PENDIDIKAN ISLAM DI KELUARGA DALAM PERSPEKTIF DEMOKRASI (Studi Pemikiran Hasan Langgulung dan Abdurrahman an Nahlawi)

Musmualim Musmualim, Muhammad Miftah

Abstract


ISLAMIC EDUCATION IN FAMILY IN THE PERSPECTIVE OF DEMOCRACY (Study Thought and Abdurrahman Hasan Langgulung an Nahlawi),       The family as a pillar of society has an important position in building civilization. In Islam, family educational responsibilities given to parents as control over the development of the child's personality, which has the function of education to foster children. Given the current social problems that occur in the community originate from the interaction of the family. If a good family, the community would be good as well and vice versa. Islamic education in the family then become the focus for assessment as a fundamental means of educating children. Study thinking and Abdurrahman Hasan Langgulung an Nahlawi on Islamic education in the family do to get the formulation of Islamic education to address the challenges of the future. Study these two men thought sharpened with the perspective of democracy to be more focus on getting the formulation of Islamic education in the family. This study is a literature study (library research) or the study of literature (literature research). Data collection techniques with documentation data analysis using descriptive analysis (descriptive analysis), a content analysis (content analysis) and a comparative analysis (comparative analysis). The approach used is hermeunetik, philosophical and democracy.

      

Keywords: Islamic Education, Family and Perspectives of Democracy.

 


References


A. Atmadi dan Y. Setyaningsih (ed), Transformasi Pendidikan, Yogyakarta: Kanisius, 2000.

Abdullah, Fauzi.Strategi Peningkatan Sumber Daya Manusia Berkualitas Menurut Pemikiran Hasan Langgulung(Perspektif Pendidikan Islam), Yogyakarta: Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2009.

Achmadi, Ideologi Pendidikan Islam (Paradigma Humanisme Teosentris), Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.

Ahmadi, Abu dan Nur Uhbiyati, Ilmu Pendidikan, Cet. II, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2007.

A. H. Sanaky, Hujair. Paradigma Pendidikan Islam Membangun Masyarakat Madani Indonesia, Yogyakarta: Safiria Insania Press, 2003.

Alim, Muhammad. Pendidikan Agama Islam Sebuah Pembentukan Pemikiran dan Kepribadian Muslim, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2006.

Al-Jamaly, Muhammad Fadlil.Filsafat Pendidikan dalam Al-Qur’an, Surabaya: Bina Ilmu, 1986.

Al-Munawwir, Achmad Warson.al-MunawwirKamus Arab-Indonesia, Surabaya: Pustaka Progresif, 1984.

Al-Syaibany, Omar Mohammad al-Toumy.AlUhus{ alNafsiyah wa alTarbiyyat li Ri’ayat alSyabab, Kahirat: dar al-Ma’arif, 1986.

__________.Falsafah Pendidikan Islam, Penerjemah: Hasan Langgulung, Jakarta: Bulan Bintang, 1979.

Aly, Hery Noer.Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Logos, 1999.

An Nahlawi, Abdurrahman. Us{u

______________________.Prinsip-prinsip dan Metoda Pendidikan Islam dalam Keluarga, di Sekolah dan di Masyarakat, Penerjemah: Herry Noer Ali, Bandung: CV. Diponegoro, 1989.

______________________.Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah dan Masyarakat, Penerjemah: Shihabuddin, Jakarta: Gema Insani Press, 1995.

Arifin,H. M. Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bina Aksara, 2000.

Arifin,Muzayyin. Kapita Selekta Pendidikan Islam dan Umum, Jakarta: Bumi Aksara, 1991.

Asifudin, Ahmad Janan. Mengungkit Pilar-Pilar Pendidikan Islam Tinjauan Filosofis, Cet II, Yogyakarta, Suka Press, 2010.

Asyhari, Muhammad. Tafsir Cinta Tebarkan Kebajikan dengan spirit al-Qur’an, Jakarta: Hikmah, 2006.

A. Ubaedillah, dkk, Pendidikan Kewargaan (Civic Education) Demokrasi, Hak Asasi Manusia dan Masyarakat Madani, Edisi Ketiga, Jakarta: Kencana, 2008.

