MAQASHID AL-SHARI’AH SEBAGAI PANDUAN ETIS PENGEMBANGAN PESANTREN RAMAH ANAK DI INDONESIA

Miftakhul Arif

Abstract


Maraknya pemberitaan kasus kekerasan di pondok pesantren selama beberapa tahun terakhir menimbulkan kekhawatiran adanya dehumanisasi pendidikan pesantren. Menyikapi kekhawatiran tersebut, Maqashid al-Shari’ah dapat dimanfaatkan sebagai instrumen pengembangan pesantren yang humanis dan ramah anak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalsis kemungkinan Maqashid al-Shari’ah sebagai panduan etis pengembangan pesantren ramah anak di Indonesia. Data riset kualitatif kepustakaan ini diperoleh dari karya-karya para pakar Maqashid al-Shari’ah seperti Ibn ‘Ashur, al-Raysuni, Jamaluddin ‘Athiyyah dan lain-lain serta dari berbagai literatur yang mengkaji konsep pesantren ramah anak. Pendekatan Maqashidiy digunakan dalam penelitian ini untuk memperoleh jawaban atas rumusan masalah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Maqashid al-Shari’ah dapat dijadikan panduan etis dalam pengembangan pesantren ramah anak. Pedoman etis tersebut bertumpu pada lima prinsip, yaitu mura’at al-fithrah (menjaga fitrah), hifz al-amni (proteksi keamanan), jalb al-rahmah (menghadirkan kasih sayang), al-musawah (non-diskriminasi), dan al-hurriyah (kemerdekaan). Implikasi penelitian ini adalah bahwa pengembangan pesantren ramah anak berbasis Maqashid al-Shari’ah tidak hanya berorientasi pada kemaslahatan anak di dunia, melainkan juga di akhirat.

Keywords


Maqashid al-Shari'ah, panduan etis, pesantren ramah anak

References


’Ashur, M. T. bin. (2001). Maqashid al-Shari’ah al-Islamiyah. Dar al-Nafa’is.

’Imarah, M. (2009). Mafhum al-Hurriyah fi Madhahib al-Islamiyin. Maktabah al-Shuruq al-Duwaliyah.

Agung Kurniawan, H. H. (2021). KONSEP MAQASHID SYARIAH IMAM ASY-SYATIBI DALAM KITAB AL-MUWAFAQAT. Al-Mabsut, 15(1).

Al-’Alwani, T. J. (2001). Maqashid al-Shari’ah. Dar al-Hadi.

Al-’Athiyyah, J. (2001). Nahwa Taf’il Maqashid al-Shari’ah. Dar al-Fikr.

Al-Ghazali, A. H. (1993). al-Mustasfa fi Usul al-Shariah. Dar al-Kutub al-’Ilmiyyah.

Al-Kubaysi, S. ‘Abd al-R. F. (2017). Maqasid al-Shari‘ah fi al-Sunnah al-Nabawiyah. Dar al-Salam.

Al-Najjar, ‘Abd al-Majid. (2008). Maqashid al-Shari’ah bi Ab’ad Jadidah. Dar al-Gharb al-Islamiy.

Al-Naysaburiy, M. bin H. (1955). Sahih Muslim (IV). Dar Ihya’ al-Turats al-’Arabiy.

Al-Qardhawi, Y. (2008). Dirasah fi Fiqh Maqashid al-Shariah: Bayna al-Maqashid al-Kulliyah wa al-Nusus al-Juz’iyyah. Dar al-Shuruq.

Al-Raysuni, A. (1999). al-Fikr al-Maqashidiy: Qawaiduhu wa Fawaiduhu. al-Dar al-Baydha’.

Al-Suyuthi, J. al-D. (2009). al-Ashbah wa al-Nadzair fi Qawa‘id wa Furu‘ Fiqh al-Shafi‘iyah. Dar al-Fikr.

Albert, A., & Sesmiarni, Z. (2022). Strategi Peningkatan Kualitas Pendidikan Pesantren Melalui Pengembangan Program Pesantren Ramah Anak. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(11), 966–983. https://doi.org/10.36418/japendi.v3i11.1223

Anshori, T. (2020). Menuju Fiqih Progresif (Fiqih Modern Berdasarkan Maqashid Al Syariah Perspektif Jaser Auda). Al-Syakhsiyyah: Journal of Law & Family Studies, 2(1), 168–181. https://doi.org/10.21154/syakhsiyyah.v2i1.2166

Antaranews.com. (2021). Cegah Kekerasan, Kemenag Sosialisasi Buku Panduan Pesantren Ramah.

Arif, M. (2020). Konsep Maqasid Al-Shari‘ah Abdullah bin Bayyah. El-Faqih: Jurnal Pemikiran Dan Hukum Islam2, 6(1).

