Open Journal Systems

Peran Masjid dalam Pemberdayaan Ekonomi dan Sosial Umat di Tengah Pandemi Covid-19, Studi Kasus: Masjid Al-Mizan Griya Tahunan Indah Jepara

Firda Wasi'atul Ilmi, Muhammad Ilham Amin Al Hakim

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran masjid dalam pemberdayaan ekonomi dan sosial pada masa social distancing atau pembatasan gerak akibat adanya penyebaran pandemi Coronavirus Disease (Covid-19). Covid-19 ini menjadi problem masyarakat di segala bidang terutama dalam bidang kesehatan, soial, maupun ekonomi. Peran masjid dalam pemberdayaan ekonomi sosial dapat memberi bantuan bagi masyarakat sekitar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan. Upaya pemberdayaan ekonomi sosial umat di tengah pandemi meliputi: pemberian bantuan kepada masyarakat sekitar berupa sembako. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran masjid sangat dibutuhkan dalam pemberdayaan ekonomi dan juga sosial umat ditengah pandemi Covid-19. Dari hasil penelitian tersebut maka kegiatan pemberdayaan ekonomi dapat dilakukan dengan memberikan bantuan paket sembako kepada masayarakat yang sedang terdampak virus corona (Covid-19).

Keywords


Masjid, Pemberdayaan, pandemi covid-19

References


Shihab, Quraisy. (1996) Membumikan Al-Qur’an. Jakarta: 1996.

Umar, Suhairi. (2019) Pendidikan Masyarakat Berbasis Masjid. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Roqib, Moh. (2005) Menggugat Fungsi Edukasi Masjid. Yogyakarta: Grafindo dan STAIN Purwokerto Press.

Fizaturrodhiah, Nur. (2018) Peran Institusi Masjid Sebagai Pusat Pemberdayaan Sosial Ekonomi Masyarakat (Studi di Masjid Sabilillah Malang. Jurnal IQTISHODUNA,14, 3.

Auliyah, Robiatul. (2014) Studi Fenomologi Peranan Manajemen Masjid At-Taqwa dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Bangkalan. Jurnal Studi Manajemen. 8(1).77-78.

Redaksi. diakses dari http://suarabaru.id/2020/04/28/peduli-covid-19-jamaah-masjid-al-mizan tahunan-bagikan-paket-sembako/ pada hari Sabtu tanggal 13 Juni 2020 pukul 18.10 WIB.


Full Text: PDF

DOI: 10.21043/cdjpmi.v4i1.9517

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.