Open Journal Systems

Pemberdayaan Brain Based Learning Dalam Pendidikan Anak

Abdulloh Hadziq

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi anak yang berada di lembaga pendidikan, dimana kemampuan berfikir kritis anak belum sesuai yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauhmana strategi pengembangan brain based learning dalam upaya pemberdayaan potensi anak usia dini. Penelitian  ini  merupakan penelitian kepustakaan (library  research) dengan menggunakan metode pendekatan deskriptif analisis terhadap tema-tema Brain based learning yang merupakan model pembelajaran yang sangat tepat diterapkan dalam pendidikan anak usia dini. Hasil telaah yang dilakukan menunjukan bahwa adanya perbedaan kemampuan berpikir kritis anak yang mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan Brain Based Learning dengan anak yang mendapatkan pendekatan non brain based. Penelitian ini menyarankan agar pendekatan brain based learning dapat dijadikan alternatif sebagai salah satu pendekatan pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kemampuan berfikir anak serta menumbuhkan motivasi tinggi anak terhadap informasi yang ia terima.

Kata kunci:   Brain Based Learning, Pendidikan, Anak


Abstract

This study background is to examine childhood condition under education institution that critical discourse has not been applied yet. This study aims to examine brain based learning strategy for enhancing early childhood prospect. The research employs library research including descriptive method to analyze brain based learning fieldwork as a model of early childhood education. The result shows that there is distinction of critical thinking of students who utilize brain based learning method and non-brain based learning method. This study recommends teacher employs brain based learning as one of effective learning approach to enhance critical thinking student and increase student motivation towards received information.

Keywords:      Brain Based Learning, Education, Childhood

References


DAFTAR PUSTAKA

Abu Bakar, Anwar. 2009. Al Qur’an dan Terjemahannya. Bandung : Sinar Baru Algensindo.

Chamidiyah (2015) Pembelajaran melalui Brain Based Learning dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam Vol. 10, No. 2. Ahmad, Nur. 2014. Menggali Potensi Kecerdasan Anak Melalui Pendekatan Spiritual. Jurnal Thufula: Journal of Preschool Education.Vol. Juli - Desember

Duman, B.. The Effect of Brain-Based Instruction to Improve on Student’s Academic Achievement in Social Sstudies. [Online]. Dalam International Conference on Engineering Education, 2006. Di akses pada tanggal : 13 September 2016. http://www.icee.usm.edu/icee/conferences/icee2006/papers/3380.pdf.

Hamruni. 2009. Edutainment dalam Pendidikan Islam & Teori-teori Pembelajaran Quantum. Yogyakarta: Fak. Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga.

Hasan, Maimunah. 2010. Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Diva Press.

Jensen, Eric. 2008. Brain Based Learning: The New Science of Teaching and Training, terj. Narulita Nusron. Yogyakarta: Psutaka Pelajar.

LN, Syamsu Yusuf. 2004. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Martuti, A. 2009. Mendirikan & Mengelola PAUD; Manajemen Administrasi dan Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Kreasi Wacana.

Pasiak, Taufiq. 2002. Revolusi IQ/EQ/SQ, Menyingkap Rahasia Kecerdasan Berdasarkan al Qur’an dan Neurosains Mutakhir. Bandung : Mizan.

Santrock, John W. 2010. Psikologi Pendidikan, edisi II. Jakarta : Kencana.

Syafa’at, Asep. Brain Based Learning. dalam www.sahabatguruindonesia.html. Diakses pada tanggal 3 Desember 2016.

Syakir, S.,dkk. (2014). Islamic Hypnoparenting: Mendidik Anak Masa Kini Ala Rasulullah. Jakarta: PT. Kawan Pustaka

Very Julianto, Rizki Putri Dzulqaidah, Siti Nurina Salsabila. (2014). Pengaruh Mendengarkan Murattal Al Quran Terhadap Peningkatan Kemampuan Konsentrasi. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi. Vol. 1, No.2, hlm. 120 – 129

Zul fikri Anas. (2011). Pendekatan Brain Based Learning Dalam Penanaman Nilai Budaya melalui Pendidikan Formal. Jurnal Komunitas Vol. 3 No. 2. hlm. 150-158


Full Text: PDF

DOI: 10.21043/cdjpmi.v2i2.5931

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.