resolution in Nigeria. International Journal of African and Asia.

Jalaludin. 1996, Psikologi Agama, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Jumiatmoko, Jumiatmoko. 2018. “Peran Guru Dalam Pengembangan Sikap Toleransi Beragama Pada Anak Usia Dini.” ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal 6 (2).

Kunci, Kata. 2012. “Value Diversity’ Learning To Building For Character’ Student In Inclusive Elementary School.” Jurnal Pendidikan Karakter, 10.

Mahfud Choirul, 2008. Pendidikan Multikultural, Yogyakarta.Pustaka Pelajar.

Moleong Lexy J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Piaget, Jean, & Barbel Inhelder. 2010. Psikologi Anak, Terj. Miftahul Jannah, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, Cet. 1.

Rahman, A., & Kambali. 2013. Religious Tolerance in Malaysia: Problems and Challenges. Internasional Journal of Ismaic Challeneges.

Rahman Abdul, Agus. 2013. Psikologi Sosial: Integrasi Pengetahuan Wahyu dan Pengetahuan Empirik. Jakarta: Rajawali Pers.

Riswanti Yulia. 2008. Urgensi Pendidikan Islam dalam Membangun Multikulturalisme. Jurnal Kependidikan Islam Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Vol. 3,No.2.

Sitorus, Ahmad Syukri. 2017. “Pendidikan Multikultur Pada Pendidikan Anak Usia Dini,” 13.

Suparlan, Parsudi. 2014. “Bhinneka Tunggal Ika: Keanekaragaman Sukubangsa atau Kebudayaan?” Antropologi Indonesia 0 (72).

Tabi’in, A. 2017. “Pengelolaan Pendidikan Karakter Disiplin Anak Usia Dini Studi Kasus Di Al-Muna Islamic Preschool Semarang.” AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak 3 (1).

Tabi’in, Ahmad. 2017. “Menumbuhkan Sikap Peduli Pada Anak Melalui Interaksi Kegiatan Sosial.” IJTIMAIYA 1 (1).

———. 2019. “Implementation of STEAM Method (Science, Technology, Engineering, Arts And Mathematics) for Early Childhood Developing in Kindergarten Mutiara Paradise Pekalongan” 02 (1).

Yaqin Ainul M, 2007. Pendidikan Multikultural Cross-Cultural Understanding untuk Demokrasi dan Keadilan, Yogyakarta.Pilar Media.

Yusri Muhammad FM. 2008. Prinsip Pendidikan Multikulturalisme dalam Ajaran Agama-agama di Indonesia. Jurnal Kependidikan Islam Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Vol. 3,No.2.

Zainuddin, 2010. Plurarisme Agama Pergulatan Dialogis Islam-Kristen di Indonesia, UIN : Maliki Perss.

Zubaidi. 2004. Telaah Konsep Multikulturalisme dan Implementasinya dalam Dunia Pendidikan. Hermina Vol.3 no.1.p.77.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/thufula.v8i2.7246

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/19.jpg

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional