Penanaman Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan

Sri marwiyati

Abstract


Penelitian ini betujuan untuk mengetahui pembiasan-pembiasan apa yang dilakukan di RA Miftahul Falah dalam menanamkan pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dan penelitian lapangan. Pendidikan  karakter pada anak usia dini menjadi pondasi awal dan paling utama dalam keberhasilan pendidikan pada jenjang berikutnya. Hasil penelitian menunjukkkan bahwa pendidikan karakter dilaksanakan setiap hari melalui pembiasaan yang dilakukan secara rutin. Dalam pengembangan religius, anak-anak RA Miftahul Falah selalu dibiasakan membaca asmaul husna serta surat pendek bersama-sama setiap hari, serta praktik ibadah setiap satu minggu sekali. Pengembangan peduli sosial diwujudkan dalam kegiatan amalan jumat dan amalan ramadhan. Makan bersama dan berbagi bekal juga sebagai sarana penanaman pendidikan karakter bagi anak yaitu mengembangkan rasa empati, disiplin, mandiri, peduli sosial, tanggung jawab. Tujuan utama dari pembiasan-pembiasaaan yang telah dilakukan oleh RA Mifthaul Falah adalah membangun karakter anak berakhlak mulia, pribadi anak yang bermoral, memiliki sopan santun, dan kebiasaan-kebiasaan yang baik

References


Aulina, Choirun Nisak. 2013. “Penanaman Disiplin Pada Anak Usia Dini.” PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan 2(1):36.

Darmila, Lilis, Humaidah Br Hasibuan, and Nunzairina. 2018. “PENGARUH METODE BERCERITA TERHADAP PERKEMBANGAN KOKAKATA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA HAJJAH SITI SYARIFAH KECAMATAN MEDAN TEMBUNG.” Jurnal Raudhah 06(01):1–8.

Hariyanto, Mukhlis Samani. 2013. 2013. Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Bandung: Rosdakarya.

Hasanah, Nur, Program Studi, Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Negeri, and Pengertian Orang Tua. 2017. “Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Melalui Ranah.” Prosiding Seminar Nasional.

Listiyarti, Retno. 2012. Pendidikan Karakter Dalam Metode Aktif, Inovatif, Dan Kreatif. Jakarta: Esensi, 2012.

Moleong, Lexy J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.

Munawar, Budhy. 2015. PENDIDIKAN KARAKTER Pendidikan Menghidupkan Nilai Dan Pesantren, Madrasah, Dan Sekolah. Jakarta: The Asian Foundation, LSAF dan ALIVE Indonesia.

Nawawi, Hadari. 2012. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Prees.

Rahayu, Aprianti Rahayu. 2013. Menumbuhkan Kepercayaan Diri Melalui Kegiatan Bercerita. Jakarta: PT. Indeks.

Srianita, Yossi, Ma Ruf, and Sri Martini Meilanie. 2020. “Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini ”Pembentukan Karakter Dalam Pendidikan Makan ( Studi Kasus Di Raudhatul Athfal Istiqlal Jakarta ) Abstrak.” 4(1):152–61.

Sudaryanti. 2012. “Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Anak, UNY Yogyakarta 1(1):11–20.

Syarbaini, Syahrial. 2011. Pendidikan Pancasila Di Perguruan Tinggi, Implementasi Nilai-Nilai Karakter Bangsa. Bogor: Ghalia indonesia.

Wibowo, Agus. 2017. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter; Konsepsi Dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Zubaida. 2016. “Implementasi Pendidikan Karakter Anak Usia Dini.” Jurnal Madaniyah 1:124–42.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/thufula.v8i2.7190

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/19.jpg

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional