Konsep Kurikulum dan Metode Pendidikan Anak dan Remaja Perspektif Ibnu Khaldun

Ahmad Falah

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan  konsep  kurikulum dan metode pendidikan anak dan remaja menurut  Ibnu Khaldun. Metode yang digunakan  dalam penelitian  ini lebih bersifat penelitian kepustakaan (library research) dengan membaca  karya-karya Ibnu Khaldun  sebagai data primer yaitu kitab Muqaddimah Ibnu Khaldun  dan kitab-kitab pendukung lainya. Kajian ini menghasilkan bahwa kurikulum dan metode pendidikan anak dan remaja menurut Ibnu Khaldun kembali pada prinsip epistemologi yang dibangun yaitu Al Qur’an dan Al Hadist sebagai sumber primernya. Mengajarkan al-Qur’an Hadist pada anak perlu untuk didahulukan untuk menanamkan keimanan  anak yang  baik dan benar. Pad aspek kurikulum pendidikan anak secara keseluruhan sebagai berikut: a. al-Qur’an, b. al-Hadits, c. Bahasa Arab, d. Syi’ir (sastra), e. Kisah-kisah yang  baik atau sejarah, f. Akhlak / budi pekerti, g. Ilmu hitung.

Full Text:

PDF

References


A. Mukti Ali, Ibnu Khaldun dan Asal-Usul Sosiologi, Yogyakarta: Yayasan Nida, 1970, h. 15

Abdullah Nashih Ulwan, Pendidikan Anak Menurut Islam Pemeliharaan Kesehatan Jiwa Anak, terj. Khalilullah Ahmas Masjkur Hakim, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1900, h.VII

Abdurrahman saleh Abdullah, Teori-teori Pendidikan Berdasarkan al-Qur’an, Jakarta: Rineka Cipta, 1994, h. 20

Abu Tauhid, Beberapa Aspek Pendidikan Islam, Yogyakarta: IAIN Sunan Kalijaga Press, 1990, h. 90.

Ahmad Syafi’I Ma’arif, Ibnu Khaldun dalam Pandangan Penulis Barat dan Timur, Jakarta : Gema Insani Press, 1996, h. 11

Ali Abd al-Wahid Wafi, Ibnu Khaldun Riwayat dan Karyanya, Jakarta: Grafiti Press, 1985, h. 4.

Ali al-Jumbulati, Perbandingan Pendidikan Islam, terj. H.M. Arifin, Jakarta: Rineka Cipta, 1994, h.5

Athiyah al-Abrasyi, Ruh at-Tarbiyah wa Ta’lim, Dar-al-Ihya’: Bab al-Halabi, tt, h. 30

Athiyah al-Abrasyi, at-Tarbiyah al-Islamiyah wa Falasifatuha, Dar al-Fikr, tt, h. 289-290

B. Lewis, et. Al., The Encyclopedia of Islam, Tuta Subagide Pallos EJB, London : Inzac, 1971, h. 825

Cik Hasan Bisri dan Eva Rufaidah, Model Penelitian Agama dan Dinamika Sosial, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2002, h. 8

Fathiyah Hasan Sulaiman, Ibnu Khaldun Tentang Pendidikan, terj. Azra’i Zakariya, Jakarta: Minaret, 1991, h.92

Ibnu Khaldun, Muqaddimah Ibnu Khaldun, Dar al-Fikr: tt, h. 537-538

Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif Bandung : Remaja Rosda Karya, 1993, h.62

Nashruddin Thoha, Tokoh-tokoh Pendidikan Islam di Zaman Jaya Imam Ghazali dan Ibnu KHaldun, Jakarta: Mutiara, 1979, h. 97

Nashruddin Thoha, Tokoh-tokoh Pendidikan Islan dizaman Jaya Iman Ghazali dan Ibnu Khaldun, Jakarta: Mutiara, 1979, h.58

Noeng Muhadjir, Metodologi Penelitian Kualitatif, Yogyakarta: Rake Sarasin, 1989, hlm. 99

Omar Moh. At-Thoumi, Falsafah Pendidikan Islam, terj. Hasan Langgulung, Jakarta: Bulan Bintang, 1992, hlm.480

Osman Raliby, Ibnu Khaldun Tentang Masyarakat dan Negara, Jakarta: Bulan Bintang, h. 13.

Sutrisno Hadi, Metodologi Research, Yogyakarta: 1993, Jilid, h.19

Winarno Surachmad, Dasar dan Teknik Reseacrh, Bandung : tarsito, 1972




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/konseling.v1i1.4206

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By: