Open Journal Systems

Gerakan Peduli Pendidikan Berbasis Komunitas (Studi Kasus Pada Komunitas Peduli Bergerak)

Syakila Fatkhia Rizki, Chomisah Nugraheni, Hidayatul Fatichah, Nur Anggraeni

Abstract

Kualitas pendidikan di Indonesia masih rendah. Maka dari itu, terbentuk sebuah komunitas yang dibentuk oleh generasi muda bernama Komunitas Peduli Bergerak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan komunitas peduli bergerak sebagai wujud gerakan kemanusiaan di bidang pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif  dengan pendekatan kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah komunitas peduli bergerak, sementara itu metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, hasil dari penelitian ini adalah komunitas peduli bergerak sebagai komunitas peduli pendidikan yang bertujuan untuk perbaikan dan peningkatkan kualitas pendidikan dengan memperhatikan pendidikan Usia Dini dan optimalisasi metode pembelajaran  di lingkup wilayah daerah binaan

Keywords


Gerakan, Pendidikan, Komunitas

References


Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., & Soleha, N. M. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia. 2(2), 35–43.

Diana, E., & Rofiki, M. (2020). Analisis Metode Pembelajaran Efektif Di Era New Normal. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 3(2), 336–342. https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1356

Fazira, A. (2018). Peranan Komunitas Halaman Dalam Pengembangan Karakter Masyarakat Desa Kebarongan Kecamatan Kemranjen Kabupaten Banyumas. In IAIN Purwokerto. https://repository.uinsaizu.ac.id/4675/2/COVER DAFTAR ISI_BAB I-BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Fitri, S. F. N. (2021). Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1617–1620.

Kurniawati, F. N. A. (2022). Meninjau Permasalahan Rendahnya Kualitas Pendidikan Di Indonesia Dan Solusi. Academy of Education Journal, 13(1), 1–13. https://doi.org/10.47200/aoej.v13i1.765

Rohmawati, A. (2015). Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 15–32.

Siti, N., & Siregar, S. (2013). Persepsi Orang Tua terhadap Pentingnya Pendidikan bagi Anak. Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik, 1(1), 11–27. http://ojs.uma.ac.id/index.php/jppuma

Subandi. (2011). Qualitative Description as one Method in Performing Arts Study. Harmonia, 19, 173–179.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R& D. Alfabeta.

Temon Astawa, I. N. (2017). Memahami Peran Masyarakat Dan Pemerintah Dalam Kemajuan Mutu Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(2), 197. https://doi.org/10.25078/jpm.v3i2.200

Widiansyah, A. (2017). Peran ekonomi dalam pendidikan dan pendidikan dalam pembangunan ekonomi. Cakrawala-Jurnal Humaniora, 17(2), 207–215.

Yanuar Herlambang, S.Sn. (2014). Participatory Culture Dalam Komunitas Online Sebagai Reperesentasi Kebutuhan Manusia. Tematik, 1(2), 26–34. https://doi.org/10.38204/tematik.v1i2.45


Full Text: PDF

DOI: 10.21043/cdjpmi.v7i1.21439

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.