Open Journal Systems

Pelatihan Digital Marketing untuk Strategi Branding bagi Koperasi, UKM, dan Kelompok Strategis

Nur Hidayatul Istiqomah, A. Fahmi Zakariya, Dian Rustyawati

Abstract

Efek dari pandemi dan aturan pembatasan aktivitas masyarakat telah mengakibatkan penurunan omset penjualan. Oleh karena itu, Koperasi, UKM, dan Kelompok Strategis perlu menjadi lebih kreatif dan inovatif dalam menjalankan aktivitas pemasaran. Pemasaran digital atau pemasaran online adalah solusi yang tepat untuk mengatasi masalah ini. Namun, masih ada banyak pelaku Koperasi, UKM, dan Kelompok Strategis yang belum memahami pemasaran digital. Oleh karena itu, diperlukan pelatihan dan bantuan pemasaran digital agar mereka dapat bersaing dan inovatif dalam meningkatkan omset penjualan di era pandemi. Tujuan dari pelatihan dan bantuan pemasaran digital ini adalah memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada pelaku Koperasi, UKM, dan Kelompok Strategis untuk meningkatkan penjualan melalui pemasaran digital. Metode Pelatihan Digital Marketing untuk Strategi Branding bagi Koperasi, UKM, dan Kelompok Strategis adalah dengan melakukan tahap persiapan dan tahap pelaksanaan. Hasil Pelatihan Digital Marketing untuk Strategi Branding bagi Koperasi, UKM, dan Kelompok Strategis menunukkan bahwaMelalui social entrepreneurship, masyarakat dapat lebih terlibat dalam mencari solusi atas masalah sosial dan lingkungan di sekitarnya.

Keywords


Pelatihan, Digital Marketing, Strategi Branding, Koperasi, UKM, Kelompok Strategis

References


Afiffah, S. R., Fortuna, O. D., Kusumah, T. M., & Fauzi, A. (2022). Penerapan Strategi Digital Marketing Model AIDA dalam Pemberdayaan Masyarakat Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Cakrawala, Rawalumbu, Kota Bekasi. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(2), 623–630. https://doi.org/10.54082/jamsi.286

AlNuaimi, B. K., Kumar Singh, S., Ren, S., Budhwar, P., & Vorobyev, D. (2022). Mastering digital transformation: The nexus between leadership, agility, and digital strategy. Journal of Business Research, 145, 636–648. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2022.03.038

Andriana, A., Hijrah, Putri, D., Putri, W., Fauziah, S., & Darus, C. (2022). Platihan Strategi Social Media Marketing Menggunakan Instagram dalam Meningkatkan Penjualan Online. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(2), 1477–1485. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i2.7336

Ariyani, D., Riono, S., & Sucipto, H. (2022). Pelatihan Branding Equity untuk Membangun Brand Image pada Pelaku UMKM di Desa Ciawi dalam Meningkatkan Daya Jual. KREATIF: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 100–106. https://journal.amikveteran.ac.id/index.php/kreatif

Banurea, L., & Maulina, P. (2022). Political Branding Edy Rahmayadi pada Kampanye Pilgub Sumatera Utara Tahun 2018 melalui Instagram. Jurnal Ilmu Komunikasi Andalan) |, 5(2), 115–137. https://ejurnal.unma.ac.id/index.php/jika/

Effendi, N., Gita, S., Marthika, L., Ferdian, T., & Wineh, S. (2022). Peningkatan Penjualan Produk UMKM Masa Pandemi Covid 19 Melalui Pelatihan Digital Marketing dengan Graphic Designer Software Canva. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(1), 643–653. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i1.6574

Fahdia, M. R., Kurniawati, I., Amsury, F., Heriyanto, & Saputra, I. (2022). Pelatihan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan Bagi UMKM Tajur Halang Makmur. Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika, 2(1), 34–39. https://doi.org/10.25008/abdiformatika.v2i1.147

Fahmi, K., Sihotang, M., Hadinegoro, R., Sulastri, E., Cahyono, Y., & Megah, S. I. (2022). Health Care SMEs Products Marketing Strategy: How the Role of Digital Marketing Technology through Social Media? UNPRI Journal of Science and Technology, 1(1), 16–22.

Handayani, E., & Randikaparsa, I. (2022). Pelatihan Strategi Digital Marketing untuk UMKM Aisiyah Kabupaten Banyumas. In Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 1, Issue 1).

Hutami, L., Cahya, A., Ibrahim, M., & Setyawati, H. (2022). Pelatihan Bisnis Donat Serta Paparan Strategi Pemasaran Digital dan Pengembangan Wirausaha pada Masa Pandemi di Dusun Sendangmulyo. Jurnal BUDIMAS, 04(01), 1–6.

Jannatin, R., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebriyanto, A. (2020). Penerapan Digital Marketing Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal Impact: Implementation and Action, 2(2).

Khie, K. (2022). Impact and Challenges of Digital Marketing in Healthcare Industries during Digital Era and Covid-19 Pandemic. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 3(5), 112–118. https://doi.org/10.7777/jiemar

Muhardono, A., & Satrio, D. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Digital Marketing bagi Pelaku UMKM di Desa Kertoharjo Kelurahan Kuripan Kertoharjo. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 01(03), 359–368.

Piranda, D. R., Zulfianti Sinaga, D., & Putri, E. E. (2022). Online Marketing Strategy in Facebook Marketplace as A Digital Marketing Tool. Journal of Humanities, Social Science and Business (JHSSB), 1(2), 79–86. https://ojs.transpublika.com/index.php/JHSSB/

Putri, A., Hetami, A., Fourqoniah, Andriana, Andriyani, Salsabila, Muniro, T., Riandani, Muliyani, Yasshyka, Listiana, & Indah. (2022). Pelatihan Digital Marketing untuk Mencapai Optimalisasi Strategi Pemasaran pada UMKM. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN) , 3(2), 828–839.

Ridwan, R., Kuswanti, A., Muqsith, M. A., & Venus, A. (2022). Digital branding and entrepreneurship skills for millennials in Pabean Udik Village, Indramayu. Community Empowerment, 7(12), 2143–2148. https://doi.org/10.31603/ce.8224

Wilson, C., & Mergel, I. (2022). Overcoming barriers to digital government: mapping the strategies of digital champions. Government Information Quarterly, 39(2). https://doi.org/10.1016/j.giq.2022.101681

Yu, H., Fletcher, M., & Buck, T. (2022). Managing digital transformation during re-internationalization: Trajectories and implications for performance. Journal of International Management, 28(4). https://doi.org/10.1016/j.intman.2022.100947

Yuliandari, P., Suroso, E., Indraningtyas, L., & Anungputri, S. (2022). Pengembangan Desain Kemasan dan Strategi Pemasaran E-Commerce pada Produk Brown Sugar Sawit di Kampung Timbul Rejo Lampung Tengah. Jurnal Pengabdian Fakultas Pertanian Universitas Lampung, 01(02), 231–240.


Full Text: PDF

DOI: 10.21043/cdjpmi.v7i2.22875

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.