Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Guru Biologi Kota Pekanbaru

Febblina Daryanes, Riki Apriyandi Putra

Abstract


Berpikir kritis merupakan salah satu aspek berpikir yang digunakan dalam mengatasi permasalahan dan menfasilitasi penemuan informasi yang tepat baik melalui proses analisis, interpretasi, evaluasi,  inferensi dan pembuktian. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan berpikir kritis para guru Biologi SMA Negeri di Kota Pekanbaru. Populasi pada penelitian ini yaitu semua guru Biologi SMA Negeri Kota Pekanbaru yang berjumlah 62 orang dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Data dikumpukan dengan menggunakan kuesioner dan pedoman wawancara, kuesioner disusun berdasarkan 5 indikator berpikir kritis yang dikembangkan oleh Marzano. Data kuesioner dianalisis dengan cara menghitung persentase kemudian dilakukan interpretasi menjadi beberapa kategori, sedangkan hasil wawancara dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keterampilan berpikir kritis Guru Biologi SMA Negeri Kota Pekanbaru sebesar 88.2% dengan persentase tertinggi pada indikator “akurat dan mencari akurasi” yaitu sebesar 92,5% berada pada kategori sangat baik sedangkan indikator terendah yaitu “jelas dan mencari kejelasan” dengan persentase sebesar 84,3% berada pada kategori baik. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa  tingkat berpikir kritis Guru Biologi SMA Negeri Kota Pekanbaru berada pada kategori sangat baik dan guru senior dengan lama mengajar >20 tahun memiliki kemampuan berpikir kritis yang lebih baik dibandingkan dengan guru junior dengan lama mengajar < 10 tahun.


Keywords


Berpikir Kritis, Guru, Biologi

Full Text:

PDF

References


Aktaş, G. S., & Ünlü, M. (2013). Critical Thinking Skills of Teacher Candidates of Elementary Mathematics. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 93(1), 831–835. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.09.288

Alexandra, G., & Ratu, N. (2018). Profil Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Dengan Graded Response Models. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 103–112.

Aliakbari, M., & Sadeghdaghighi, A. (2013). Teachers’ Perception of the Barriers to Critical Thinking. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 70(1), 1–5. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.01.031

Alwadai, M. A. (2014). Islamic Teachers’ Perceptions of Improving Critical Thinking Skills in Saudi Arabian Elementary Schools (Vol. 3). https://doi.org/10.5539/jel.v3n4p37

Amin, A. M., Duran Corebima, A., Zubaidah, S., & Mahanal, S. (2017). The Critical Thinking Skills Profile of Preservice Biology Teachers in Animal Physiology. International Conference on Education and Training, 128(1), 179–183. https://doi.org/10.2991/icet-17.2017.30

Arafah, K., Abdullah, H., & Malago, J. D. (2021). Profile of Critical Thinking Skills on Fluid Mechanics Material by Senior High School Students in Makassar City. Multicultural Education, 7(1), 128–133. https://doi.org/10.5281/zenodo.4445157

Aripin, U., Setiawan, W., & Hendriana, H. (2019). Critical Thinking Profile of Mathematics in Integral Materials. Journal Of Educational Experts (JEE), 2(2), 97–106.

Bezanilla, M. J., Fernández-Nogueira, D., Poblete, M., & Galindo-Domínguez, H. (2019). Methodologies for teaching-learning critical thinking in higher education: The teacher’s view. Thinking Skills and Creativity, 33(1), 1–18. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2019.100584

Cáceres, M., Nussbaum, M., & Ortiz, J. (2020). Integrating critical thinking into the classroom: A teacher’s perspective. Thinking Skills and Creativity, 37(1). https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100674

Chan, C. (2019). Using digital storytelling to facilitate critical thinking disposition in youth civic engagement: A randomized control trial. Children and Youth Services Review, 107(2), 1–10. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2019.104522

Cohen, J. (2010). Critical-thinking disposition and profile of critical-thinking disposition for postprofessional graduate athletic training students.

Daryanes, F., Sriyati, S., & Priyandoko, D. (2016). Implementasi Problem Based Learning untuk Meningkatkan Habits of Mind, Emotional Intelligence, Penguasaan Konsep Siswa Kelas XI Pada Materi Sistem Eksresi dan Sistem Saraf. Seminar Nasional Pendidikan Dan Saintek 2016.

