Rilis Putusan dan Produk Fatwa Majlis Tarjih Muhammadiyah

Sulanam Sulanam

Abstract


Tulisan ini hendak mendeskripsikan (1) bagaimana Ulama Muhammadiyah melalui institusi Majlis Tarjih memproduksi produk-produk hukum Islam yang dibutuhkan oleh kalangan masyarakat, terutama warga Muhammadiyah dengan bersandar pada al-Quran dan hadits, dan (2) produk hukum Islam apa saja yang dihasilkan oleh Majlis Tarjih Muhammadiyah sebagaimana yang dirilis melalui website resmi organisasi keagamaan ini. Poin pertama, akan dijawab melalui bagaimana manhaj (bangunan metodologi) penentuan hukum Islam yang dilakukan oleh Muham­madiyah melalui majlis Tarjih. Sedangkan poin kedua akan dijawab melalui pengungkapan fakta yang ada dalam rilis Himpunan Tarjih Muhammadiyah dan kumpulan fatwa Majlis Tarjih Muhammadiyah yang dirilis melalui website resminya.

Keywords


Muhammadiyah; institusi agama; majlis tarjih; fatwa; hukum Islam



DOI: http://dx.doi.org/10.21043/yudisia.v10i1.3850

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 YUDISIA : Jurnal Pemikiran Hukum dan Hukum Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Hasil gambar untuk morarefImage result for isjdHasil gambar untuk google scholarHasil gambar untuk sinta dikti    

Address: Yudisia Research Center, Department of Islamic Family Law, Sharia Faculty, IAIN Kudus; Jl. Conge Ngembalrejo, Ngembal Rejo, Ngembalrejo, Kec. Bae, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59322


Yudisia : Jurnal Pemikiran Hukum dan Hukum Islam by Program Studi Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyah) Fakultas Syariah IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.