Open Journal Systems

Pelatihan Baca Al Qur’an Anggota Eks Preman Solo Menggunakan Metode Al Bagdadi Di Surakarta

Warsito Warsito, Azis Pujo Prakosa, Alvian Eka Putra

Abstract

Pelatihan ini berupa pelatihan membaca Al Qur’an metode Al Bagdadi mantan preman kelompok Eks Preman Solo yang disingkat dengan sebutan EKSPRESO selama 20 hari. Mantan Preman yang memiliki latar belakang Pendidikan yang kurang baik, mereka mudah jenuh dan tidak tahan dengan pelatihan yang waktu yang lama. Untuk itu, pelatihan hanya berlangsung selama 20 hari. Pelatihan ini bertujuan membantu mantan preman supaya bisa membaca Al Qur’an dengan cepat sehingga semangat hijrah mereka bertambah. Pelatihan ini menggunakan pendekatan Participatory action research. Pendabdian ini dilaksanakan di masjid Al Anshor Jagalan Jebres Surakarta dengan subject pelatihan para mantan preman yang berjumlah 13 orang. Dalam pelatihan ini dinyatakan bahwa metode Al Bagdadi metode yang tepat untuk pelatihan membaca Al Qur’an dengan cepat dimana para mantan preman yang mengikuti pelatihan ini berhasil mampu membaca Al Qur’an

Keywords


Mantan Preman, Pelatihan, Metode Al Bagdadi

References


Adi. (2022, January 28). Sejarah berdirinya Ekspreso [Personal communication].

az-Zuhaili, W. (2016). Tafsir Al Munir (Vol. 6). Gema Insani Press.

Bang Jabrix. (2022, February 20). Kegiatan keagamaan Ekspreso [Personal communication].

Hasan, N. (2008). Laskar Jihad; Islam, militansi dan pencarian identitas di Indonesia Pasca-Orde Baru.

Hasil Pencarian—KBBI Daring. (n.d.). Retrieved March 1, 2022, from https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/preman

Isnaningtyas, Y. (2021). Hijrah dan Politik: Fenomena Hijrah Perempuan Muslim Kelas Menengah Kota Semarang dan Pilihan Politik pada Pilpres 2019. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 4(1), 601–607.

Izza, M. H. Y., Hayati, S. M., & Kurniadi, U. (2021). PENERAPAN METODE AL-BAGHDADI DALAM PROGRAM CALISQUR DI MADRASAH DTA AL-ISTIQOMAH DESA LAKSANA KECAMATAN IBUN. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(16), 81–95.

Mahmood, S. (2011). Politics of piety. In Politics of Piety. Princeton University Press.

McIntyre, A. (2007). Participatory action research. Sage Publications.

Ni’mah, C. U. (2022). Pelatihan Ilmu Tajwid Metode Baghdadi untuk Meningkatkan Baca Tulis AlQur’an di Majlis Ta’lim Rahmatutthoyyibah Al-Iflahah (Kp. Kandawati Kec. Gunung Kaler Kab. Tangerang) [PhD Thesis]. UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

Santoso, B. (2010). Skema dan mekanisme pelatihan: Panduan penyelenggaraan pelatihan. Yayasan Terumbu Karang Indonesia.

Warsito, W. (2020). Konversi Identitas Preman Menjadi Laskar di Solo. Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 6(2), 139–160.

Wiktorowicz, Q., & Kaltenthaler, K. (2006). The rationality of radical Islam. Political Science Quarterly, 121(2), 295–319.

Wilson, I. D. (2018). Politik Jatah Preman: Ormas dan Kuasa Jalanan di Indonesia Pasca Orde Baru. Marjin Kiri.


Full Text: PDF

DOI: 10.21043/cdjpmi.v7i1.18220

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.