Open Journal Systems

Strategi Komunitas Petani Jambu Madu Deli Dalam Pemberdayaan Masyarakat Di Desa Kuryokalangan Kecamatan Gabus Kabupaten Pati

Emilia Nurul Wahida

Abstract

Tulisan ini akan membicarakan tentang strategi komunitas kelompok petani jambu madu deli di desa Kuryokalangan mengenai pemberdayaan masyarakat terutama di bidang perekonomian.  Melihat adanya pengangguran di wilayah ini, komunitas petani jambu madu deli berinisiatif untuk memberdayakan masyarakat. Kesadaran untuk melakukan pemberdayaan di respon cukup baik oleh warga setempat,  namun terkadang ada pula yang meremehkan. Komunitas jambu ini sudah mulai berkembang dan mengalami penaikan sedikit demi sedikit.  Pemberdayaan ini bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya para pemuda yang belum memiliki pekerjaan, ibu rumah tangga. Tak hanya sampai disitu, dengan adanya pemberdayaan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan keahlian petani dalam meningkatkan hasil dari tanaman jambu tersebut. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif, data penelitian diperoleh menggunakan wawancara, dokumentasi. Perlu adanya kerjasama antara komunitas petani jambu madu deli dengan pemerintah desa setempat. Hasil penelitian dari karya tulis ini menjelaskan bahwa strategi pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh komunitas ini adalah pemberdayaan berdasarkan teori PAR (Participatory Action Research), dengan teori ini diharapkan dapat berjalan dengan seoptimal mungkin.

Keywords


pemberdayaan masyarakat, ekonomi, petani

References


Nurjanah, Tika Rangkuti, dkk. Prospek Pengembangan Budidaya Jambu Madu Deli di Kelurahan Sumber Karya Kota Binjai.Jurnal Ilmiah Mahasiswa pertanian Unsyiah.Volume 01 Nomor 01, November 2016.

Affandi,Agus,dkk. Modul Participatory Action Research untuk pengorganisasian masyarakat. (Surabaya: CV. Dwi Putra Pustaka Jaya, 2015).

Setiana, Lucie. Teknik Penyuluhan dan Pemberdayaan Masyarakat.(Bogor: Ghalia Indonesia, 2005)

Icha Erikania, Strategi komunitas petani jambu kristal dalam pemberdayaan ekonomi rumah tangga di desa Sumberejo kecamatan Sumberejo kabupaten Tanggamus: repository.radenintan.ac.id, 2018.

https://eprints.uny.ac.id, pemberdayaan masyarakat.


Full Text: PDF

DOI: 10.21043/cdjpmi.v4i1.9500

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.