Meningkatkan Motivasi Belajar Menghadapi Ujian Nasional Melalui Metode Hipnoterapi

Ernawati Ernawati, Galih Fajar Fadillah

Abstract


Salah satu inidikasi rendahnya motivasi belajar pada siswa dapat terlihat dari pelanggaran aturan. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IX jelang ujian nasional melalaui metode hipnoterapi. Jenis penelitian ini  penelitian tindakan kelas (PTK) yang bersifat eksperimen partisipatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX C SMP Muhammadiyah 1 Surakarta, jumlah siswa sebanyak 32 siswa. Terdiri dari 14 laki-laki dan 18 perempuan. Hasil Peneilitian ini menunjukkan ada pengaruh metode hipnoterapi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IX. Hasil pengukuran sebelum diberikan metode hipnoterapi perasaan yang dialami siswa menjelang ujian adalah terdapat 21 siswa merasa tidak semangat dan bingung, 5 siswa merasa takut,  4 siswa merasa belum siap dan hanya 2 siswa merasa senang dalam menghadapi ujian. Hasil setelah dberikan hipnoterapi 30 siswa merasa termotivasi, bersemangat dan merasa menyadari kesalahan diri serta 2 siswa merasa lebih percaya diri dan lebih berani hadapi ujian nasional.

Kata kunci : motivasi belajar,metode hipnoterapi


Full Text:

PDF

References


Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Jakarta: Balai Pustaka

Dimyati dan Mujiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Efrida, SR. 2009. Persepsi Cara Mengajar Guru Dengan Motivasi Belajar SMP Katolik Yohanes Gabriel Blitar. Diambil dari [email protected]. Diakses tanggal 20 Februari 2011

Erviani dalam Media HIV/AIDS dan Narkoba KULKUL Edisi 27, April 2007]

Lestari, Sri. 2003. Meningkatkan Motivasi Belajar Kelas V SD negeri Plamongan Sari 01 Semarang Melalui Tutor Teman Sebaya Tahun Pelajaran 2002 / 2003. Skripsi. Universitas Negeri Semarang

Sardiman, A.M. 2011. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Santrock, J.W. 2008. Perkembangan Remaja. Jakarta : Erlangga

Sarwono, S.W. 2010. Pengantar Psikologi Umum. Jakarta : Rajawali.

Soemanto, W. 2006. Psikologi Pendidikan ( Landasan Kerja Pemimpin

Pendidikan ). Jakarta : Rajawali.

Solopos, 25 Febuari 2012. 600 Pelajar Diduga Terlibat Geng. Hal I dan III

Suhartono, 2005. Penyelenggaraan Program Kelas Unggulan di Sekolah Dasar.

Jurnal. Pendidikan, Vol.6, No.2, September 2005, 113-132

Suryabrata, S. 2005. Psikologi Pendidikan. Jakarta. Rajawali Pers.

________________2008. Metodologi Penelitian. Jakarta : Rajawali.

Syah, M. 2010. Psikologi Belajar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Catatan lapangan,2012

Wawancara RF, Juli 2012

Wawancara JR,Juli 2012




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/konseling.v2i2.4469

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By: