Open Journal Systems

Pendampingan Pembelajaran Membaca Al-Quran Dengan Metode Iqra’ Pada Anak TPQ Desa Ngrukem Ponorogo

Tina Puji Rahayu, Risma Dwi Arisona

Abstract

Kegiatan pengabdian ini dilakukan dalam bentuk pendampingan membaca Al Quran kepada anak khususnya anak TPQ di desa Ngrukem Ponorogo. Kegiatan ini dilakukan bertujuan untuk meningkatkan kamampuan anak dalam membaca Al Quran melalui program pendampingan dengan metode Iqra’.Pengabdian kepada masyarakat ini menggunakan metode ABCD (Asset-Based Community Development) merupakan suatu metode yang menitikberatkan pada pemberdayaan sumber daya dan potensi yang ada di masyarakat dengan tahapan pengabdian yaitu: Pendekatan Asset Mapping (Pemetaan Sumber Daya), Pemetaan Kebutuhan dan Masalah, Pemilihan Prioritas, Pembentukan Kelompok Kerja, Perencanaan Program atau Proyek, Implementasi Program atau Proyek, Evaluasi dan Pembelajaran, dan Pemberdayaan Berkelanjutan. Hasil dari pengabdian masyarakat ini bahwa dengan adanya aset yang dimiliki oleh peserta KPM-DDR yang mempunyai bekal membaca Al Quran dan pengetahuan tentang islamyang cukup maka pendampingan membaca Al Quran layak untuk dilaksanakan. Setelah kegiatan ini dilakukan antusias anak-anak untuk belajar membaca Al Quran semakin meningkat. Dengan pengabdian masyarakat yang dilakukan yamg didapat menunjukkan kemampuan membaca pada anak meningkat dibandingkan sebelumnya. Tetapi, masih perlu pendampingan dan pengawasan lebih lanjut dari orang tua dan pihak lain dikemudian hari.

Keywords


Pendampngan, Membaca Al Quran, Metode Iqra’

References


Ajhuri, K. F., & Saichu, M. (2018). Pemberdayaan Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) melalui Penguatan SDM di Masjid Nurul Fikri Watu Bonang, Badegan, Ponorogo. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 10(02).

Daradjat, Z. (1993). Ilmu Jiwa Agama. Jakarta: Bulan Bintang.

Dirwan, D., Bunyamin, B., & Umrah, S. (2018). Perintah Membaca dalam Al-Qur’an Perspektif Pendidikan (Surah Al-Alaq). AL-FIKR: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 34–47.

Dureau, C. (2013). Pembaru Dan Kekuatan Lokal Untuk Pembangunan. Australian Community Development and Civil Society Strengthening Scheme (ACCESS). Sydney: Australian Community Development and Civil Society Strengthening Scheme (ACCESS).

LPPM IAIN Ponorogo. (2021). KPM-DDR 2021 IAIN PONOROGO. Retrieved from LPPM IAIN Ponorogo website: https://lppm.iainponorogo.ac.id/kpm-ddr-2021/

Rahmawati, R., & Rusydiyah, E. F. (2018). Akselerasi Surabaya sebagai Kota Literasi melalui KKN Literasi Berbasis Pendekatan ABCD. Proceedings of Annual Conference on Community Engagement, 2, 341–366.

Santoso, S. A. (2018). Implementasi Metode Iqra’dan Metode Tilawati Dalam Pembelajaran Al-Qur’an di Madrasah Diniyah Al-falah Modung Bangkalan. Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 2–18.

Soetomo. (2009). Pembangunan Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Srijatun, S. (2017). Implementasi Pembelajaran Baca Tulis al-Qur’an dengan Metode Iqra pada Anak Usia Dini di RA Perwanida Slawi Kabupaten Tegal. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 25–42.

Tim Penyusun. (2015). Panduan KKN ABCD UIN Sunan Ampel Surabaya. In LP2M UIN Sunan Ampel Surabaya. Surabaya.

Tim Penyusun. (2021). Pedoman KPM-DDR 2021 Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Ponorogo: LPPM IAIN Ponorogo.


Full Text: PDF

DOI: 10.21043/cdjpmi.v7i2.11950

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.