Intersection of Animated Films, Religious Education, and Parenting: A Phenomenological Study
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad Susanto. (2014). Pendidikan Anak Usia Dini. PT Rinerka Cipta.
Aini, S. A. N., Rahmawati, A., & Jumiatmoko, J. (2021). Penerapan
Video Animasi Interaktif untuk Mengenalkan Nilai-nilai Keagamaan pada Anak. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 9(2), 313. https://doi.org/ 10.21043/thufula.v9i2.11893
Aslan, A. (2019). Peran Pola Asuh Orangtua di Era Digital. Jurnal Studia
Insania, 7(1), 20. https://doi.org/10.18592/ jsi.v7i1.2269
Asmawati, L. (2020). Peran Orangtua Dalam Penggunaan Film
Animasi Islami Untuk Pembelajaran Anak Usia Dini. Prosiding
Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Sultan Ageng
Tirtayasa, 3(1), 216–223.
Asti, I. (2017). Strategi Pengembangan Moral dan Nilai Agama
Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), 51–64.
Atmojo, A. M., Sakina, R. L., & Wantini, W. (2021). Permasalahan
Pola Asuh dalam Mendidik Anak di Era Digital. Jurnal Obsesi :
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1965–1975. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1721
Ayun, Q. (2017). Pola Asuh Orang Tua dan Metode Pengasuhan
dalam Membentuk Kepribadian Anak. ThufuLA: Jurnal
Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(1), 102. https://
doi.org/10.21043/thufula.v5i1.2421
Benga Olla, M., Catharina Daulima, N. H., & Eka Putri, Y. S. (2018). The experience of parents implementing authoritarian parenting
for their school-age children. Enfermeria Clinica, 28, 122–125.
https://doi.org/10.1016/S1130-8621(18)30050-0
Creswell. (2014). penelitian kualitatif & desain riset (Edisi 3).
Pustaka Pelajar.
Dunham et al. (2012). Poisonous parenting: Toxic relationships
between parents and their adult children. In Poisonous
Parenting: Toxic Relationships Between Parents and their
Adult Children. https://doi.org/10.4324/9780203852422.
Erzad, A.M. (2017). Peran Orangtua dalam Mendidik Anak Sejak
Dini Di Lingkungan Keluarga. Thufula.
Fajrur, M., & Febriana, P. (2022). Penggunaan New Media di
Kalangan Orang Tua Golongan Millenial sebagai Media Pola
Asuh Anak Masa Kini di Era Digital. ThufuLA: Jurnal Inovasi
Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 10(1), 181. https://doi.
org/10.21043/thufula.v10i1.13558
Fitriana, S. (2019). Kurangnya Bahasa Ekspresif Pada Anak Usia 5
Tahun. Al fitrah.
Garner, P. W., Shadur, J. M., & Dunsmore, J. C. (2023). Mothers’
beliefs about emotions and authoritarian parenting as
predictors of young children’s behavioral problems. Mental
Health & Prevention, 30, 200264. https://doi.org/10.1016/
j.mhp.2023.200264
Gledhill, D. (2020). Chris Athey (1924–2011): 147Integrating
Piagetian principles into Froebelian pedagogy. In British
Froebelian Women from the Mid-Nineteenth to the TwentyFirst Century (pp. 146–162). Routledge.
Husnaini. (2020). Pembentukan karakter anak melalui tontonan
film kartun nussa.
Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini No 137 Tahun 2014,
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik
Indonesia 1 (2014).
Lang, D. (2020). Parenting and Family Diversity Issues. Parenting
and Family Diversity Issues. https://doi.org/10.31274/isudp.8
Marani. (2017). Kurikulum Bagi Anak Berkebutuhan Khusus
(ABK). Jurnal Studia Insania, 5(2), 105–119.
Muhibuddin Junaidi. (2020). Perkembangan Jiwa Beragama pada
Masa Anak-Anak Al-Ikhtibar. Ilmu Pendidikan, 7 no 2.
Mulyasa, E. (2016). Manajemen PAUD. PT Remaja rosdakarya.
Padjrin, P. (2016). Pola Asuh Anak dalam Perspektif Pendidikan
Islam. Intelektualita, 5(1), 1. https://doi.org/10.19109/
intelektualita.v5i1.720
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 137 Tahun
Tentang Standar Pendidikan Nasional Anak Usia Dini.
Jakarta: Depdiknas. (2014).
Rahman, M. H., Kencana, R., & NurFaizah, S. P. (2020). Pengembangan
nilai moral dan agama anak usia dini: panduan bagi orang
tua, guru, mahasiswa, dan praktisi PAUD. Edu Publisher.
Rahmat, S. T. (2018). Pola Asuh yang Efektif dalam Mendidik Anak
di Era Digital.
Rakhmat, J. (2007). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja
Rosdakarya.
Sa’dun Akbar, dkk. (2019). Pengembangan Nilai Agama dan Moral
bagi Anak Usia Dini. PT Refika Aditama.
Salis Hijriyani, Y., & Astuti, R. (2020). Penggunaan Gadget pada
Anak Usia Dini dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0.
ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal,
(1), 015. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i1.6636
Simarmata et al. (2020). Elemen-Elemen Multimedia untuk
Pembelajaran.
Situmorang, D. H. (2015). Peran Komunikasi Interpersonal Orang
Tua dan Anak dalam Pendampingan Menonton Film Animasi.
–67.
Suwarhatha. (2017). Anak dan Psikologi Sosial. Rafika Aditama.
Suyadi. (2015). Teori Pembelajaran Anak Usia Dini dalam Kajian
Neurosains. PT Remaja rosdakarya.
Takdir Ilahi, M. (2013). Quantum Parenting. Katahati.
Tholhah Hasan. (2009). Pendidikan Anak Usia Dini dalam Keluarga.
Mitra Abadi Press.
Tiara Permata, bening. (2021). Pola asuh orang tua dan metode
pengembangan nam (nilai agama dan moral) anak usia dini
pada film animasi nussa.
Woodward, M. R. (2015). Islam: Asia. In International Encyclopedia
of the Social & Behavioral Sciences: Second Edition (Second
Edi, Vol. 12). Elsevier. https://doi.org/10.1016/B978-0-08-
-8.84015-5
Yusron Masduki dan Idi Warsah. (2020). Psikologi Agama. Tunas
Gemilang.
Zhang, Y., Miller, M., & Halgunseth, L. C. (2023). Parenting styles and
children’s development: A review of the literature. In B. B. T.-
E. of C. and A. H. (First E. Halpern-Felsher (Ed.), Encyclopedia
of Child and Adolescent Health (pp. 609–619). Academic Press.
https://doi.org/10.1016/B978-0-12-818872-9.00082-0
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/thufula.v11i1.19878
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional