Open Journal Systems

BIMBINGAN KELUARGA DALAM MEMBANTU ANAK AUTIS (KEHEBATAN MOTIF KEIBUAN)

Farida Farida

Abstract

Tulisan ini menjelaskan tentang pola bimbingan yang dilakukan oleh keluarga.  karena tidak bisa dipungkiri anak-anak kenal pertama kali dengan kedua orang tuanya dan mengalami tumbuh kembang dalam lingkungan  keluarga. Keluarga  adalah tempat pertama dan utama untuk tumbuh dan kembang anak (baik anak normal maupun anak berkebutuhan khusus, misalnya autis). Ciri utama anak autis adalah mengalami gangguan komunikasi dan interaksi sosial. Hasilnya upaya orang tua, khususnya ibu (dengan motif keibuan yang dimiliki) dalam memberikan bimbingan pada anak autis dengan pembiasaan perilaku baik sampai pemahaman perilaku, penyesuaian perilaku secara keumuman/kelaziman  dan dukungan keluarga akan membantu anak autis untuk tumbuh secara optimal, bahkan meraih prestasi yang sama atau bahkan melebihi anak-anak normal,   seperti  yang  dialami Stephen Wiltshire.

 

Kata Kunci: Bimbingan Keluarga, Anak Autis, Motif Keibuan.

FAMILY     COUNSELLING   IN    HELPING   CHILDREN AUTIS (THE     EXCELLENCE   OF     THE    MOTIF     OF MOTHERHOOD).The first time children know with both parents and experiencing growth and development in a family environment. The family is first and foremost a place for growth and development of children (both normal children and children with special needs, such as autism). The main characteristic of children with autism  is impaired  social interaction  and communication. So that the efforts of parents, especially mothers (the motherhood of motive owned) in providing guidance in autistic children by habituation good behavior to understanding  behavior, behavioral  adjustment  in generality  / prevalence  and family  support  will help autistic children to grow optimally, even achievements, equal or even exceed normal kids, like that of Stephen Wiltshire.

 

Keywords:  Family Guidance, Autistic, Motherhood Motive.

References


Ahmadi, A. dan M. Umar, 1982, Psikologi Umum,Surabaya: Bina Ilmu

Budiamin, Amin dan Setiawati, 2009, Bimbingan Konseling, Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama RI

Faqih, Aunur Rahim, 2001, Bimbingan dan Konseling dalam Islam, Yogyakarta: UII Press Yogyakarta

Casmini dan Siti Nur Khotimah, 2009, Terapi Anak Autisme di Yayasan Autistik Fajar Nugraha Yogyakarta, Jurnal Eksploria. Vol. VII, No.1

Chaerunnisa, 30 April 2008, Penanganan Tepat pada Anak Autisme Danuatmaja, B, 2003, Terapi Anak autis di Rumah,Jakarta: Puspa Swara Darajat, Zakiyah, 1995, Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah,

Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset

Dewo, Emanuel Setio, 2006, Anak Autis

Handojo, 2003, Autisme, Jakarta: Bhuana Ilmu Komputer

Istiyanto,5 Maret 2008, Metode Penyembuhan Baru bagi Anak Autis

MIF Baihaqi, 2008, Psikologi Pertumbuhan (Kepribadian Sehat untuk

Mengembangkan Kepribadian), Bandung: Remaja Rosdakarya

Najati, Muhammad Utsman, 2005, Psikologi Nabi:Membangun Pesona Diri dengan Ajaran-Ajaran Nabi Saw), Bandung: Pustaka Hidayah

Nurihsan, J., 2003, Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling, Bandung: Mutiara

Sarasvati, 2004, Meniti Pelangi (Perjuangan Seorang Ibu yang Tak Kenal Menyerah dalam Membimbing Putranya Keluar dari Belenggu ADHD dan Autisme), Jakarta: PT Elex Media Komputindo (kelompok Gramedia)

Sarwono, Sarlito W., 2009, Pengantar Psikologi Umum, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Shochib, M., 1998, Pola Asuh Orang Tua: Untuk Membantu Anak

Mengembangkan Disiplin Diri, Jakarta: Rineka Cipta.

Sujanto, A., Lubis, H. & Hadi, T., 2001,Psikologi Kepribadian, Jakarta: Bumi Aksara

Yatim, F., 2002, Autisme suatu Gangguan Jiwa pada Anak, Jakarta: Pustaka Populer Obor


Full Text: PDF

DOI: 10.21043/kr.v6i1.1040

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 KONSELING RELIGI