Open Journal Systems
SUSTAINABILITY PERUSAHAAN KELUARGA : STUDI KASUS PADA CV. MUBAROKFOOD CIPTA DELICIA KUDUS
Abstract
Negara-negara yang memiliki ekonomi kuat biasanya mendapat sokongan besar dari bisnis keluarga, semakin banyak dan kuat perusahaan keluarga di dalamnya, semakin kokoh ekonomi suatu negara. Namun tidak banyak perusahaan keluarga yang mampu hidup dari generasi ke generasi. Terdapat kutukan maut dan problem internal yang harus dihadapi keluarga. Oleh sebab itu, memiliki bisnis keluarga yang sanggup hidup hingga ke anak cucu merupakan kebanggan tersendiri. Penelitian ini akan mengkaji sustainability perusahaan keluarga yang berada di Kudus yang mampu eksis hingga usia lebih dari satu abad, yakni CV. Mubarokfood Cipta Delicia. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dan menggali data melalui wawancara langsung dengan pengelola perusahaan. Sedang uji keabsahan menggunakan teknik triangulasi, selanjutnya dianalisis dengan reduksi, display dan analisis data. Hasil penelitian mengungkap anggota keluarga memiliki komitmen yang kuat terhadap keberlangsungan perusahaan. Hal itu diwujudkan dalam penerapan manajemen berbasis 5S yang dihayati dari nilai-nilai filosifis budaya perusahaan.
Keywords : family business, sustainability, keizenReferences
A. B. Susanto, Word Class Familiy Business; Membangun Perusahaan Keluarga Berkelas Dunia, PT. Mizan Pustaka, Jakarta, 2005.
Akhmad Nur Zaroni, “Bisnis dalam Perspektif Islam; Telaah Aspek Keagamaan dalam Kehidupan Ekonomi”, dalam Jurnal Mazahib Vol. IV, No. 2, Desember 2007
Beni Achmad Saebani, Metode Penelitian, CV. Pustaka Setia, Bandung, 2008.
Hermawan Kertajaya dan Muhammad Syakir Sula, Syariah Marketing, Mizan Pustaka, Bandung, 2008
Hermawan Kertajaya, Marketing 3.0; Spiritual Intelegence¸dalam Keleidoskop Mubarok, dari Generasi ke Generasi, Simple Printing, Yogyakarta.
Indra Wijaya dan Ronny H. Mustamu, “Analisis Deskriptif Proses Suksesi Pada Perusahaan Keluarga yang Bergerak di Bidang Konveyor”, dalam Jurnal AGORA Vol. 2, No. 2, 2014.
Mariz, Memimpin dengan Visi, dalam Kaleidoskop Mubarokfood, dari Generasi ke Generasi; Meretas Perjalanan 102 Tahun (1910-2012), Dua Dekade (1991-2012) Dinamika Generasi Ketiga, Simple Printing, Yogyakarta, 2012
Mohamad Mufid, Penerapan Gerakan Manajemen 5S Menuju Perbaikan Kualitas dan Produktivitas, dalam Kaleidoskop Mubarokfood, dari Generasi ke Generasi; Meretas Perjalanan 102 Tahun (1910-2012), Dua Dekade (1991-2012) Dinamika Generasi Ketiga, Simple Printing, Yogyakarta
Nyoman Marpa, Perusahaan Keluarga; Sukses atau Mati, Jurus Sukses Agar Perusahaan Keluarga Mampu Bertahan dari Generasi ke Generasi, Cergas Media, Tangerang, 2012.
Syaifuddin Azwar, Metode Penelitian, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 2004.
DOI: 10.21043/equilibrium.v2i2.729
How To Cite This :
Copyright (c) 2016 Equilibrium: Jurnal Ekonomi Syariah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.