Open Journal Systems
MOTIVASI MAHASISWA MENJADI WIRAUSAHA DI KABUPATEN KUDUS: STUDI KOMPARATIF STAIN KUDUS DAN UMK
Abstract
This study explored the entrepreneurial behavior among students at Kudus Regency, Central Java, Indonesia. One hundred students from STAIN Kudus and Muria Kudus University (UMK) were selected using cluster-sampling technique for the investigation. Descriptive statistics and t test technique were used to analyze data. Results revealed that both students at STAIN Kudus and UMK have high motivation in entrepreuship, however Students at STAIN Kudus have higher motivation than UMK. Implication, limitation and suggestion for future research are discussed.
Penelitian ini ingin menguji perilaku berwirausaha diantara mahasiswa di kabupaten Kudus dengan cara membandingkan motivasi berwirausaha mahasiswa ekonomi Islam STAIN Kudus dengan mahasiswa ekonomi UMK. Sebanyak seratus orang dari dua lembaga tersebut diambil menggunakan metode cluster sampling. Hasil penelitian ini dianalisis dengan diskriptif statistik dan t test. Hasilnya menunjukkan bahwa baik mahasiswa STAIN Kudus dan UMK sama sama meiliki motivasi berusaha yang tinggi, tetapi mahasiswa STAIN Kudus memiliki motivasi lebih tinggi. Implikasi, keterbatasan dan saran untuk penelitian selanjutnya disajikan dalam artikel ini.
Kata Kunci: Pelatihan, Budaya organisasi dan efektifitas Kinerja
References
Alma, Buchari. 2004. Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.
Alma, Buchari. 2009. Donni Juni Priansa Manajemen Bisnis Syariah. Bandung: Alfabeta.
Azwar, Syaifudin. 2001. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hadi, Sutrisno. 1981. Metode Penelitian Research. Jilid 1. Yogyakarta: Yayasan Penerbit Fakultas Psikologi UGM.
Hasibuan. Malayu S.P. (2005. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.
http://www.polsri.ac.id/pedoman-polsri/buku-himpunan-peraturan-tentang--perguruan-tinggi-di-indonesia, diunduh pada tanggal 12 Oktober 2014.
Indrianto, Nur, dan Bambang Supomo. 1999. Metode Penelitian untuk Akuntansi dan Manajemen. Yogjakarta: BPFE.
Jalil, Abdul. 2013. Spiritual Entreupeneurship Transformasi Spiritualitas Kewirausahaan. Yogyakarta: LKIS.
Rahmawati. 2000. Pendidikan Kewirausahaan Dalam Globalisasi. Yoyakarta: Liberty.
Saiman, Leonardus. 2009. Kewirausahaan. Teori Praktek dan Kasus-Kasus, Jakarta: Salemba Empat.
Suarta, I Ketut. 2012. “Analisis Faktor-Faktor yang Memotivasi Mahasiswa Menjadi Wirausaha”, Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan Vol. 8 No. 1, Jurusan Pariwisata Politeknik Negeri Bali
Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV. Alfabeta.
Suharti, Lieli dan Hani Sirine. 2002. “Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Niat Kewirausahaan, Studi Terhadap Mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga”, Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.
Sumahadimidjaja, Suparman. 1987. Pembangunan Masyarakat Pancasila Melalui Pendekatan Mutu SDM dengan Sistem Pendidikan, Sikap, Mental, Wirausaha, Jakarta: Lembaga Bina Wiraswasta.
Suryana. 2003, Kewirausahaan. Pedoman Praktis Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat.
Syah, Muhibbin. 2000. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Remaja Bandung: Rosda Karya.
Umar, Husain. 2002. Metode Riset Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Wijaya, Tony. 2013. Metodologi Penelitian Ekonomi dan Bisnis, Teori dan Praktek. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Zaelani, Muhammad Asep. 2008, Etika dan Prinsip Bisnis dalam Islam (online),
http://agustianto.niriah.com/2008/04/11/etika-bisnis-dalam-islam/, diunduh pada tanggal 13 Oktber 2014.
DOI: 10.21043/equilibrium.v2i2.726
How To Cite This :
Copyright (c) 2016 Equilibrium: Jurnal Ekonomi Syariah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.