Open Journal Systems

Konservasi Vegetatif Kopi dan Anggrek : Tahapan Pemberdayaan Masyarakat Program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan di Desa Mriyan Kabupaten Boyolali

Trifa Krusita Yuliani, Ahmad Kharis

Abstract

Sumber daya manusia sebagai bagian terintegrasi antara siklus kehidupan makhluk hidup perlu dilestarikan secara simultan. Tapi mewujudkan kegiatan sebagai aktor pelestari membutuhkan ragam sektor untuk mewujudkan hal tersebut adalah kemitraan perusahaan, pemerintah dan masyarakat. Ketiga aktor pelestari ini harus berkolaborasi untuk keberlangsungan hidup sehat. Kondisi ini membawa perhatian serius terhadap tanaman kopi dan anggrek bila komoditas ini diberikan sentuhan lunak. Penelitian ini adalah termasuk jenis penelitian lapangan (field research) dan bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer yakni hasil wawancara Manajer CSR PT. Tirta Investama, koordinator Pemberdayaan Masyarakat, Pendamping program (LPTP), Ketua Kelompok Subur Makmur dan Ketua Kelompok Karya Muda, dan sumber sekunder yang dapat berupa foto-foto kegiatan, profil perusahaan, LPTP, dan Masyarakat. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahapan pemberdayaan masyarakat oleh perusahaan meliputi tahap perencanaan partisipatif, tahap sosialisasi program, tahap penguatan kelembagaan, tahap peningkatan kapasitas, tahap implementasi program, dan tahapan evaluasi dan monitoring. Hasil dari pelaksanaan strategi pemberdaaan masyarakat tersebut adalah partisipasi masyarakat dalam menjalankan program konservasi vegetatif melalui kelompok Kopi dan kelompok Anggrek, dengan adanya dukungan secara intensif melalui pendampingan maka kelompok mendapatkan dampak baik dari pelaksanaan program. Outcome yang didapatkan meliputi Keeratan solidaritas masyarakat, Lingkungan kondusif dan Munculnya sumber pendapatan alternatif dari berkelompok.

Keywords


Konservasi Vegetatif, Tangung Jawab Sosial, Pemberdayaan Masyarakat

References


Aditya, D. A. (2011). Implementasi Corporate Social Responsibility(csr) terhadap perusahaan(studi di PT Sidomuncul Semarang.

Gitosaputro, S. (2015). Pengembangan Masyarakat dan Pemberdayaan Masyarakat:Konsep, teori dan aplikasinya di era oonomi daerah. Graha Ilmu.

Hutagaol. (2015). Konservasi tanah dan air. CV Budi Utama.

Irianto, K. (2015). Kualitas Air Menuju Pertanian Berkelanjutan. Universitas Warmaddewa, 1–26.

Kharis, A., & Mutrofin, M. (2019). Pemberdayaan Kelompok Ternak Kambing “Satwa Makmur” Melalui Program CSR PT. PLN (Persero) di Desa Tubanan. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat: Media Pemikiran Dan Dakwah Pembangunan, 3(1). https://doi.org/10.14421/jpm.2019.031-05

Mawardi, I. (2010). Kerusakan daerah aliran sungai dan penurunan daya dukung sumberdaya air di pulau jawa serta upaya penanganannya. Jurnal Hidrosfir Indonesia, 5(2), 1–11.

Rosmaladewi, okke. (2018). manajemen kemitraan multistakeholder dalam pemberdayaan masyarakat. Deepublish.

Studi, P., Masyarakat, P., & Dakwah, F. (2020). STRATEGI PEMBERDAYAAN KELOMPOK KUCAI JAYA MELALUI HOME INDUSTRY OLAHAN SINGKONG ( OPAK ) Studi Kasus di Kel . Kalibeber Kec . Mojotengah Kab . Wonosobo.

Untung, B. (2014). CSR dalam Dunia Bisnis (A. Pramesta (Ed.); 1st ed.). CV ANDI OFFSET.

Wijayanti, R. (2016). Strategi Penghidupan Berkelanjutan Masyarakat Berbasis Aset di Sub DAS Pusur , DAS Bengawan Solo. 4, 133–152. https://doi.org/10.14710/jwl.4.2.133-152.


Full Text: PDF

DOI: 10.21043/cdjpmi.v6i2.16969

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.