Open Journal Systems
BIMBINGAN KELUARGA DALAM MEMBANTU ANAK AUTIS (KEHEBATAN MOTIF KEIBUAN)
Abstract
Tulisan ini menjelaskan tentang pola bimbingan yang dilakukan oleh keluarga. karena tidak bisa dipungkiri anak-anak kenal pertama kali dengan kedua orang tuanya dan mengalami tumbuh kembang dalam lingkungan keluarga. Keluarga adalah tempat pertama dan utama untuk tumbuh dan kembang anak (baik anak normal maupun anak berkebutuhan khusus, misalnya autis). Ciri utama anak autis adalah mengalami gangguan komunikasi dan interaksi sosial. Hasilnya upaya orang tua, khususnya ibu (dengan motif keibuan yang dimiliki) dalam memberikan bimbingan pada anak autis dengan pembiasaan perilaku baik sampai pemahaman perilaku, penyesuaian perilaku secara keumuman/kelaziman dan dukungan keluarga akan membantu anak autis untuk tumbuh secara optimal, bahkan meraih prestasi yang sama atau bahkan melebihi anak-anak normal, seperti yang dialami Stephen Wiltshire.
Kata Kunci: Bimbingan Keluarga, Anak Autis, Motif Keibuan.
FAMILY COUNSELLING IN HELPING CHILDREN AUTIS (THE EXCELLENCE OF THE MOTIF OF MOTHERHOOD).The first time children know with both parents and experiencing growth and development in a family environment. The family is first and foremost a place for growth and development of children (both normal children and children with special needs, such as autism). The main characteristic of children with autism is impaired social interaction and communication. So that the efforts of parents, especially mothers (the motherhood of motive owned) in providing guidance in autistic children by habituation good behavior to understanding behavior, behavioral adjustment in generality / prevalence and family support will help autistic children to grow optimally, even achievements, equal or even exceed normal kids, like that of Stephen Wiltshire.
Keywords: Family Guidance, Autistic, Motherhood Motive.
References
Ahmadi, A. dan M. Umar, 1982, Psikologi Umum,Surabaya: Bina Ilmu
Budiamin, Amin dan Setiawati, 2009, Bimbingan Konseling, Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama RI
Faqih, Aunur Rahim, 2001, Bimbingan dan Konseling dalam Islam, Yogyakarta: UII Press Yogyakarta
Casmini dan Siti Nur Khotimah, 2009, Terapi Anak Autisme di Yayasan Autistik Fajar Nugraha Yogyakarta, Jurnal Eksploria. Vol. VII, No.1
Chaerunnisa, 30 April 2008, Penanganan Tepat pada Anak Autisme Danuatmaja, B, 2003, Terapi Anak autis di Rumah,Jakarta: Puspa Swara Darajat, Zakiyah, 1995, Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah,
Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset
Dewo, Emanuel Setio, 2006, Anak Autis
Handojo, 2003, Autisme, Jakarta: Bhuana Ilmu Komputer
Istiyanto,5 Maret 2008, Metode Penyembuhan Baru bagi Anak Autis
MIF Baihaqi, 2008, Psikologi Pertumbuhan (Kepribadian Sehat untuk
Mengembangkan Kepribadian), Bandung: Remaja Rosdakarya
Najati, Muhammad Utsman, 2005, Psikologi Nabi:Membangun Pesona Diri dengan Ajaran-Ajaran Nabi Saw), Bandung: Pustaka Hidayah
Nurihsan, J., 2003, Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling, Bandung: Mutiara
Sarasvati, 2004, Meniti Pelangi (Perjuangan Seorang Ibu yang Tak Kenal Menyerah dalam Membimbing Putranya Keluar dari Belenggu ADHD dan Autisme), Jakarta: PT Elex Media Komputindo (kelompok Gramedia)
Sarwono, Sarlito W., 2009, Pengantar Psikologi Umum, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
Shochib, M., 1998, Pola Asuh Orang Tua: Untuk Membantu Anak
Mengembangkan Disiplin Diri, Jakarta: Rineka Cipta.
Sujanto, A., Lubis, H. & Hadi, T., 2001,Psikologi Kepribadian, Jakarta: Bumi Aksara
Yatim, F., 2002, Autisme suatu Gangguan Jiwa pada Anak, Jakarta: Pustaka Populer Obor
DOI: 10.21043/kr.v6i1.1040
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 KONSELING RELIGI