Daradjat, Zakiyah,dkk.Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1992.

______________. Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah, Jakarta: Ruhama, 1994.

Darmaningtyas, Pendidikan Pada dan Setelah Krisis, Yogyakarta: Pustaka Pelajar dan LPIST, 1999.

Depag RI. Al-Qur'an dan Terjemahnya. Surabaya: Surya Cipta Aksara, 1989.

Hadi, Sutrisno. Metodologi Research, Jilid I, Yogyakarta: Andi Offset, 2001.

Harian Kompas, Sabtu, 19 Oktober 2013.

Hasbullah, Dasar-dasar Ilmu Pendidikan Umum dan Agama Islam, Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2001.

Ihsan, Hamdani dan Ahmad Fuad Ikhsan.Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: CV. Pustaka Setia, 1998.

Iqbal, Abu Muhammad. Konsep Pemikiran al-Ghazali tentang Pendidikan, Madiun: Jaya Star Nine, 2013.

Junaedi, Mahfud. Pemikiran Pendidikan Islam Kontemporer (Studi atas Pemikiran Hasan Langgulung), Tesis Pascasarjana IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, tidak diterbitkan, 1997.

Junaedi, Mahfud.Ilmu Pendidikan Islam, Filsafat dan Pengembangan, Semarang: RaSAIL Media Group, 2010.

Kartini, Kartono. Hygiene Mental, Bandung: Mandar Maju, 2000.

Karwadi, Kecerdasan Emosional dalam Pemikiran Pendidikan Islam, (Studi terhadap Unsur-unsur Kecerdasan Emosional dalam Pemikiran Hasan Langgulung, Disertasi, Pascasarjana, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2008.

_______, Tujuan Pendidikan Islam dalam Pemikiran Hasan Langgulung, Yogyakarta: Jurnal Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2006.

Khan, Achmad Warid.Membebaskan Pendidikan Islam, Yogyakarta: Wacana, 2002.

Khusnida, Lisna. Konsep Tripusat Pendidikan Islam menurut Abdurrahman An Nahlawi dan Relevansinya Terhadap Pembentukan Kepribadian Anak, Yogyakarta: Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014.

Langgulung, Hasan. Asas-asas Pendidikan Islam, Jakarta: Pustaka Al-Husna, 2000.

_________________.Beberapa Pemikiran Tentang Pendidikan Islam, Bandung: Al-Maarif, 1995.

_________________.Falsafah Pendidikan Islam, Jakarta: Bulan Bintang, 1979.

_________________.Manusia dan Pendidikan Suatu Analisa Psikologi, Filsafat dan Pendidikan, Jakarta: Pustaka Al-Husna, 2004.

_________________.Pendidikan dan Peradaban Islam: Suatu Analisa Sosio Psikologi, Jakarta: Pustaka Al-Husna, 1985.

_________________.Pendidikan Islam Menghadapi Abad ke-21, Jakarta: Pustaka Al-Husna, 1988.

_________________.Teori-teori Kesehatan Mental, Jakarta: Pustaka Al-Husna, 1992.

Mubaroq,Nur Muhammad Abdulloh. Studi Komparasi Konsep Pendidikan Islam dalam Keluarga Abdurrahman An Nahlawi dan Abdullah Nasih ‘Ulwan, Yogyakarta: Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2003.

Muhaimin, Paradigma Pendidikan Islam Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2002.

_________. Wacana Pengembangan Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004.

Mulyana, dkk.Demokrasi dalam Budaya Lokal, Penyunting: Mulyana, Yogyakarta: Tiara Wacana, 2005.

Musmuallim.Menggugat Peran Guru Sebagai Fasilitator,Sang Guru Majalah Pendidikan, Purwokerto, Edisi Oktober-November, 2011.

__________.Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah, (Purwokerto: Majalah Pendidikan Sang Guru, Edisi 024/Th. IV/Mei-Juni 2012.

