Open Journal Systems

Kolaborasi Pemerintahan Desa Dan Masyarakat Dalam Penanggulangan Pada Dampak Pandemi Covid 19 Di Desa Karang

Riska Yulianti, Nur Khalimatussa'diyah

Abstract

Tujuan dalam penulisan ini adalah menjelaskan bahwa kolaborasi masyarakat pada penanggulangan dan pecegahan pada pandemic corona virus disease 19 ( covid 19) di Desa Karang itu sangat penting. Dalam penanggulangan dan pencegahan dampak pandemi covid 19 ini pemerintahan desa dan tokoh- tokoh desa ikut unggul dalam kegiatan aksi tersebut. Pada kolaborasi penanggulangan ini menggunakan metode kualitatif dan metode PAR yang di lakukan dengan cara membentuk progam aksi  pratisipasi masyarakat yang bertujuan untuk mengubah kondisi sosial dari pandemic covid tersebut. Kolaborasi yang di lakukan masyarakat tersebut merupakan salah satu kunci utama dalam menjalankan keberhasilan dalam pencegahan dan juga penyebaran wabah Covid-19 ini. Sosial Distancing ataupun Physical distancing merupakan salah satu kegiatan utama yang harus diterapkan guna untuk memotong rantai dari penyebaran virus corona atau biasa disebut dengan Covid-19. Sebagian masyarakat pun sadar maka masyarakat akan mengikuti mekanisme dalam pembatasan sosial ini, tetapi  masih ada sebagian juga yang belum berpartisipasi dalam aksi penanggulangan penyebaran covid 19.Tulisan ini mengkasi Kolaborasi masyrakat dalam pencegahan penyebaran virus pandemic Covid-19 di Desa Karang. Penanganan penyebaran pandemic virus Covid-19 ini dapat terlaksanakan dengan baik jika masyarakat ikut serta mengikuti himbauan yang di buat oleh pemerintah untuk selalu melakukan kegiatan- kegiatannya salah satunya melakukan jaga jarak dan tetap tinggal di rumah (stay at home).

Keywords


Masyarakat, Pemerintah, covid-19

References


Agusa Afandi, Mohammad Hadi Sucipto, Abdul Muhid, 2015 , Modul Participation Action Research (PAR) Untuk Pengorganisasian Masyarakat. Surabaya: CV DWI Putra Pustaka Jaya.

Https://www.kompas.com/sains/read/2020/04/13/092529123.(n.d.).Https://www.kompas.com/sains/read/2 020/04/13/092529123.

Jamluddin, Adon Nasrullah, 2015, Sosiologi Perdesaan, Sosiologi Perdesaan ,Bandung: CV Mustika Setia.

Mulyadi, Mohammad. 2009. Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan Masyarakat Desa. Tangerang: Nadi Pustaka.

Putra, Safrizal ZA dan Danang Insita, 2020, Pedoman Umum Menghadapi Pandemi Covid 19, Jakarta: Kementrian Dalam Negeri.

Sahya Anggara, Salamatul Afiyah, 2020, Inovasi Kebijakan Publik Tentang Pencegahan dan Peanggulangan Corona Virus Disease 19 ( COVID19 ) : Jawa Barat

Sisman, 2020, Kepala Desa Karang Juwana Pati, 12 Mei 2020

(Widjaja Haw, 2002, Otonomi Daerah dan Otonom Daerah ,Jakarta : CV Raja Grafindo Presada


Full Text: PDF

DOI: 10.21043/cdjpmi.v4i1.9519

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.