Problem Based Learning (PBL) Model dalam Melatih Sikap Mandiri Anak Luar Biasa

maria ulfa

Abstract


Sikap mandiri sangat penting bagi anak usia dini hususnya anak luar biasa. Sikap mandiri ini tidak tumbuh dengan sendirinya, Hal ini memerlukan latihan dan metode yang tepat. Metode tersebut ialah Pembelajaran Berbasis Masalah yang di terapkan pada anak usia dini di sekolah Inklusi. Sekolah Inklusi merupakan sekolah yang menggabungkan antara anak biasa dan luar biasa. Peneliti selanjutnya melakukan penelitian dengan menggunakan pendekatan psikologis, metode kualitatif deskriptif, di TK Inklusi Pelangi Anak Negri Jogjakarta. Pemerolehan data di sekolah ini melalui 3 cara yaitu, observasi, dokumentasi dan wawancara. Peneliti mengamati dan terlibat langsung dengan anak-anak saat proses bermain, belajar, dan kegiatan lainnya. Peneliti kemudian mengamati setiap fenomena yang terjadi. Kesimpulan dalam penelitian ini, bahwa model pembelajaran berbasis masalah dapat melatih sikap mandiri anak luar biasa sejak usia dini.

Keywords


Pembelajaran berbasis masalah; sikap mandiri; sekolah inklusi

References


Ali, M., & Asrori, M. (2014). Metodologi & Aplikasi Riset Pendidikan (1st ed.). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Famili, T. P. (2006). Membuat Prioritas, Melatih Anak Mandiri (5, ed.). Yogyakarta: KANISIUS.

Jenderal, K. P. N. D. (2011). Pendidikan Anak Usia Dini, Non Formal, Dan Informal. Jurnal Ilmiah, 35.

Martinis Yamin dan Jamilah S.S. (2013). Panduan PAUD. Ciputat: Gaung Persada press Group.

Putra, S. R. (2013). Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasia Sains. Jogjakkarta: Diva Press.

Rusman. (2010). Seri Manajemen Sekolah Bermutu, Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Problematika Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sa’ida, N., & Dkk. (2017). Problem Based Learning sebagai Upaya Pengenalan Konsep Pengukuran pada Anak Usia Dini. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 3(3c), 212.

Sani, R. A. (2015). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Spradlley., J. P. (1980). Participant Observation. New York: CA: Holt, Rinehart and Winston.

Suhandi, A., & Kurniasari, D. (2019). Meningkatkan Kemandirian Siswa Melalui Model Pembelajaran. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(I), 125–137.

Suryadi. (2019). PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH ( Penelitian Tindakan Kelas Pada Kelompok A PAUD Anak Bangsa Kota Serang Provinsi Banten , Tahun Ajaran 2017 / 208 ). PERNIK PAUD, 2(1).

Susanto, A. (2015). Bimbingan & Konseling di Taman Kanak-kaanak (pertama). Jakarta: KENCANA.

Sutirman. (2013). Media dan Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Graha Ilmu.

Tabany, T. I. B. Al. (2015). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Prograsis, dan Kontekstual: Landasan dan Implementasinta pada Kurikulum 2013 (Kurikulum tematik integratif) (T. Titik Triwulan, ed.). Jakarta: prenanda medi group.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/thufula.v8i2.6702

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/19.jpg

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional