Open Journal Systems

Penguatan Kecakapan Literasi Finansial Anak Melalui Edukasi Di Desa Doropayung Kecamatan Juwana

Nia Lailin Nisfa, Khabib Sholihin, Irma Nur Afidah, M Farhan Adib

Abstract

Literasi finansial merupakan kemampuan yang penting untuk dipahami sejak dini guna membekali anak-anak dengan keterampilan pengelolaan keuangan yang baik. Sayangnya, pemahaman anak-anak terhadap konsep dasar finansial masih sangat terbatas, terutama di kalangan usia sekolah dasar. Program ini bertujuan untuk meningkatkan literasi finansial pada anak-anak melalui pendekatan edukatif yang interaktif dan menyenangkan. Metode yang digunakan dalam program ini adalah pengajaran atau edukasi berbasis permainan edukatif, simulasi, dan cerita bergambar, dan vidio yang dirancang sesuai dengan tingkat pemahaman anak-anak. Kegiatan ini dilaksanakan di SD 01 Doropayung dengan melibatkan siswa kelas 4 yang berjumlah 19 anak. Evaluasi dilakukan melalui pre-test dan post-test untuk mengukur peningkatan pemahaman anak terhadap konsep-konsep finansial dasar seperti menabung, kebutuhan versus keinginan, dan perencanaan sederhana. Hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman anak-anak terhadap literasi finansial

Keywords


Edukasi, Literasi Financial, Anak

References


Anggarani, F. K., Setyowati, R., Satwika, P. A., & Andayani, T. R. (2022). Pengaruh Pendidikan Literasi Keuangan dengan Pendekatan Bermain Peran pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3836–3845. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1920

Ariyati, T., & Purwokerto, U. M. (2016). PARENTING DI PAUD SEBAGAI UPAYA PENDUKUNG TUMBUH. IX(2).

Haryanti, P., Hidayati, A., Rodliyah, I., Nisful Laili, C., & Saraswati, S. (2020). Sosialisasi Literasi Keuangan Syariah Pada Anak Usia Dini. JIPEMAS: Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat, 3(2), 136. https://doi.org/10.33474/jipemas.v3i2.6584

Jamilah, P., Busyro, W., Septianingsih, R., & Lisman, M. (2024). Literasi Keuangan Pada Anak Usia Dini di Selangor , Malaysia Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Cerdas Mengelola Uang. 8(1), 67–71.

Moreno-Herrero, D., Salas-Velasco, M., & Sánchez-Campillo, J. (2018). Factors that influence the level of financial literacy among young people: The role of parental engagement and students’ experiences with money matters. Children and Youth Services Review, 95(October), 334–351. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2018.10.042

Pierce, H., Jones, M. S., & Holcombe, E. A. (2022). Early Adverse Childhood Experiences and Social Skills Among Youth in Fragile Families. Journal of Youth and Adolescence, 51(8), 1497–1510. https://doi.org/10.1007/s10964-022-01607-3

Rahmat, A., & Mirnawati, M. (2020). AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 06(01), 62–71.

Yuwono, W. (2020). Konseptualisasi Peran Strategis dalam Pendidikan Literasi Keuangan Anak melalui Pendekatan Systematic Review. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1419–1429. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.663


Full Text: PDF

DOI: 10.21043/cdjpmi.v8i2.29566

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.