Open Journal Systems

Pemberdayaan Komunitas Pemulung Dalam Mengembalikan Fungsi Madrasah di Kompleks Perumahan Sosial Pecinan, Hadipolo, Jekulo, Kudus Melalui Pendekatan Partisipatory Action Reseach (par)

Siti Malaiha Dewi, Nur Said

Abstract

Tulisan ini merupakan catatan atas proses pemberdayaan yang dilakukan
oleh peneliti dalam memberdayakan komunitas pemulung yang ada
di kompleks Perumahan Sosial Pecinan, Hadipolo, Jekulo, Kabupaten
Kudus dalam mengembalikan kuasa mereka terhadap madrasah diniyyah
Al Muhajirin dengan menggunakan pendekatan Participatory Action
Research (PAR). Dengan pedekatan PAR ini diketahui core problem yang
menjadi penyebab stagnasi pembelajaran di Madin Al Muhajirin yaitu: 1)
Ketergantungan guru/ustadz dari luar perumahan sehingga kuasa kelola
atas madrasah justru tak sepenuhnya dimiliki oleh warga perumahan;
2) Tidak adanya struktur kepengurusan  madrasah yang jelas; 3)
Kuatnya stigma negatif yang menghambat komunikasi antar kelompok
di masyarakat Perumahan Pecinan; 4) Terbatasnya dana operasional.
Adapun hasil proses PAR diketahui bahwa komunitas pemulung,
terutama pemudanya sesungguhnya memiliki potensi-potensi strategis
sebab sebagian sudah memiliki keilmuan yang mumpuni namun mereka
kurang percaya diri. Setelah mengikuti berbagai program pelatihan, anak-
anak muda pecinan menampakkan antusiasme dalam menggerakkan
madrasah Al Muhajirin.

References


Chambers, Robert., PRA Participatory Rural Appraisal Memahami Desa

Secara Partisipatif, Yogyakarta: Yayasan Mitra Tani dan Penerbit

Kanisius, 1996

Faishol, Abdullah, dkk., Implementasi PAR & PRA untuk Aksi Aksi

Perubahan Sosial, Surakarta: P3M IAIN Surakarta, 2006

Rais, Rahmat, ‘Modal Sosial Seba Gal Strategi Pengembangan Madrasah

Studi Pengembangan Madrasah Pada MAN I Surakarta’, dalam

http://digilib.uin-suka.ac.id/14380

Rochmawati, Ida, ‘Optimalisasi Peran Madrasah dalam Pengembangan

Sistem Nilai Masyarakat’, dalam Pedagogia, Vol 1 No 2 Tahun

Soetrisno, Loekman, Menuju Masyarakat Partisipatif, Yogyakarta: Penerbit

Kanisius, 1995

Yahya, M.Daud, ‘Posisi Madrasah dalam Sistem Pendidikan Nasional di

Era Otonomi Daerah’, dalam Jurnal Khazanah Vol XII. Nomor 02

Januari-Juni 2014


Full Text: PDF

DOI: 10.21043/cdjpmi.v1i1.2581

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.