__________.Membangun Mental Keberagamaan Peserta Didik, Purwokerto: Majalah Pendidikan Sang Guru, 2012.

Mastuhu, Memberdayakan Sistem Pendidikan Islam, Cet II, Jakarta: Logos, 1999.

Miharso, Mantep.Pendidikan Keluarga Qur’ani, Yogyakarta: Safiria Insania Press, 2004.

Mulyana, dkk, Demokrasi dalam Budaya Lokal, Penyunting: Mulyana, Yogyakarta: Tiara Wacana, 2005.

Muzayyin, Arifin H. Kapita Selekta Pendidikan Islam dan Umum, Jakarta: Bumi Aksara, 1991.

Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 1998.

Nasution, Khoirudin. Pengantar Studi Islam, Yogyakarta: Academia dan Tazzafa, 2007.

Nata, Abuddin. Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1997.

Nawawi, Hadari. Metode Penelitian Bidang Sosial, Yogyakarta: Gajah Mada University Press, 2001.

Nizar, Samsul. Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Press, 2002.

Nur Ahid.Pendidikan Keluarga dalam Perspektif Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.

Nuryatno, M. Agus. Mazhab Pendidikan Kritis Menyingkap Relasi Pengetahuan Politik dan Kekuasaan, Yogyakarta: Resist Book, 2011.

Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2004.

Robani, Iban. Pengembangan Kreativitas Siswa dalam Pendidikan Islam (Telaah atas Pemikiran Hasan Langgulung), Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2004.

Roqib, Mohammad dan Nurfuadi.Kepribadian Guru Upaya Mengembangkan Kepribadian Guru yang Sehat di Masa Depan, Cet. II, Purwokerto: STAIN Purwokerto Press, 2011.

Saufika, Ratna. Konsep Pemikiran Pendidikan Ivan Illich dan Abdurrahman An Nahlawi (Suatu Kajian Komparatif), Skripsi, Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel Surabaya, 2010.

Salthut, Khatib Ahmad.Menumbuhkan Sikap Sosial, Moral dan Spiritual Anak dalam Keluarga Muslim, Yogyakarta: Mitra Pustaka, 1998.

Subagyo, P. Joko, Metodologi Penelitian Teori dan Praktek, Jakarta, Rineka Cipta, 1999.

Suharto, Toto. Pendidikan Berbasis Masyarakat Relasi Negara dan Masyarakat dalam Pendidikan, Yogyakarta: LKiS, 2012.

Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung, PT Remaja Rosdakarya, 2009.

Sutrisno dan Muhyidin Albarobis, Pendidikan Islam Berbasis Problem Sosial, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.

Tafsir, Ahmad. Ilmu Pendidikan Islami, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.

____________, dkk.Cakrawala Pemikiran Pendidikan Islam, Bandung: Mimbar Pustaka, 2004.

Thoha,H. M. Chabib. Kapita Selekta Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset, 1996.

Tirtarahardja, Umar dan S.L. La Sulo, Pengantar Pendidikan, Cet II, Jakarta: Rineka Cipta, 2005.

Umam, Julal.Konsep Pendidikan Islam dalam Keluarga (Studi Pemikiran Hasan Langgulung), Tesis, Pascasarjana IAIN Walisongo Semarang, 2012.

Vembriarto, Sosiologi Pendidikan, Yogyakarta: Yayasan Pendidikan Paramita, 1982.

Internet

http://www.menkokesra.go.id/content/8-fungsi-keluarga-ciptakan-keluarga-ideal, diakses tanggal 3 April 2014.

http://digilib.uinsby.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jiptiain--ratnasaufi-8771&q=Agama, diakses tanggal 24 Februari 2014.

http://elghoziah.blogspot.com/2009/11/konsep-pendidikan-anak-usia-dini.html, diakses tanggal 24 Februari 2014.

http://www.slideshare.net/Ukhuwah_90/teori-dan-jenis-pemikiran-kemahiran-komunikasi, diakses tanggal 9 Mei 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jupe.v10i2.1781

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 JURNAL PENELITIAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed by:

 

 

 

Creative Commons License

JURNAL PENELITIAN by Research Center of IAIN Kudus, Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.