Auda, J. (2008). Maqasid al-Shariah as Philoshophy of Islamic Law. The International Institute of Islamic Thought.

Auda, J. (2011). Maqashid al-Shari’ah: Dalil al-Mubtadi’in. al-Ma’had al-’Alamiy li al-Fikr al-Islamiy.

Fahmi, A. (2021). IMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH RAMAH ANAK DALAM PROSES PEMBELAJARAN. In Jurnal Visionary (VIS) Prodi AP UNDIKMA (Vol. 6).

Falikul Isbah, M. (2020). Pesantren in the changing indonesian context: History and current developments. Qudus International Journal of Islamic Studies, 8(1), 65–106. https://doi.org/10.21043/QIJIS.V8I1.5629

Hanbal, A. bin. (1995). Musnad Ahmad. Dar al-Hadis.

Hidayatullah, S. (2023). Fahima: Jurnal Pendidikan dan Kajian Keislaman ANALISIS KEBIJAKAN PEMERINTAH TENTANG PESANTREN RAMAH ANAK DALAM UPAYA PREVENTIF KEKERASAN SEKSUAL DI PONDOK PESANTREN. 2(1).

Ibrahim, Y. S. (2014). An Examination of the Modern Discourse on Maqāṣid al-Sharī‘a. Http://Dx.Doi.Org/10.1080/21520844.2014.882676, 5(1), 39–60. https://doi.org/10.1080/21520844.2014.882676

Komisi Perlindungan Anak Indonesia. (2016). Buku Panduan Sekolah dan Madrasah Ramah Anak. Erlanggar.

Kompas.com. (n.d.). Kasus Penganiayaan Santri Gontor, AM Meninggal di Tangan Seniornya.

Kompas.id. (2023). Lakukan Kekerasan Seksual, Pemilik Pondok Pesantren di Lampung Ditangkap Polisi.

Muhaimin. (2022). Fatwa MUI Nomor 22 Tahun 2011 tentang Pertambangan Ramah Lingkungan Perspektif Maqashid al-Syari’ah. Yudisia: Jurnal Pemikiran Hukum Dan Hukum Islam, 13, 49–64.

Musfah, J. (2022). Mencegah Kekerasan di Pesantren.

Ngazizah, M. Z. A. & I. F. (2022). Implementasi Peraturan Daerah Istimewa Penanganan Gelandangan dan Pengemis Perspektif Maqasid Al-Syariah. Jurnal Pemikiran Hukum Dan Hukum Islam, 13(1), 1–21.

Ramdhani, M. A. (2023). Pesantren Duli, Kini dan Mendatang.

Saini, M. (2020). Model Pengembangan Pesantren Ramah Anak sebagai Upaya Deradikalisasi Keagamaan sejak Dini. Tabyin: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1).

Sholikah, S. (2019). Pengembangan Maqasid al-Syari’ah Perspektif Thahir Ibnu ‘Asyur. International Journal Ihya’ ‘Ulum Al-Din, 21(1).

Tempo.co. (2023). Santri Tewas karena Berkelahi, Pengurus Pondok Pesantren Daar El-Qolam Diperiksa.

Tvonenews.com. (n.d.). 5 Kasus Pelecehan Seksual dalam Lingkungan Pondok Pesantren di Indonesia, Para Pelaku Berkedok Petinggi Ponpes.

Umami, U., & Ghofur, A. (2022). Human Rights in Maqāṣid al-Sharī’ah al-Āmmah: A Perspective of Ibn ‘Āshūr. Al-Ahkam, 32(1), 87–108. https://doi.org/10.21580/ahkam.2022.32.1.9306

Wantini, Perawironegoro, D., Hopid, A., Suratno, & Juanda. (2022). CHILD-FRIENDLY SCHOOL IN THE HUMANISTIC LEARNING THEORY FROM THE PERSPECTIVES OF ISLAMIC EDUCATIONAL PSYCHOLOGY. International Journal of Education Humanities and Social Science, 05(05), 46–57. https://doi.org/10.54922/ijehss.2022.0438




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/yudisia.v14i2.20014

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 YUDISIA : Jurnal Pemikiran Hukum dan Hukum Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Hasil gambar untuk morarefImage result for isjdHasil gambar untuk google scholarHasil gambar untuk sinta dikti    

Address: Yudisia Research Center, Department of Islamic Family Law, Sharia Faculty, IAIN Kudus; Jl. Conge Ngembalrejo, Ngembal Rejo, Ngembalrejo, Kec. Bae, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59322


Yudisia : Jurnal Pemikiran Hukum dan Hukum Islam by Program Studi Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyah) Fakultas Syariah IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.