Open Journal Systems
ZIKIR DALAM AL-QUR’AN SEBAGAI TERAPI PSIKONEUROTIK (ANALISIS TERHADAP FUNGSI BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM)
Abstract
Penyebutan kata dzikir dalam al-Qur’an secara keseluruhan sebanyak seratus sembilan puluh satu kali yang tersebar dalam lima puluh delapan surat dari seratus empat belas ayat yang terdapat dalam al-Qur’an. Setelah melakukan verifikasi terkait ayat-ayat dzikir dalam al-Qur’an yang tersebar dalam lima puluh delapan surat, ternyata pemaknaan kata dzikir tidaklah tunggal tetapi kata ini memiliki sembilan belas macam arti, tetapi dari kesembilan belas tersebut ada dua arti yang lebih dominan adalah “menyebut” sebanyak dua puluh tiga kali dan “ingat” sebanyak sembilan puluh dua kali. Sehingga dengan demikian konsep dzikir yang ditawarkan dalam al-Qur’an sebagai terapi penderita psikoneurotik adalah kata yang bermakna “menyebut” dan “ingat” kepada Allah. Hal ini dikarenakan dengan “menyebut” dan “ingat” kepada Allah, dapat menjadikan hati manusia menjadi tenang. Oleh karena itu, konsep zikir yang ditawarkan al-Qur’an ini dapat dijadikan sebagai salah satu metode bimbingan konseling Islam dengan mengoptimalisasi keempat fungsi bimbingan konseling Islam yaitu preventif, kuratif, preservatif, developmental atau edukatif.
kata kunci: Zikir, Penderita Psikoneurotik, Konseling Islam
References
Abdullah, Amin, 2000, Dinamika Islam Kultural; Pemetaan atas Wacana
Keislaman Kontemporer, Bandung: Mizan.
Al Ghazali, 1984, Kimia Kebahagiaan, trans. Haidar Bagir, Bandung: Mizan, cet. II.
Ali, Yunasri, 2002, Jalan Kearifan Sufi : Tasawuf Sebagai Terapi Derita
Manusia, Jakarta: Serambi.
Arkoun, Muhammad, 1999, Membongkar Wacana Hegemonik; Dalam
Islam dan Pos Modernisme, terj. Ibnu Hasan, Surabaya: al-Fikr. Daradjat, Zakiyah, 2001, Kesehatan Mental, Jakarta: PT. Gunung
Agung.
, 2001, Peran Agama Dalam Kesehatan Mental, Jakarta: Gunung
Agung.
Djumhana Bastaman, Hanna, 2001, Integrasi Psikologi dengan Islam: Menuju Psikologi Islami, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Fuad Abdul Baqi, Muhammad, 1987, al Mu’jam al Fahras li Alfazhil
Qur’an al Karim, Beirut: Darl Fikr.
Hawari, Dadang, 1997, Al-Qur’an Ilmu Kedokteran Jiwa dan Kesehatan
Jiwa, Yogyakarta: PT. Dana Bhakti Primayasa.
Jumhana Bastaman, Hanna, 2001, Integrasi Psikologi Dengan Islam,
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kartono, Kartini dan Andari, Jenny, 1989, Hygiene Mental dan Kesehatan
Mental dalam Islam, Bandung: Mandar Maju.
, 2000, Hygene Mental, Bandung: Mandar Maju.
Langgulung, Hasan, 1986, Teori-teori Kesehatan Mental, Jakarta : Pustaka al-Husna.
Mubarak, Ahmad, 2000, Solusi Krisis Kerohanian Manusia Modern Jiwa
Dalam al-Qur’an, Jakarta: Paramadina.
Mujib, Abdul dan Jusuf Mudzakir, 2001, Nuansa-nuansa Psikologi Islam,
Jakarta: PT. Rajawa. ,
Musnamar, Tohari, Dasar-Dasar Konseptual Bimbingan. Dan Konseling
Dalam Islam, Yogyakarta : UII Press, 1992
Najati, Ustman, 1985, Al-Qur’an dan Ilmu Jiwa, Bandung: Pustaka. Najib Burhani, Ahmad, 2002, Manusia Modern Mendamba Allah:
Renungan Tasawuf Positif, Bandung: Mizan.
Nasir, Haidar, 1997, Agama dan Krisis Kemanusiaan Modern, Yogyakarta
: Pustaka Pelajar.
Nasution, Harun dkk, 1993, Ensiklopedi Islam Indonesia, Jakarta : Bulan
Bintang .
PPDGJ III, Buku Saku Diagnosa Gangguan Jiwa, Ed. Rusdy Muslim.
Rachman, Fazlur, 1996, Tema-Tema Pokok al-Qur’an, terj. Anas
Mahyudin, Bandung : Pustaka.
Rahmat, Jalaludin, 1986, Islam Alternatif, Bandung: Mizan.
Shihab, Quraish, 1998, Membumikan al-Qur’an : Fungsi dan Peran
Wahyu Dalam Kehidupan Masyarakat, Bandung: Mizan. Supratiknya, A, 1995, Mengenal Perilaku Abnormal, Yogyakarta:
Kanisius. .
Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan bahasa,
, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta : Balai Pustaka. Universitas Diponegoro Fakultas Kedokteran, 2000, Psikiatri II
Simptomatologi, Semarang.
Sarwono, Wirawan Sarlito, 1979, Pengantar Psikologi Umum, Jakarta: Bulan Bintan.
DOI: 10.21043/kr.v4i1.1070
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 KONSELING RELIGI