Analisis Kemampuan Technological Pedagogical And Content Knowledge Mahasiswa Calon Guru Biologi Melalui Kegiatan Presentasi Di Kelas
Abstract
Perkembangan teknologi dan komunikasi menuntut mahasiswa sebagai calon guru tidak hanya dapat menguasai materi dan cara membelajarkan siswa, namun juga menggunakan teknologi untuk memahamkan peserta didik. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan technological pedagogical content knowledge melalui kegiatan presentasi di dalam perkuliahan. Subyek yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa tadris biologi yang mengikuti perkuliahan teknik dan manajemen laboratorium sebanyak 33 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui lembar penilaian observasi kegiatan presentasi. Berdasarkan hasil dan analisis data dapat disimpulkan bhawa kemampuan technological pedagogical content and knowledge mahasiswa yang diperoleh melaluni kegiatan presentasi masih rendah. Kemampuan content knowledge dengan kategori sedang, kemampuan pedagogical knowledge dengan kategori rendah, kemampuan pedagogical content knowledge dengan kategori rendah, kemampuan technological knowledge dengan kategori tinggi dan kemampuan technological pedagogical knowledge dengan kategori sedang. Faktor yang paling mendukung kemampuan TPACK mahasiswa calon guru adalah adanya penggunaan teknologi. Hal ini disebabkan mahasiswa merupakan generasi milenial yang memiliki kemampuan cepat dalam mengikuti perubahan teknologi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abbitt, J. T. (2011). An Investigation of the Relationship between Self-Efficacy Beliefs about Technology Integration and Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) among Preservice Teachers. Journal of Digital Learning in Teacher Education, 27(4), 134–143.
Chai, C. S., & Koh, J. H. L. (2017). Changing teachers’ TPACK and design beliefs through the Scaffolded TPACK Lesson Design Model (STLDM). Learning: Research and Practice, 3(2), 114–129. https://doi.org/10.1080/23735082.2017.1360506
Hernawati, D., & Amin, M. (2017). Analisis Self Efficacy Mahasiswa Melalui Kemampuan Presentasi Di Kelas.
Huda, C., Sulisworo, D., & Toifur, M. (2017). Analisis Buku Ajar Termodinamika dengan Konsep Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) untuk Penguatan Kompetensi Belajar Mahasiswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 8(1).
Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2000). Models of Teaching (Sixth Edit). Boston: Allyn and Bacon.
Koehler, M. J., & Mishra, P. (2009). What is technological pedagogical content knowledge? Contemporary Issues in Technology and Teacher Education (Vol. 9). Retrieved from http://www.tpck.org/.
Kozikoğlu, İ., & Babacan, N. (2019). The investigation of the relationship between Turkish EFL teachers’ technological pedagogical content knowledge skills and attitudes towards technology. Journal of Language and Linguistic Studies, 15(1), 20–33. https://doi.org/10.17263/jlls.547594
Listiawan, T., & Widyo Baskoro, W. (2015). Analisis Technological Content Knowledge (TCK) Calon Guru Matematika Dalam Menggunakan Perangkat Lunak Geometri Dinamis.
Oz, H. (2015). Assesing pre service english as a foreign Language teachres’ technological pedagogical content knowledge. International Education Studies, 8(5), 119–130.
Rosyid, A. (n.d.). Technological Pedagogical Content Knowledge: Sebuah Kerangka Pengetahuan Bagi Guru Indonesia di Era MEA. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan Inovasi Pembelajaran Berbasis Karakter Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN, 446–454.
Sholihah, M., Yuliati, L., & Wartono, W. (2016). Peranan TPACK Terhadap Kemampuan Menyusun Perangkat Pembelajaran Calon Guru Fisika Dalam Pembelajaran Post-Track. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 1(2), 144–153.
Sukaesih, S., Ridlo, S., & Saptono, S. (2017). ANALISIS KEMAMPUAN TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) CALON GURU PADA MATA KULIAH PP BIO. Seminar Nasional Pendidikan Sains “Strategi Pengembangan Pembelajaran Dan Penelitian Sains Untuk Ketrampilan Abad 21,” 58–64.
Zuhaida, A. (2018). Penyusunan Instrumen Analisis Pedagogical Content Knowledge Guru IPA Madrasah Tsanawiyah Terintegrasi Konten Islami. Edukasia Islamika: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 234–248. https://doi.org/https://doi.org/10.289.18/jei/v3i2.1690
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jbe.v2i2.6352
Refbacks
- There are currently no refbacks.