Demirhan, E., & Köklükaya, A. N. (2014). The Critical Thinking Dispositions of Prospective Science Teachers. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 116(1), 1551–1555. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.433

Fatmawati, A., Zubaidah, S., Mahanal, S., & Sutopo. (2019). Critical Thinking, Creative Thinking, and Learning Achievement: How They are Related. Journal of Physics: Conference Series, 1417(1), 1–9. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1417/1/012070

Gezer, N., Kantek, F., & Öztürk, N. (2010). Profile and critical thinking levels of nursing students in a health school. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 9(1), 2057–2061. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.12.446

Hundial, H. (2020). The Safe Care FrameworkTM: A practical tool for critical thinking. Nurse Education in Practice, 48(1), 1–9. https://doi.org/10.1016/j.nepr.2020.102852

Idris, T. (2018). Profil Berpikir Kritis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Se-Kota Pekanbaru. Bioedusiana, 3(1), 1–7.

Juhji, & Suardi, A. (2018). Profesi Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Di Era Globalisasi. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1), 16–24.

Laelasari, I., & Anggraeni, S. (2017). Improving Critical Thinking and Metacognition Ability Using Vee Diagram through Problem-Based Learning of Human Respiratory System. Atlantis Press, 45–51. https://doi.org/10.2991/icmsed-16.2017.16

Laelasari, I., & Hilmi Adisendjaja, Y. (2018). Mengeksplorasi Kemampuan Berpikir Kritis Dan Rasa Ingin Tahu Siswa Melalui Kegiatan Laboratorium Inquiry Sederhana (Vol. 01). Retrieved from http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/Thabiea

Laelasari, I., Sari, N. E., & Nuhaya, N. (2019). Strategi yang Dapat Dikembangkan Dalam Pembelajaran Laboratorium Biologi. Thabiea : Journal of Natural Science Teaching, 2(1), 29. https://doi.org/10.21043/thabiea.v2i1.4815

Nisa, W. M., Nafiah, Z., & Wilujeng, I. (2020). Profile of critical thinking skills in student’s SMPN 1 Kalipare at topic of substance and its characteristics. Journal of Physics: Conference Series, 1440(1), 1–5. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1440/1/012081

Nurmaulita. (2014). Pembentukan Habits of Mind Siswa Melalui Pembelajaran Salingtemas Pada Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(1), 53–58.

Puspita, I., Kaniawati, I., & Suwarma, I. R. (2017). Analysis of Critical Thinking Skills on the Topic of Static Fluid. Journal of Physics: Conference Series, 895(1), 1–4. https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012100

Rahman, A., Rifqiawati, I., Damayanti, S., Lestari, I. D., & Usman. (2021). Profil Pengembangan Critical Thinking Skills melalui Pembelajaran Scientific Approach di Provinsi Banten. Jurnal Pendidikan Biologi Undiksha, 8(1), 7–18.

Rahman, A., Wahyuni, I., & Noviani, A. (2018). Profil Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kemampuan Metakognitif Siswa Berdasarkan Jenis Kelamin. Jurnal Pendidikan Biologi, 10(1), 28. https://doi.org/10.17977/um052v10i1p28-43

Raikou, N., Karalis, T., & Ravanis, K. (2017). Implementing an Innovative Method to Develop Critical Thinking Skills in Student Teachers. Acta Didactica Napocensia, 10(2), 21–30. https://doi.org/10.24193/adn.10.2.2

Sk, S., & Halder, S. (2020). Critical thinking disposition of undergraduate students in relation to emotional intelligence: Gender as a moderator. Heliyon, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e05477

Supriyati, E., Setyawati, O. I., Purwanti, D. Y., Salsabila, L. S., & Prayitno, B. A. (2018). Profil Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA Swasta di Sragen pada Materi Sistem Reproduksi. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 11(2), 74–80.

Wiyoko, T. (2019). Analisis Profil Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa PGSD Dengan Graded Response Models Pada Pembelajaran IPA. Indonesian J. Integr. Sci. Education, 1(1), 25–32.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jobe.v4i2.11660

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jobe Journal Indexed by :

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/crossref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpgHasil gambar untuk gambar garba rujukan digital

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/sinta.jpg