Open Journal Systems
KOLABORASI PENTAHELIX WISATA JERATUN SELUNA (WJS) PERSPEKTIF PSIKOLOGI PELAYANAN DI DESA TEMULUS KABUPATEN KUDUS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas kolaborasi Model Pentahelix dalam pengembangan Wisata Jeratun Seluna (WJS) di Desa Temulus, Kabupaten Kudus, dengan fokus pada aspek psikologi pelayanan. Walaupun WJS telah diluncurkan sebagai desa wisata, tantangan utama yang dihadapi adalah kurangnya optimalisasi kerja sama antar pemangku kepentingan (pemerintah, akademisi, bisnis, komunitas, dan media) serta keterbatasan fasilitas dan ornamen wisata, yang mempengaruhi kualitas dan daya tarik destinasi. Penelitian ini menganalisis peran masing-masing pihak dan menilai kualitas interaksi serta pelayanan dari perspektif psikologi pelayanan, termasuk pengaruh perilaku staf, keramahan, dan profesionalisme terhadap kepuasan pengunjung. Penelitian ini bersifat deskriptif-kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, melibatkan Kepala Desa dan aktor terkait lainnya. Analisis data dilakukan dengan penggalian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan, menggunakan triangulasi sumber dan teknik untuk uji keabsahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, meskipun aktor Pentahelix berperan signifikan, kolaborasi belum optimal, dan pengembangan fasilitas masih terbatas. Penelitian ini merekomendasikan perbaikan sinergi antar pemangku kepentingan serta peningkatan kualitas pelayanan dan fasilitas untuk memperbaiki daya tarik dan keberlanjutan WJS.
Keywords
References
Alfiah, S., Andriani, J., Lesmana, R., Sunardi, N., & Furyanah, A. (2019). Manajemen Pengelolaan Desa Wisata Pada Desa Cimanggu, Kecamatan Cisalak, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat ( Studi Kasus Pada Curug Paok dan Bukit Pasir Jaka). Abdi Masyarakat Humanis, 1(1), 21–28.
Alghizzawi, M., Salloum, S. A., & Habes, M. (2018). The role of social media in tourism marketing in Jordan. International Journal of Information Technology and Language Studies, 2(3), 59–70.
Candra, A. L. (2010). IDENTIFIKASI JENIS POHON MENURUT MODEL ARSITEKTUR DAN FUNGSINYA DI KAWASAN WISATA BUDAYA BENTENG VREDEBURG YOGYAKARTA.
Candranegara, I. M. W., Mirta, I. W., & Suryana, I. N. M. (2019). Government Collaboration Of Pentahelix Models In The Management Of Ecotourism D’Bendungan View Telaga Tunjung (Case Study Management of Ecoutourism D’Bendungan View Telaga Tunjung in Timpag Village, Tabanan Bali). Iapa Proceedings Conference, 68. https://doi.org/10.30589/proceedings.2019.222
Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah. (2020). Pariwisata Jawa Tengah Dalam Angka (Vol. 53, Issue 9, pp. 1689–1699).
Ermawati, Y., & Pujianto. (2022). Tata Kelola dan Manajemen Keuangan Kelompok UMKM di Desa Wisata. Snistek, 4, 385–392.
Hartati, I. N. dan S. H. (2019). Metodologi Penelitian Sosial & Pendidikan. https://books.google.co.id/books?id=tretDwAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=metode+penelitian+kualitatif+sosial&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwi8obfvycbvAhWBfH0KHXtIDhAQ6AEwAHoECAIQAg#v=onepage&q=metode penelitian kualitatif sosial&f=false
Hastutik, P., Nurofik, A., Purnomo, A., Hasibuan, A., & Ariwibowo, H. (2020). Kewirausahaan dan UMKM (A. Rikki (Ed.)). Yayasan Kita Menulis.
Khotimah, K., & Wilopo, W. (2017). Strategi Pengembangan Destinasi Pariwisata Budaya (Studi Kasus pada Kawasan Situs Trowulan sebagai Pariwisata Budaya Unggulan di Kabupaten Mojokerto). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 42(1), 56–65.
L.S Vygotsky, & Bakhtin, M. M. (1978). Mind in Society The Development. University of Texas Press Slavic Series.
Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif, cet. In XI. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nadaraja, R., & Yazdanifard, R. (2013). Social media marketing: advantages and disadvantages. Center of Southern New Hempshire University, 1–10.
Prabawani, B. (2016). BUSINESS SUSTAINABILITY dan Peran Triple Helix dalam Industri.
