Open Journal Systems
BIMBINGAN KONSELING MELALUI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL TERHAPAP ANAK-ANAK DAN REMAJA DALAM PENANGGULANGAN PAHAM RADIKALISME
Abstract
Paham radikalisme merupakan akar dari ketidakrukunan antar umat beragama. Anak-anak dan remaja adalah generasi penerus yang harus dilindungi dari radikalisme, sehingga perlu penanganan yang tepat. Pendidikan multikultural sangat diperlukan dalam membentuk generasi saling menghormati dalam setiap perbedaan. Keadaan psikologis anak-anak dan remaja harus tetap dipertahankan dalam pendidikan multikultural. Dalam pembentukan komunitas lintas agama, dunia bermain untuk anak- anak dan suasana santai untuk remaja harus tetap dipertahankan.
Kata Kunci: Bimbingan Konseling, Pendidikan Multikultural, Radikalisme
Radicalism is at the root of inter-religious disharmony. Children and adolescents are the next generation who must be protected from radicalism, so it needs proper handling. Multicultural education is indispensable in shaping the generation of mutual respect in every differences. The condition of children’s psychologycal and adolescents should be maintained in multicultural education. In forming interfaith community, the world play for the kids and a relaxed atmosphere for young people must be maintained.
Keywords: Counseling , Multicultural Education, Radicalism
References
, Amin, 2007, Kesadaran Multikultural : Sebuah Gerakan “Interest Minimalization” Dalam Meredakan Konflik Sosial, Pengantar dalam Buku Pendidikan Multikultural : Cross- cultural Understanding Untuk Demokrasi dan Keadilan, hal. xiv, Yogyakarta: Pilar Media.
Aijudin, Anas, 2011, Peran Pesantren Al Muayyad Windan Dalam Transformasi Konflik Keagamaan Di Surakarta, tesis Program Pasca Sarjana UIN Sunan Kalijaga.
Ainul, Yaqin, 2007, Pendidikan Multikultural: Cross-cultural Understanding Untuk Demokrasi dan Keadilan, hal. 6-9, Yogyakarta: Pilar Media.
Muslifah, 2009, Meneguhkan Bimbingan dan Konseling Islam Terhadap Pembentukan Tauhid Pada Anak, dalam Jurnal Konseling Religi, Vo. 1 Nomor 02, STAIN Kudus.
Nuriyanto, Lilam Kadarin, 2013, Dinamika Hubungan Antar Umat Beragama Pola Pengelolaan Kerukunan Antar Umat Beragama Di Kota Surakarta, Balai Litbang Agama Semarang,
Serpianing, Iga Aroma, dan Suminar, Dewi Retno, 2012, Hubungan Antara Tingkat Kontrol Diri Dengan Kecenderungan Perilaku Kenakalan Remaja, dalam Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan Vol. 01 No. 02, Juni.
Syamsul, Maarif, 2005, Pendidikan Pluralisme di Indoeisa, Yogyakarta: Logung Pustaka.
Tim Peneliti Balai Litbang Agama Makasar, 2010, Persepsi Dan Sikap Siswa Terhadap Tindakan Kekerasan Atas Nama Agama, Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama.
http://eprints.uny.ac.id/7679/3/bab%202%20-%2005103241021. pdf, didownload 6 Nopember 2014
h tt p://pub l i k asi i lmi ah . um s . a c .id/b its tr e a m/
handle/123456789/1714/6_Juliani%20Pras-Psikologi%20
Perkembangan%20Anak.pdf ?sequence=1, di download 4
Nopember 2014
Musdalifa, Perkembangan Sosial Remaja Dalam Kemandirian (Studi Kasus Hambatan Psikologis Dependensi terhadap Orangtua). Jurnal Iqro’, volume 4 Juli Desember 2007, hal 48 (http:// jurnaliqro.files.wordpress.com/2008/08/05-ifah-46-56.pdf, didownload 6 Nopember 2014).
Ulfiani, Rahman, 2009, Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini,
Lentera Pendidikan, Vol 12 1 Juni.
http://www.uinalauddin.ac.id/download4%2520Karakteristik%25
Perkembangan%2520Anak%2520Usia%2520Dini%2520-
%2520Ulfiani%2520Rahman.pdf, didownload 4 Nopember
http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/lain-lain/sisca-rahmadonna- spd-mpd/artikel%20Sosiokultur%20dalam%20Implementasi. pdf, diakses tanggal 27 Nopember 2014).
h tt p://2be ah um a nbein g. b lo gspot.c om/2012/06/m ak al ah- radikalisme-pengertian-konsep.html, didownload tanggal 3 nopember 2014
htt p://k har inblog .wordpress.com/2012/11/24/tahap -tahap - perkembangan-psikososial-erik-erikson/, di download 5
Nopember 2014).
DOI: 10.21043/kr.v5i1.1058
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 KONSELING RELIGI