Open Journal Systems

Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Budidaya Enceng Gondok

Rina Farika

Abstract

Penelitian ini yang bertujuan untuk suatu pemberdayaan masyarakat melalui budidaya enceng gondok. Salah satu cara untuk mensukseskan pembangunan yang ada di Desa Sumberejo, yaitu dengan cara meningkatkan pendapatan desa. Besar kecilnya pendapatan oleh desa tergantung strategi yang dilakukan oleh desa dalam mengelola. Tingkat perekonomian yang rendah masyarakat yang membuat pemerintah desa tergerak untuk meningkatkan perekonomian masyarakat melalui budidaya enceng gondok. Rumusan masalah dalam penelitian adalah bagaimana proses dari pemberdayaan masyarakat dengan cara pemanfaatn enceng gondok yang dilakukan oleh kelompok masyarakat desa sumberejo. Serta bagaimana faktor pendukung dan penghambat pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh kelompok masyarakat melalui pemanfaatan enceng gondok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan subjek penelitian yaitu, pengelola, tenaga kerja, dan masyarakat desa. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan proses pemberdayaan masyarakat melalui pemanfatan enceng gondok yang dilakukan oleh kelompok masyarakat desa dengan beberapa tahap, penyadaran terhadap lingkungan, pengkapasitasan, dan evaluasi. Faktor pendukung yang dilakukan oleh masyarakat adalah banyaknya enceng gondok, pemasaran yang mudah, meningkatkan perekonomian masyarakat. Sedangkan faktor penghambat adalah faktor cuaca, kurangnya sarana dan prasarana yang kurang memadai, serta pembuatan yang sulit sehingga membutuhkan waktu yang lama.

Keywords


Pemberdayaan Masyarakat , Budidaya, Enceng Gondok, Sumberejo.

References


Asep Samsudin, Hendra Husnussalam, (Mei 2017) IBM Pemanfaatan Tanaman Enceng Gondok (Eichornia Crassipes) untuk Kerajinan Tas, Vol 3(1): 34-39

Fitriana Fatchatus Saiidah, (2019). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pemanfaatan Enceng Gondok Danau Rawa Pening Oleh Kelompok Usaha Pemuda Produktif (KUPP) Karya Muda Syarina Production, Universitas Islam Semarang.

Sofi Munfaati, Dra. Nina Widowati M.Si. Pemberdayaan Masyarakat dalam Pemanfaatan Enceng Gondok untuk Mendorong Kesejahteraan di Desa Kebondowo Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang.Universitas Diponegoro.

Isna Wardiah, Helmy Noor, Reza Fauzan, Fuad Sholihin. 2019. Pemanfaatan Enceng Gondok Untuk Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat di Desa Jelapati Kabupaten Barito Kuala. Politeknik Negeri Banjarmasin.

Enik Amalia, Dr. I Ketut Atmaya J.A., M.Kes. 2019, Pemberdayaan Masyarakat Melalui Produksi Kerajinan Enceng Gondok dalam Meningkatkan Pendapatan Keluarga di UKM Karang Pilang Bersatu Surabaya, Universitas Negeri Surabaya


Full Text: PDF

DOI: 10.21043/cdjpmi.v5i1.10621

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.