Pusparani, P., & Rianto, R. (2021). Implementasi Konsep Pentahelix Dalam Pengembangan Desa Wisata Cibuntu. Sadar Wisata: Jurnal Pariwisata. https://doi.org/10.32528/sw.v4i1.5389
Rusyidi, B., & Fedryansah, M. (2019). PENGEMBANGAN PARIWISATA BERBASIS MASYARAKAT. Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial. https://doi.org/10.24198/focus.v1i3.20490
Sahabudin, A. (2020). TANTANGAN MILENIAL DI DESA WISATA. Tornare. https://doi.org/10.24198/tornare.v2i1.25824
Salazar, N. B. (2017). Community-based cultural tourism: Issues, threats and opportunities. In Tourism and Poverty Reduction (pp. 131–144). Routledge.
Sheth, J. N. (2018). How Social Media Will Impact Marketing Media BT - Social Media Marketing: Emerging Concepts and Applications (G. Heggde & G. Shainesh (Eds.); pp. 3–18). Springer Singapore. https://doi.org/10.1007/978-981-10-5323-8_1
Subarkah, A. R. (2018). Potensi dan Prospek Wisata Halal Dalam Meningkatkan Ekonomi Daerah (Studi Kasus: Nusa Tenggara Barat). Jurnal Sosial Politik, 4(2), 49. https://doi.org/10.22219/sospol.v4i2.5979
Sujarwo, S., Samsi, I., & Wibawa, L. (2017). Desain model wisata belajar di Kebun Binatang Gembiraloka Yogyakarta sebagai laboratorium luar kampus. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(1), 90.
Sulistiani, K., & Kaslam, K. (2020). Kebijakan Jogo Tonggo Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dalam Penanganan Pandemi Covid-19. Vox Populi, 3(1), 31. https://doi.org/10.24252/vp.v3i1.14008
Tristanti, I. (2016). Remaja dan perilaku Merokok.
Triyono, L., Yudantoro, T. R., Sukamto, S., & Hestiningsih, I. (2021). Penerapan Digital Marketing Dalam Upaya Peningkatan Penjualan Toko Oleh-Oleh Danisa. Jurnal Hilirisasi Technology Kepada Masyarakat (SITECHMAS), 1(1). https://doi.org/10.32497/sitechmas.v1i1.2233
Wisri. (2018). KOMUNIKASI DAN KERUKUNAN UMAT BERAGAMA. Indonesian Journal of Islamic Communication. https://doi.org/10.35719/ijic.v1i1.19
Wulandari, M., Susanto, P. C., Andityawan, I. M., Sinlae, J. B., Wiryadikara, R. P., & Adiada, A. A. K. (2018). Pendampingan Kelompok Sadar Wisata Desa Catur Kintamani Menuju Desa Wisata Yang Kekinian. Seminar Nasional Aplikasi Iptek (SINAPTEK), 1.
Yusuf, M. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Kencana. https://books.google.co.id/books?id=RnA-DwAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=metode+penelitian+kualitatif&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwiSvr--y8bvAhWt7HMBHasmAlgQ6AEwAHoECAUQAg#v=onepage&q=metode penelitian kualitatif&f=false
Alfiah, S., Andriani, J., Lesmana, R., Sunardi, N., & Furyanah, A. (2019). Manajemen Pengelolaan Desa Wisata Pada Desa Cimanggu, Kecamatan Cisalak, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat ( Studi Kasus Pada Curug Paok dan Bukit Pasir Jaka). Abdi Masyarakat Humanis, 1(1), 21–28.
Alghizzawi, M., Salloum, S. A., & Habes, M. (2018). The role of social media in tourism marketing in Jordan. International Journal of Information Technology and Language Studies, 2(3), 59–70.
Candra, A. L. (2010). IDENTIFIKASI JENIS POHON MENURUT MODEL ARSITEKTUR DAN FUNGSINYA DI KAWASAN WISATA BUDAYA BENTENG VREDEBURG YOGYAKARTA.
Candranegara, I. M. W., Mirta, I. W., & Suryana, I. N. M. (2019). Government Collaboration Of Pentahelix Models In The Management Of Ecotourism D’Bendungan View Telaga Tunjung (Case Study Management of Ecoutourism D’Bendungan View Telaga Tunjung in Timpag Village, Tabanan Bali). Iapa Proceedings Conference, 68. https://doi.org/10.30589/proceedings.2019.222
Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah. (2020). Pariwisata Jawa Tengah Dalam Angka (Vol. 53, Issue 9, pp. 1689–1699).
Ermawati, Y., & Pujianto. (2022). Tata Kelola dan Manajemen Keuangan Kelompok UMKM di Desa Wisata. Snistek, 4, 385–392.
