TPACK Prospective Biology Teacher at Muhammadiyah University of Palembang

Binar Azwar Anas Harfian, Hendra Hendra

Abstract


Pembelajaran Abad 21 mengharuskan calon guru biologi mampu mengintegrasikan teknologi, kemampuan pedagogi, dan penguasaan materi dengan baik. Ketiga pengetahuan tersebut saling berinteraksi dan beriringan membentuk Technological, Pedagogical, And Content Knowledge (TPACK). Tujuan dari penelitian ini adalam mendeskripsikan kemampuan TPACK mahasiswa calon guru biologi dalam proses pembelajaran biologi melalui kegiatan Pengalaman Lapangan Persekolahan (PLP). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan revisi. Pengambilan data dilakukan kepada calon guru biologi yang melaksanakan kegiatan PLP di delapan sekolah di kota Palembang. Instumen yang digunakan yaitu lembar validasi, lembar obsevasi, dan angket. Deskripsi pengetahuan pedagogi mahasiswa termasuk kategori baik. Mahasiswa mampu menerapkan keterampilan mengajar dalam menyampaikan materi dan memfasilitasi proses pembelajaran. Deskripsi pengetahuan konten mahasiswa termasuk kategori cukup baik. Mahasiswa menyajikan materi secara sistematis dan bermuatan higher order thinking. Deskripsi perngetahuan teknologi mahasiswa termasuk kategori kurang baik. Mahasiswa belum sampai menyampaikan materi dalam proses pembelajaran terintegrasi dengan teknologi.

 


Keywords


TPACK, calon guru biologi, perangkat pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Baya, N., & Daher, W. (2015). The Development of College Instructors’ Technological Pedagogical and Content Knowledge. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 1166-1175.

Creswell, J. W. (2012). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research (4th ed.). USA: Pearsong Education, Inc.

Holland, D. D., & Pipper, R. T. (2018). A Technology Integration Education (TIE) Model for Millenial Preservice Teachers: Exploring the Canonical Correlations Relationshipa among Attitudes, Subjectives Norms, Perceived Behavioral Controls, Motivation, Technological, Pedagogical and Content Know. Journal of Research on Technology in Education, 48(3), 212-226.

Polly, D. (2017). Evidence of impact: Transforming teacher education with preparing tomorrow's teachers to teach with technology (PT3) grants. Teaching and Teacher Education: An International Journal of Research and Studies, 26(4), 863-870.

Sugiyono. (2014). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jobe.v5i1.12501

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jobe Journal Indexed by :

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/crossref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpgHasil gambar untuk gambar garba rujukan digital

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/sinta.jpg