Open Journal Systems
Digital Marketing Tiktok Live Sebagai Strategi Memasarkan Produk Pada UMKM Arrikna Di Kudus
Abstract
Penelitian ini berfokus pada analisis penerapan strategi pemasaran produk melalui platform TikTok Live pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) bernama Arrikna di Kudus. Pendekatan kualitatif digunakan untuk mengeksplorasi isu-isu inti terkait implementasi pemasaran digital melalui TikTok Live serta efeknya pada penjualan UMKM. Tujuan utama penelitian adalah untuk memahami sejauh mana strategi pemasaran digital ini efektif dalam meningkatkan eksposur dan penjualan produk UMKM Arrikna. Penelitian ini Metode penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif, penggalian data mencakup wawancara, observasi mendalam dengan pemilik UMKM, serta analisis konten TikTok Live yang telah dihasilkan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa TikTok Live memberikan platform yang efektif untuk berinteraksi secara langsung dengan calon pembeli, meningkatkan kesadaran merek, dan mendorong keterlibatan pelanggan. Meskipun beberapa hambatan terkait sumber daya terbatas dan pemahaman teknis ditemukan, kesuksesan strategi ini tercermin dalam peningkatan penjualan dan pertumbuhan bisnis Arrikna.
Keywords
References
Aji, G., Fatimah, S., Minan, F., & Azmi, M. A. (2022). Analisis Digital Marketing Tiktok Live sebagai Strategi Memasarkan produk UMKM Anjab Store. Jurnal Bisnis Dan Pemasaran Digital, 2(1), 13–24.
Ayesha, I., Hasan, S., Nur, A., Effendi, I., Yusnanto, T., Ni Desak Made, S. D., Santi, M., Dwi, D., Adhy, U., Mumuh, F., Fitriana, M., Ash, N., Egim, S., & Wujarson, R. (2022). Digital Marketing. GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI.
Chen, J., & Wang, S. (2021). The Impact of Live Streaming on E-Commerce: A Study on Consumer Engagement and Purchase Intentions. Journal of Business Research, 122, 255-264.
Dewa, C. B., & Safitri, L. A. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Promosi Industri Kuliner Di Yogyakarta Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Akun TikTok Javafoodie). Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 12(1), 65–71. https://doi.org/10.31294/khi.v12i1.10132
Hidayati, N., Pungkasanti, P. T., & Wakhidah, N. (2020). Pemanfaatan media sosial sebagai digital marketing umkm di kecamatan tembalang semarang. Abdimasku: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 119–124.
Huang, Z., Li, J., & Zhou, Y. (2022). Livestream Commerce: How It Works and Why It Matters. Marketing Science, 41(2), 399-420.
Kumar, K. R., Sudhakar, S., & Vani, G. (2023). Digital Marketing. Archers & Elevators Publishing House.
Muslikhun, A. (2022). Strategi Peningkatan Penjualan Online Melalui Live Streaming Pada Media Sosial Online (Studi Kasus Pada Online Shop di Platform TikTok). Dharma Ekonomi, 29(56).
Setiawati, S., Sinulingga, G., Apriliani, R., Prakoso, T., Furkonudin, F., Thantawi, A. M., Nurliyah, E. S., Lubis, A. L. P., Miharja, M., & Faizal, H. (2023). PKM Pelatihan Digital Marketing Dengan Pengenalan Dan Cara Berjualan Di Aplikasi Tik Tok Pada Pelaku Umkm Binaan Gemma Indonesia Raya. IKRA-ITH ABDIMAS, 7(3), 323–334.
Stanton, J., & Tuten, T. (2020). Social Media Marketing. Sage Publications.
Tuten, T., & Solomon, M. (2020). Social Media Marketing: Principles and Strategies. Pearson.
Zhang, X. (2021). The Evolution of Live-Stream Shopping: A Comprehensive Analysis of User Engagement. Journal of Digital Marketing Research, 15(3), 101-118.
DOI: 10.21043/cdjpmi.v8i1.22496
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.