Hartati, I. N. dan S. H. (2019). Metodologi Penelitian Sosial & Pendidikan. https://books.google.co.id/books?id=tretDwAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=metode+penelitian+kualitatif+sosial&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwi8obfvycbvAhWBfH0KHXtIDhAQ6AEwAHoECAIQAg#v=onepage&q=metode penelitian kualitatif sosial&f=false
Hastutik, P., Nurofik, A., Purnomo, A., Hasibuan, A., & Ariwibowo, H. (2020). Kewirausahaan dan UMKM (A. Rikki (Ed.)). Yayasan Kita Menulis.
Khotimah, K., & Wilopo, W. (2017). Strategi Pengembangan Destinasi Pariwisata Budaya (Studi Kasus pada Kawasan Situs Trowulan sebagai Pariwisata Budaya Unggulan di Kabupaten Mojokerto). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 42(1), 56–65.
L.S Vygotsky, & Bakhtin, M. M. (1978). Mind in Society The Development. University of Texas Press Slavic Series.
Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif, cet. In XI. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nadaraja, R., & Yazdanifard, R. (2013). Social media marketing: advantages and disadvantages. Center of Southern New Hempshire University, 1–10.
Prabawani, B. (2016). BUSINESS SUSTAINABILITY dan Peran Triple Helix dalam Industri.
Pusparani, P., & Rianto, R. (2021). Implementasi Konsep Pentahelix Dalam Pengembangan Desa Wisata Cibuntu. Sadar Wisata: Jurnal Pariwisata. https://doi.org/10.32528/sw.v4i1.5389
Rusyidi, B., & Fedryansah, M. (2019). PENGEMBANGAN PARIWISATA BERBASIS MASYARAKAT. Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial. https://doi.org/10.24198/focus.v1i3.20490
Sahabudin, A. (2020). TANTANGAN MILENIAL DI DESA WISATA. Tornare. https://doi.org/10.24198/tornare.v2i1.25824
Salazar, N. B. (2017). Community-based cultural tourism: Issues, threats and opportunities. In Tourism and Poverty Reduction (pp. 131–144). Routledge.
Sheth, J. N. (2018). How Social Media Will Impact Marketing Media BT - Social Media Marketing: Emerging Concepts and Applications (G. Heggde & G. Shainesh (Eds.); pp. 3–18). Springer Singapore. https://doi.org/10.1007/978-981-10-5323-8_1
Subarkah, A. R. (2018). Potensi dan Prospek Wisata Halal Dalam Meningkatkan Ekonomi Daerah (Studi Kasus: Nusa Tenggara Barat). Jurnal Sosial Politik, 4(2), 49. https://doi.org/10.22219/sospol.v4i2.5979
Sujarwo, S., Samsi, I., & Wibawa, L. (2017). Desain model wisata belajar di Kebun Binatang Gembiraloka Yogyakarta sebagai laboratorium luar kampus. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(1), 90.
Sulistiani, K., & Kaslam, K. (2020). Kebijakan Jogo Tonggo Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dalam Penanganan Pandemi Covid-19. Vox Populi, 3(1), 31. https://doi.org/10.24252/vp.v3i1.14008
Tristanti, I. (2016). Remaja dan perilaku Merokok.
Triyono, L., Yudantoro, T. R., Sukamto, S., & Hestiningsih, I. (2021). Penerapan Digital Marketing Dalam Upaya Peningkatan Penjualan Toko Oleh-Oleh Danisa. Jurnal Hilirisasi Technology Kepada Masyarakat (SITECHMAS), 1(1). https://doi.org/10.32497/sitechmas.v1i1.2233
Wisri. (2018). KOMUNIKASI DAN KERUKUNAN UMAT BERAGAMA. Indonesian Journal of Islamic Communication. https://doi.org/10.35719/ijic.v1i1.19
Wulandari, M., Susanto, P. C., Andityawan, I. M., Sinlae, J. B., Wiryadikara, R. P., & Adiada, A. A. K. (2018). Pendampingan Kelompok Sadar Wisata Desa Catur Kintamani Menuju Desa Wisata Yang Kekinian. Seminar Nasional Aplikasi Iptek (SINAPTEK), 1.
Yusuf, M. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Kencana. https://books.google.co.id/books?id=RnA-DwAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=metode+penelitian+kualitatif&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwiSvr--y8bvAhWt7HMBHasmAlgQ6AEwAHoECAUQAg#v=onepage&q=metode penelitian kualitatif&f=false
DOI: 10.21043/cdjpmi.v8i2.28959
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.