Open Journal Systems

SUSTAINABILITY PERUSAHAAN KELUARGA : STUDI KASUS PADA CV. MUBAROKFOOD CIPTA DELICIA KUDUS

Munawir Syadzali, Murtadho Ridwan

Abstract

Countries that have strong economies usually got great support from the family business, the more numerous and powerful family firm in it, the stronger the economy of a country. However, there are only many family business who are able to live from generation to generation. There is the curse of death and internal problems that must be faced by the family. Therefore, having a family business that is able to live up to our children and grandchildren is a pride in itself. This study will assess the sustainability of the family business which is in Kudus that is still exist until more than a century, namely CV. Mubarokfood Cipta Delicia. This study used a qualitative descriptive approach, and explored data through direct interviews with the managers of the company. The validity test using the technique of Triangulasi, then analyzed by reduction, display and analysis of data. The results of the study reveal a family member has a strong commitment to the sustainability of the company. It was realized in the 5S-based management application that lived from the values of philosophical culture.

Negara-negara yang memiliki ekonomi kuat biasanya mendapat sokongan besar dari bisnis keluarga, semakin banyak dan kuat perusahaan keluarga di dalamnya, semakin kokoh ekonomi suatu negara. Namun tidak banyak perusahaan keluarga yang mampu hidup dari generasi ke generasi. Terdapat kutukan maut dan problem internal yang harus dihadapi keluarga. Oleh sebab itu, memiliki bisnis keluarga yang sanggup hidup hingga ke anak cucu merupakan kebanggan tersendiri. Penelitian ini akan mengkaji sustainability perusahaan keluarga yang berada di Kudus yang mampu eksis hingga usia lebih dari satu abad, yakni CV. Mubarokfood Cipta Delicia. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dan menggali data melalui wawancara langsung dengan pengelola perusahaan. Sedang uji keabsahan menggunakan teknik triangulasi, selanjutnya dianalisis dengan reduksi, display dan analisis data. Hasil penelitian mengungkap anggota keluarga memiliki komitmen yang kuat terhadap keberlangsungan perusahaan. Hal itu diwujudkan dalam penerapan manajemen berbasis 5S yang dihayati dari nilai-nilai filosifis budaya perusahaan.

Keywords : family business, sustainability, keizen

References


A. B. Susanto, Word Class Familiy Business; Membangun Perusahaan Keluarga Berkelas Dunia, PT. Mizan Pustaka, Jakarta, 2005.

Akhmad Nur Zaroni, “Bisnis dalam Perspektif Islam; Telaah Aspek Keagamaan dalam Kehidupan Ekonomi”, dalam Jurnal Mazahib Vol. IV, No. 2, Desember 2007

Beni Achmad Saebani, Metode Penelitian, CV. Pustaka Setia, Bandung, 2008.

Hermawan Kertajaya dan Muhammad Syakir Sula, Syariah Marketing, Mizan Pustaka, Bandung, 2008

Hermawan Kertajaya, Marketing 3.0; Spiritual Intelegence¸dalam Keleidoskop Mubarok, dari Generasi ke Generasi, Simple Printing, Yogyakarta.

Indra Wijaya dan Ronny H. Mustamu, “Analisis Deskriptif Proses Suksesi Pada Perusahaan Keluarga yang Bergerak di Bidang Konveyor”, dalam Jurnal AGORA Vol. 2, No. 2, 2014.

Mariz, Memimpin dengan Visi, dalam Kaleidoskop Mubarokfood, dari Generasi ke Generasi; Meretas Perjalanan 102 Tahun (1910-2012), Dua Dekade (1991-2012) Dinamika Generasi Ketiga, Simple Printing, Yogyakarta, 2012

Mohamad Mufid, Penerapan Gerakan Manajemen 5S Menuju Perbaikan Kualitas dan Produktivitas, dalam Kaleidoskop Mubarokfood, dari Generasi ke Generasi; Meretas Perjalanan 102 Tahun (1910-2012), Dua Dekade (1991-2012) Dinamika Generasi Ketiga, Simple Printing, Yogyakarta

Nyoman Marpa, Perusahaan Keluarga; Sukses atau Mati, Jurus Sukses Agar Perusahaan Keluarga Mampu Bertahan dari Generasi ke Generasi, Cergas Media, Tangerang, 2012.

Syaifuddin Azwar, Metode Penelitian, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 2004.


Full Text: PDF

DOI: 10.21043/equilibrium.v2i2.729

How To Cite This :



Copyright (c) 2016 Equilibrium: Jurnal Ekonomi Syariah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.