Open Journal Systems
AKHLAK KONSELOR SOSIAL UNTUK PEKERJAAN SOSIAL DALAM PERSPEKTIF PSIKOLOGI ISLAM
Abstract
Artikel ini dibuat dengan tujuan untuk mengeksplorasi akhlak konselor sosial pada pekerjaan sosial dalam pandangan psikologi Islam. Artikel ini merupakan hasil dari eksplorasi literatur sumber bacaan berkaitan dengan konseling sosial, pekerjaan sosial dan psikologi Islam. Metode analisis yang digunakan dalam mengkaji literatur menggunakan metode deduktif induktif. Akhlak konseling sosial perspektif psikologi Islam artikel ini hasil dari mengkaji firman Allah dalam al-Qur'an al-Imran ayat 159. Hasilnya menunjukan bahwa akhlak konselor sosial dalam melaksanakan tugas, apabila ingin berhasil sebaiknya meniru akhlak Rasulullah saw. Akhlak yang melekat pada konselor sosial berdasarkan kajian psikologi Islam ada pada Rasulullah yang tertera dalam firman Allah surat al-Imran ayat 159. Pertama konselor sosial senantiasa berdoa ketika dia hendak menjalankan tugas agar mendapatkan rahmat dari Allah. Yang kedua konselor sosial memiliki kepribadian lemah lembut. Ketiga konselor sosial tidak memiliki akhlak yang kasar. Keempat konselor sosial memiliki akhlak selalu memaafkan klien apabila klien bersalah dengannya. Kelima konselor sosial selalu mengadakan musyawarah bersama klien ketika akan memutuskan sesuatu yang berkaitan dengan klien. Keenam apabila konselor sosial memiliki tekad selalu bekerja dan berusaha dengan keras disertai dengan tawakal kepada Allah.
Keywords
References
Al-Qur’an dan Terjemahannya. 1989. Lajnah Pentashih Mushaf Al-Qur’an Departemen Agama RI. Semarang : Toha Putra.
Al-Maktabus as-Syamilah, al-Isdar.2, tth
Al-Ma’rufi, Sayid Abi Bakrin,. al-Maki, Sayid Bakrin., & ad-Dimyati, Ibnu Sayid Muhamad Syato. Tth.Al-Kifayatul al-Atkiya Waminhajul al-Akhfiya. Semarang : Toha Putra.
Beerman, Dan., & Xiong, Doaw. tth. Advocacy Handbook For Social Worker. National Association of Social Worker (NASW), North Carolina Chapter.
Christner, Ray, W., & Walker, Mc Kenzie.L.2007. Handbook of Cognitive Behavior Group Therapy with Children and Adolescents. Edited by Ray W.Christner, Jessica L.Stewart, & Arthur Freeman. New York : Routledge.
Crethar, Hugh, C., & Ratts, tth. Why Social Justice is A Counseling Concern, The President of Counselor for Social Justice.1-2.
Gordon, Winsome. 2000. Module 3 Social Work. France : UNESCO.
Isma’il al-Kahlani, Muhamad Ibnu., & Al-Ma’ruf bi al-Amir, As-Shona’ani. 1059. Subul – As-Salam. Semarang : Toha Putra.
Johnson, Paul E. tth. Psychology of Religion. McMlix : Abingdon Press.
Lit, Siu-Wai., & Shek, Daniel, T.L. 2002. Implications of Social Constructionism to Counseling and Social Work Practice. 9 (1), 105-130.
McFadden, Susan., & Kozberg, Rabby Cary. 2008. Religious and Spiritual Supports for Late Life Meaning, 32 (2), 6-11.
Michailakis, Dimitris., & Schirmer, Werner 2014.Social work and social problem : A contribution from system theory and constructionism. International Journal of Social Welfare, 23 (44), 431-442.
Motulsky, Sue,l., Gere, Susan, H., Saleem, Rakhsanda., & Trantham, Sidney, M. 2014. Teaching Social Juctice in Counseling Psychology. The Counseling Psychologist, 42 (8), 1058-1083.
Muthahhari, Murtadha. 1995. Perspektif al-Qur’an Tentang Manusia dan Agama. Bandung : Mizan.
Smith, Shannon D., Reynolds, Cynthia A., & Rovnak, Amanda. 2009. A Critical Analysis of The Social Advocacy Movement in Counseling, 87, 483-491.
Suasa. 2009. Pelayanan Langsung dan Pelayanan Tidak Langsung dalam Pekerjaan Sosial. Jurnal Academica, 1, 44-57.
The Policy Ethics and Human Rights Committee. 2012. The Code Athics for Social Work. British Association of Social Workers.
Wheeler, Darrel.P. 2016. Social Work Practice, in Health Care Settings. National Association of Social Workers.
DOI: 10.21043/kr.v8i2.2756
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 KONSELING RELIGI Jurnal Bimbingan Konseling Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.