PENGEMBANGAN INOVASI PEMBELAJARAN PADA MATA KULIAH ILMU ALAMIAH DASAR DENGAN METODE DISKUSI KELOMPOK
Abstract
Salah satu yang perlu dibenahi agar proses pembelajaran dapat terlaksana dengan baik adalah perbaikan kualitas tenaga pengajarnya. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan pengembangan inovasi pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi kelompok agar dapat mengetahui dan menganalisis adanya peningkatan kemampuan mahasiswa dalam memahami dan menganalisis materi yang didiskusikan. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa semester 1 mata kuliah Ilmu Alamiah Dasar di Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Muhammadiyah Mataram dengan jumlah 23 orang. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, tes dan dokumentasi melalui tahap perencanaan pembelajaran (plan), tahap pelaksanaan pembelajaran (do), dan tahap refleksi (See). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang sangat signifikan dalam pengembangan inovasi pembelajaran yang dapat dilihat dari open lesson 1, 2, dan 3. Adanya peningkatan kemampuan serta keaktifan pembelajaran mahasiswa dipengaruhi oleh ketersediaan perangkat pembelajaran yang maksimal, media pembelajaran yang bisa mengasah pola pikir mahasiswa seperti mengamati, mengidentifikasi, menganalisis, menemukan hal yang baru, mengkomunikasi, dan dapat menyimpulkan materi perkuliahan.
Kata Kunci : Inovasi, Metode Diskusi kelompok
One that needs to be addressed so that the learning process can be done well is to improve the quality of the teachers. This research was conducted to improve the development of learning innovations by using group discussion methods to find out and analyze an increase in students' ability to understand and analyze the material being discussed. This research was conducted in the first semester students of Basic Natural Sciences in the Pancasila and Civic Education Study Program at the Muhammadiyah University of Mataram with a total number of 23 people. Data collection techniques was gained by observation, tests and documentation through the stages of learning planning (plan), the stage of implementing learning (do), and the reflection phase (See). The results of this study indicate that there is a very significant improvement in the learning innovations that can be seen from open lessons 1, 2, and 3. The improvement in the ability and activeness of student learning is influenced by the availability of maximum learning tools, learning media that can storm the mindset of students such as observing, identifying, analyzing, discovering new things, communicating, and being able to conclude lecture material.
Keyword : Innovation, Method Group discussion
Full Text:
PDFReferences
Budiningsih, C. A. (2005). Belajar dan Pembelajaran. cet. ke-1. PT Rineka Cipta. Jakarta.
Hayati, Y. (2012). Inovasi Perkuliahan Sejarah Sastra Indonesia dengan Menggunakan Metode Diskusi Kelompok Model Kepala Bernomor. Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, Dan Seni, 11(1).
Pangewa, M. (2010). Perencanaan pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM.
Saddam, S., Setyowati, D. L., & Juhadi, J. (2016). Integration of Conservation Values in Campus Habituation for the Establishment of Student Personality at Universitas Negeri Semarang. Journal of Educational Social Studies, 5(2), 128–135.
Saddam, S., Zurohman, A., & Bahrudin, B. (2018). The Integration Strategy of Conservation Values in Habituation of Semarang State University Campus. IJECA (International Journal of Education and Curriculum Application), 1(2), 1–13.
Sanjaya, D. R. H. W. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Prenada Media.
Sawaludin, S., Muttaqin, Z., Sina, S., & Saddam, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kreatif Produktif Untuk Meningkatkan Aktifitas Belajar Mahasiswa Melalui Lesson Study Di Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1).
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan:(Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D). Alfabeta.
Suharsimi, A. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Supardi, S., & Suharsimi, A. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Uno, H. B. (2007). Model pembelajaran menciptakan proses belajar mengajar yang kreatif dan efektif. Jakarta: Bumi Aksara.
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/ji.v4i1.7205
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ijtimaiya Journal by Prodi Tadris IPS IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.