Meningkatkan Motivasi Belajar Menghadapi Ujian Nasional Melalui Metode Hipnoterapi
Abstract
Salah satu inidikasi rendahnya motivasi belajar pada siswa dapat terlihat dari pelanggaran aturan. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IX jelang ujian nasional melalaui metode hipnoterapi. Jenis penelitian ini penelitian tindakan kelas (PTK) yang bersifat eksperimen partisipatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX C SMP Muhammadiyah 1 Surakarta, jumlah siswa sebanyak 32 siswa. Terdiri dari 14 laki-laki dan 18 perempuan. Hasil Peneilitian ini menunjukkan ada pengaruh metode hipnoterapi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IX. Hasil pengukuran sebelum diberikan metode hipnoterapi perasaan yang dialami siswa menjelang ujian adalah terdapat 21 siswa merasa tidak semangat dan bingung, 5 siswa merasa takut, 4 siswa merasa belum siap dan hanya 2 siswa merasa senang dalam menghadapi ujian. Hasil setelah dberikan hipnoterapi 30 siswa merasa termotivasi, bersemangat dan merasa menyadari kesalahan diri serta 2 siswa merasa lebih percaya diri dan lebih berani hadapi ujian nasional.
Kata kunci : motivasi belajar,metode hipnoterapi
Full Text:
PDFReferences
Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia.
Jakarta: Balai Pustaka
Dimyati dan Mujiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Efrida, SR. 2009. Persepsi Cara Mengajar Guru Dengan Motivasi Belajar SMP Katolik Yohanes Gabriel Blitar. Diambil dari [email protected]. Diakses tanggal 20 Februari 2011
Erviani dalam Media HIV/AIDS dan Narkoba KULKUL Edisi 27, April 2007]
Lestari, Sri. 2003. Meningkatkan Motivasi Belajar Kelas V SD negeri Plamongan Sari 01 Semarang Melalui Tutor Teman Sebaya Tahun Pelajaran 2002 / 2003. Skripsi. Universitas Negeri Semarang
Sardiman, A.M. 2011. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Santrock, J.W. 2008. Perkembangan Remaja. Jakarta : Erlangga
Sarwono, S.W. 2010. Pengantar Psikologi Umum. Jakarta : Rajawali.
Soemanto, W. 2006. Psikologi Pendidikan ( Landasan Kerja Pemimpin
Pendidikan ). Jakarta : Rajawali.
Solopos, 25 Febuari 2012. 600 Pelajar Diduga Terlibat Geng. Hal I dan III
Suhartono, 2005. Penyelenggaraan Program Kelas Unggulan di Sekolah Dasar.
Jurnal. Pendidikan, Vol.6, No.2, September 2005, 113-132
Suryabrata, S. 2005. Psikologi Pendidikan. Jakarta. Rajawali Pers.
________________2008. Metodologi Penelitian. Jakarta : Rajawali.
Syah, M. 2010. Psikologi Belajar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Catatan lapangan,2012
Wawancara RF, Juli 2012
Wawancara JR,Juli 2012
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/konseling.v2i2.4469
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed By: