Penggunaan Simulasi Praktikum Melalui Self Assessment Pada Kinerja (Performance) Pengamatan Sel Darah
Abstract
Penilaian praktikum seringkali kurang memberikan penguatan umpan balik kepada mahasiswa karena penilaian praktikum kadang diletakan pada waktu penghujung akhir semester. Metode penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen tipe the matching only posttest only control group design. Kegiatan simulasi praktikum dengan self assessment dilakukan dengan memberikan kriteria-kriteria kemampuan dasar yang harus dikuasai dalam melakukan pengamatan toleransi osmotik sel darah merah (eritrosit) dan preparat sel darah putih (leukosit). Hasil penelitian menggunakan simulasi praktikum dengan self assessment menunjukkan keterampilan kinerja (performance) mahasiswa dalam pengamatan sel darah dengan hasil signifikan lebih baik dibandingkan penggunaan simulasi praktikum biasa. Kegagalan dalam mengamati sel darah, seringkali karena mengunakan perbesaran, mikrometer dan makrometer mikroskop yang tidak sesuai sehingga menghabiskan alokasi waktu yang tersedia. Simulasi praktikum dengan self assessment memberikan kesempatan kepada setiap mahasiswa untuk menilai kemampuan diri dalam menggunakan mikroskop, selain itu juga perlu memiliki strategi khusus agar dapat melakukan pengamaatan objek secara benar, cepat dan efektif. Simulasi tersebut mendorong untuk memunculkan sikap tanggungjawab agar dapat mencapai keterampilan kinerja.
Kata Kunci: simulasi praktikum; self assessment; performance; sel darah
Full Text:
PDFReferences
Ali, A. Ruslan, dan Jumadi,O. (2014). Pengembangan Perangkat Asesmen Praktikum Anatomi Fisiologi Manusia Berbasis Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi UIN Alauddin Makassar. Vol 1 No 1 2014. Biotek. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/biotek
Andrade H, Du Y. (2007) Student responses to criteria‑referenced self‑assessment. Assessment & Evaluation in Higher Education. Vol. 32, No. 2, April 2007. Diunduh https://scholarsarchive.library.albany.edu
Antonelli MA. (1997) Accuracy of Second‑Year Medical Students’ Self‑Assessment Of Clinical Skills. Academic medicine : journal of the Association of American Medical Colleges
Fraenkel, J. R & Wallen, N. E. 2007. How To Design and Evaluate Research in Education. Edisi 6. New York: The McGraw Hill Companies.
Mc Millan, J H. & Hearn, J. (2008) Student Self-Assessment: The Key to Stronger Student Motivation and Higher Achievement. Educational Horizons, Vol 87 No1. Diunduh dari https://files.eric.ed.gov
National Science Teachers Association. (2009). The biology teacher’s handbook (4th ed.). Virginia: National Science Teachers Association.
Rolheiser, C & John A. (2001) “Student self-evaluation: What research says and what practice shows.” Plain talk about kids
Sharma, dkk. (2016). Impact of self‑assessment by students on their learning. International Journal of Applied and Basic Medical Research. Vol 6, Issue 3 2016. diunduh dari http://www.ijabmr.org
Spiller D. (2012). Assessment matters: Self‑assessment and peer assessment, teaching development. Hamilton, New Zealand: The University of Waikato.
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jobe.v3i2.7719
Refbacks
- There are currently no refbacks.